Pelayanan merupakan salah satu faktor yang akan menentukan berkembang atau tidak nya bisnis yang kamu jalankan. Karena dengan memberikan pelayanan yang baik akan menentukan banyak tidaknya pelanggan yang akan datang. Semakin baik pelayanan yang kamu berikan maka semakin banyak pula pelanggan yang merasa puas terhadap produk ataupun jasa yang kamu berikan. Jika pelanggan sudah merasa puas maka kamu akan mendapatkan pelanggan yang loyal yang akan merekomendasikan bisnis mu kepada orang orang. Baik secara mulut ke mulut maupun melalui media sosial yang saat ini menjadi trend baru.
Untuk itu, salah satu hal yang harus kamu tingkatkan agar bisnis mu semakin berkembang adalah dengan meningkatkan kualitas pelayanan. Bagaimana cara meningkatkan kualitas pelayanan tersebut, oleh karena itu dibawah ini sudah dijelaskan beberapa cara untuk dapat meningkatkan kualitas pelayanan agar pelanggan merasa puas.
Tips Meningkatkan Kualitas Pelayanan
-
Memberikan Pelayanan yang Cepat
Tips pertama yang dapat kamu lakukan agar dapat meningkatkan kualitas pelayanan agar pelanggan merasa puas adalah dengan memberikan pelayanan dengan cepat. Kecepatan mu dalam memberikan pelayanan tentu saja akan membuat pelanggan merasa senang dan mereka akan lebih merasa dihargai. Selain cepat, kamu juga harus tanggap terhadap apa yang diinginkan oleh pelanggan. Jangan hanya bekerja secara cepat tetapi tidak sesuai dengan permintaan dari pelanggan.
Jika memang kamu tidak melayani semua pelanggan secara cepat karena terdapat kendala teknis di lapangan maka kamu dapat memberikan solusi yang lebih baik. Seperti menyediakan fasilitas yang baik untuk pelanggan dapat menunggu dengan nyaman jika dirasa sering terjadi antrian panjang.
-
Miliki Call Center
Salah satu hal yang harus dimiliki pada suatu bisnis adalah memiliki call center untuk dapat menerima segala keluhan ataupun kendala dari para pelanggan. Dengan memiliki call center itu berarti pelanggan dapat langsung menghubungi jika terjadi suatu hambatan ketika menggunakan produk dari perusahaan tersebut. Dan jika terdapat pelanggan yang langsung menelpon, biasanya orang tersebut memiliki urusan yang penting dan mendesak.
Karena hanya jika masalah sepele, tidak mungkin pelanggan langsung menelpon secara langsung ke perusahaan dan hanya menghubungi via Whatsapp ataupun DM instagram dan media sosial lainnya. Dan ketika suatu perusahaan memiliki call center, maka dapat terlihat perusahaan tersebut lebih professional. Hal ini juga mempengaruhi kualitas penjualan produk karena tingkat kepercayaan dari pelanggan jauh lebih tinggi.
-
Mendengarkan Segala Keluhan dari Pelanggan
Ketika menjual suatu produk ataupun jasa, nantinya kamu akan mendapat segala komentar dari pelanggan. Jika mereka merasa puas maka pelanggan akan memberikan komentar baik yang juga akan merekomendasikannya ke orang lain, dan apabila mereka tidak puas nantinya ia akan melayangkan komplain. Nah, ketika mereka sedang komplain tersebut kamu harus mendengarkannya dengan baik. Jangan sampai kamu memotong pembicaraan dari pelanggan tersebut apalagi melakukan pembelaan.
-
Memiliki Kesabaran
Saat menghadapi pelanggan komplain tentunya kamu harus menjaga kesabaran agar tidak terbawa suasana. Karena terdapat banyak sifat yang akan kamu hadapi dari para pelanggan yang sedang melayangkan komplain tersebut. Mulai dari pelanggan banyak bicara yang akan mengutarakan keluhannya dengan sangat panjang. Sampai pelanggan yang akan meluapkan emosi nya dengan marah marah. Semua perilaku dari pelanggan tersebut harus kamu pahami dengan baik agar dapat menghadapinya dengan kesabaran dan tetap bisa memberikan solusi terbaik.
-
Menjaga Etika
Etika yang baik merupakan hal yang harus dimiliki oleh semua orang, terlebih untuk kamu yang bekerja di bidang kualita pelayanan yang sangat mengedepankan pelayanan. Dengan memiliki etika yang baik, mulai dari tutur bicara sampai cara bersikap nantinya pelanggan akan merasa lebih puas dan kamu terlihat lebih professional. Dengan begitu maka perusahaan juga akan mendapatkan nilai bagus dari pelanggan tersebut. Karena terkadang, kondisi dilapangan lah yang menjadi penentu dan ujung tombak dari keberhasilan suatu perusahaan.
-
Mengakui kesalahan
Mengakui kesalahan Bahkan terkadang bukan kesalahan kita memang bukan hal yang mudah. Tetapi ketika sedang menghadapi pelanggan, hal ini wajib untuk dilakukan. Jangan sampai kamu menyudutkan pelanggan bahkan menyalahkannya. Jika hanya terjadi kesalahpahaman kamu dapat segera meluruskannya agar pelanggan segera tahu dimana letak akar masalah sehingga hal tersebut bisa terjadi. Kemudian segera beri solusi terbaik agar tetap terlihat professional dan pelanggan tidak kecewa.
-
Meminta Feedback dari Pelanggan
Meminta feedback dapat memberikan dampak positif untuk perusahaanmu. Dengan begitu kamu dapat melihat berapa nilai perusahan mu dimata pelanggan. Dan kamu jug dapat melakukan evaluasi dimana letak kekurangan dan juga kesalahan yang telah dilakukan. Intinya kamu harus sering melakukan evaluasi dan juga perbaikan diri.