Home Administrasi Cara Mudah Buat SIM Online dari Rumah bisa Lewat Aplikasi

Cara Mudah Buat SIM Online dari Rumah bisa Lewat Aplikasi

by Greg Pascal
buat SIM online

Semakin berkembang pesatnya teknologi memberikan kemudahan dalam mengakses suatu layanan, termasuk dalam hal buat SIM online yang memungkinkan proses pengajuannya bisa dilakukan dari rumah melalui aplikasi yang terpasang di ponsel.

Bagi anda yang ingin membuat SIM baru dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja ketika dibutuhkan, karena saat ini sudah ada fasilitas yang bernama SINAR (SIM Nasional Presisi) yang bisa diakses melalui aplikasi Digital Korlantas Polri.

Dengan hadirnya aplikasi SINAR memudahkan masyarakat membuat SIM dan perpanjangan SIM melalui online, sehingga tidak perlu lagi antri yang cukup menguras tenaga dan waktu. Lantas, bagaimana cara membuat SIM online dari rumah?

Cara Membuat SIM Online

Bikin SIM online dengan memanfaatkan layanan digital berupa aplikasi SINAR lebih mudah dan efisien, pasalnya proses pengajuannya bisa dilakukan melalui ponsel. Adapun cara membuat SIM online sebagai berikut:

  1. Unduh aplikasi “Digital Korlantas Polri” di Play Store
  2. Masukkan nomor ponsel beserta email, lalu akan mendapatkan nomor OTP sebagai bukti verifikasi pengguna
  3. Pemohon masukkan NIK dan nama lengkap sesuai KTP yang akan  diunggah untuk diverifikasi face recognition
  4. Anda bisa pilih ikon ‘SINAR‘, lalu pilih perpanjangan SIM
  5. Selanjutnya, pilih golongan SIM yang akan diperpanjang
  6. Unggah foto berupa KTP, SIM, tanda tangan, dan pas foto, serta kelengkapan hasil pemeriksaan kesehatan dan psikologi
  7. Permohonan pemeriksaan psikologi dan kesehatan dapat diajukan melalui aplikasi tersebut
  8. Anda bisa melakukan pemeriksaan melalui e-rikkes atau elektronik pemeriksaan kesehatan, yakni dengan memilih menu registrasi, masukkan NIK dan melakukan foto selfie 
  9. Maka anda akan mendapatkan booking code yang ditunjukkan untuk dokter. Adapun rekomendasi dokter dalam aplikasi SINAR udah diberikan rekomendasi oleh Pusdokkes Polri
  10. Kemudian, dokter akan mengunggah hasil pemeriksaan pada aplikasi e-rikkes. Apabila telah memenuhi syarat, maka hasil tes dikirim otomatis. Namun, apabila tidak memenuhi syarat, maka perpanjangan SIM gagal, berlaku untuk tes psikologi
  11. Apabila perpanjangan SIM berhasil, maka memilih metode pengiriman, bisa diambil sendiri sesuai Satpas yang dipilih, diambil dengan surat kuasa, atau memakai jasa pengiriman
  12. Setelah itu, melakukan pembayaran virtual account BNI
  13. SIM dicetak dan diterima sesuai metode pengiriman yang dipilih sebelumnya 
  14. Konfirmasi SIM telah diterima oleh anda

Itulah cara membuat SIM online melalui aplikasi SINAR yang bisa diperoleh di Play Store, unduh aplikasi tersebut untuk bisa merasakan kemudahan dalam pembuatan SIM.

buat SIM online

Baca Artikel Selanjutnya :

Biaya Pembuatan SIM Online

Untuk membuat SIM baru maupun perpanjangan SIM tentunya akan dikenakan biaya yang variatif berdasarkan golongan SIM. Adapun biaya yang harus anda keluarkan dalam pembuatan SIM berdasarkan golongannya, simak uraian dibawah ini.

Perihal besaran biaya SIM telah diatur dalam PP nomor 60 tahun 2016, tentang Jenis dan Tarif atas jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP), yang berlaku di institusi Kepolisian Negara Republik Indonesia. Berikut besaran biaya penerbitan untuk SIM baru:

  • SIM A dan A umum tarifnya Rp120.000
  • SIM B1 dan B1 umum tarifnya Rp120.000
  • SIM B2 dan B2 umum tarifnya Rp120.000
  • SIM C tarifnya Rp100.000
  • SIM D tarifnya Rp50.000

Sementara untuk biaya perpanjangan SIM diatur dalam Peraturan Kapolri nomor 9 tahun 2012 tentang Surat Izin Mengemudi. Apapun rincian biaya perpanjangan SIM sebagai berikut:

  • SIM A dan A umum tarifnya Rp80.000
  • SIM B1 dan B1 umum tarifnya  Rp80.000
  • SIM B2 dan B2 umum tarifnya Rp80.000
  • SIM C tarifnya  Rp75.000
  • SIM C1 tarifnya Rp75.000
  • SIM C2 tarifnya Rp75.000
  • SIM D tarifnya Rp30.000
  • SIM D khusus D1 tarifnya Rp30.000
  • SIM Internasional tarifnya Rp225.000

Biaya tersebut diatas belum termasuk biaya tes kesehatan, biaya psikologi maupun asuransi kecelakaan, maka siapkan uang lebih untuk pengeluaran tidak terduga.

Kelebihan Bikin SIM Online

Kehadiran teknologi digital memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam mengakses pembuatan SIM secara online, prosesnya pengajuannya cukup dilakukan di rumah tanpa harus datang ke kantor sehingga lebih efisien waktu dan tenaga.

Kelebihan lainnya, dalam membuat SIM online tidak perlu lagi melakukan antrian, yang anda butuhkan cukup siapkan dokumen persyaratan yang berlaku, seperti kartu identitas diri atau KTP, surat keterangan kesehatan dan lain sebagainya.

Meskipun cara daftar SIM bisa dilakukan secara online, namun untuk proses diterima atau tidaknya mendapatkan SIM baru harus datang ke kantor kepolisian untuk melakukan ujian teori dan ujian praktek, anda bisa datang ke kantor terdekat dengan rumah anda.

Itulah cara buat SIM online yang bisa dilakukan secara online, sehingga anda tidak perlu antri cuma cukup akses aplikasi Digital Korlantas Polri pada menu SINAR bisa dilakukan di rumah kapan saja anda butuhkan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang sedang mencari informasi pembuatan SIM online.

Related Posts