Home Tips Cara Meningkatkan Brand Awareness Lewat Konten Instagram

Cara Meningkatkan Brand Awareness Lewat Konten Instagram

by Lara Nifa

Kreatifitas serta kekayaan pengetahuan di era serba online ini sangat penting kita miliki untuk memberikan tambahan kesan positif dari dalam diri kita. Terlebih jika kita menggunakan sosial media untuk keperluan  bisnis dan usaha kita. Kreatifitas yang kita peroleh dan terapkan di sosial media untuk meningkatkan tingkat brand awareness. Terdapat beberapa cara dan strategi untuk meningkatkan brand awareness untuk sosial media Instagram jika akan diperkenalkan secara luas lewat wadah sosial media instagram tersebut. Instagram merupakan wadah komunitas khalayak masyarakat yang rata – rata sudah melek digital, untuk itu tidaklah mudah kita mendapatkan perhatian dari pengguna Instagram yang setidaknya mengikuti akun instagram kita. Berikut ini strategi cara meningkatkan brand awareness.

Mulai Tingkatkan Brand Awarness Bisnis Anda

  • Mempercantik Feed Instagram Akun Anda

Sering sekali kita tidak memperhatikan feed yang ada di akun kita, kecenderungan acak ketika memposting tidak memakai plan terlebih dahulu. Oleh karenanya feed akun instagramnya tidaklah cukup nampak indah di lihat. Feed bisa diatur dengan jenis flatlay dan carousel slide. Flatlay yaitu unggahan foto yang menunjukkan seperti teknik fotografi flatlay yaitu datar dengan pola yang teatur dan di bentuk sedemikian rupa agar tampak indah di lihat. Caousel slide merupakan penataan konten yang berisi informasi yang berkesinambungan namun disusun pada satu unggahan foto, tinggal digeser ke kiri.

  • Membuat konten Positif dan Informatif

Publik sosialita di sosial media pada dasarnya sebagian besar sangat menyukai konten yang informatif dan positif misalnya yang sifatnya edukasi. Pembuatan konten tersebut setidaknya harus mampu menarik perhatian pengikut akun instagram kita.

  • Membuat Konten Komunikatif

Dalam meningkatkan brand awarennes perlunya kita perhatikan pembuatan konten yang lebih komunikatif misalnya pembuatan konten yang sedang naik daun atau trending topic kemudian di akhir konten atau di dalam caption di tuliskan bagaimana jika menurut pendapat anda dengan konten yang kami posting ini? Tuliskan pendapatmu di kolom komentar.

  • Membuat Konten Quotes

Orang yang mengikuti akun instagram anda tentu akan melihat karakteristik dari personal dengan mereka melihat pemilihan – pemilihan qoutes yang sesuai dan bagus untuk disimak. Hal tersebut dapat meningkatkan brand awareness kita di pandangan pengikut kita dan secara otomatis jika kita memiliki produk akan terpengaruh langsung image yang sudah kita dapatkan.

  • Testimoni Pelanggan 

Adanya testimoni dari pelanggan yang kita unggah dan kita rapikan sedemikian rupa maka itu akan menambah kepercayaan pelanggan yang lain dan mampu menarik pelanggan baru yang kemudian ingin melakukan pembelian pada produk kita. Saling mention nama akun pelanggan yang memberikan testimoni tersebut akan mendorong audiens lebih percaya jika testimoni itu benar – benar real nyata tidak mengada – ada.

  • Membuat Instagram Live

Salah satu bentuk meningkatkan brand awareness dengan membuat Instagram Live karena fitur yang ada di instagram ini dapat berinteraksi langsung dengan audiens ketika kita melakukan live. Nah oleh karenanya jika kita komunikasi interaktif dan kita dilihat mampu membuat audiens itu memperhatikan cara kita berkomunikasi kemudian kita mampu mendapatkan image brand awareness dari para pelanggan kita.

  • Membuat Reels Instagram

Hal ini juga sangat mampu untuk meningkatkan brand awareness, terlebih fitur ini baru dan sering dipergunakan juga oleh pengguna Instagram, disamping fiturnya sederhana namun banyak yang untuk menambah segi kreatifitas video atau foto yang akan kita bikin melalui reels dengan adanya tambahan untuk audio lagu dan beberapa macam model tema videonya.

  • Membuat Challenge

Untuk meningkatkan brand awareness dapat kita lakukan dengan membuat challange terhadap audiens dengan kita mengaitkan pada event atau hari besar tertentu. Seperti halnya jika datang hari Raya Idul Fitri atau Lebaran. Sebagai contoh sebutkan 6 rukun imam pada Islam?

  • Lakukan Giveaway dan Promo

Seperti kebanyakan khalayak umum pembeli dan konsumen pelanggan bahwa aksi – aksi yang dilakukan seperti langkah promo dan pemberian giveaway sangat mampu menarik perhatian. Hal tersebut secara harfiah mampu meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap kita,, dikarenakan secara psikologis kita memberikan giveaway dan promo secara cuma – cuma berati produk kita dianggap unggul berdaya saing dan kuat secara financial.

  • Membuat Meme 

Yang terakhir strategi shortcut atau jalan pintas untuk meningkatkan brand awareness dengan membuat sarkasme (meme). Hal ini terbukti secara cepat mampu meningkatkan perhatian publik pengguna Instagram karena banyak pengguna menyukai meme yang beredar di Instagram. Misalnya kita membuat meme yang lucu terkait dengan fenomena yang lagi hits di kalangan Instagram. Membuat meme dengan disertai strategi pemasaran merupakan langkah jitu untuk peningkatan brand awareness di akun atau produk kita di instagram .

Related Posts