Home Administrasi Cara Mengurus SKCK Di Kantor Polisi dan Alur Pembuatannya

Cara Mengurus SKCK Di Kantor Polisi dan Alur Pembuatannya

by Greg Pascal
cara mengurus skck

SKCK adalah Surat Keterangan Catatan Kepolisian. SKCK ini digunakan untuk syarat kelengkapan administrasi. Apabila anda iningin membuat SKCK, terdapat cara mengurus skck dengan mudah dan cepat yang bisa datang ke kantor kepolisian setempat.

SKCK diterbitkan oleh Polri (Kepolisian Republik Indonesia) baik melalui Polsek (Kepolisian Sektor) atau Polres (Kepolisian Resor). 

SKCK merupakan bukti dari Kapolres bahwa orang tersebut berperilaku baik dan tidak pernah melakukan perilaku kriminal, dan surat ini berisi tentang riwayat atau catatan kejahatan seseorang. Masa berlaku SKCK yaitu 1 tahun.

Informasi Keperluan Pembuatan SKCK

1. POLSEK

  1. Pencalonan Kepala Desa
  2. Pencalonan Sekretaris Desa
  3. Melanjutkan Sekolah
  4. Melamar Pekerjaan
  5. Pindah Alamat

2. POLRES

  1. Pencalonan Kepala Daerah Tingkat Kabupaten/Kota
  2. Pencalonan Anggota Legislatif Tingkat Kabupaten/Kota
  3. Pencalonan Pejabat Publik
  4. Melamar Pekerjaan
  5. Melamar Sebagai PNS
  6. Melamar Sebagai Anggota TNI/POLRI
  7. Kepemilikan Senjata Api

3. POLDA

  1. Pencalonan Anggota Legislatif Tingkat Provinsi
  2. Pencalonan Kepala Daerah Tingkat Provinsi
  3. Pencalonan Pejabat Publik
  4. Melanjutkan Sekolah
  5. WNI Yang Akan Bekerja ke Luar Negeri
  6. Melamar Pekerjaan
  7. Memperoleh Paspor atau Visa
  8. Menjadi Notaris

4. MABES POLRI

  1. Pencalonan Presiden dan Wakil Presiden
  2. Pencalonan Anggota Lembaga Pemerintahan Tingkat Pusat, Yudikatif, Legislatif, dan Eksekutif 
  3. Melanjutkan Sekolah Luar Negeri
  4. Ijin Tinggal Tetap di Luar Negeri
  5. Penerbitan Visa
  6. Naturalisasi Kewarganegaraan
  7. Adopsi Anak Bagi Pemohon WNA (Warga Negara Asing) 

SKCK digunakan untuk:

  1. Persyaratan untuk mencalonkan diri sebagai calon kepala daerah atau Bupati, pencalonan diri sebagai DPRD atau calon kepala desa
  2. Untuk melamar pekerjaan di perusahaan, instansi pemerintah atau swasta
  3. Untuk pendaftaran sekolah baik dalam atau luar negeri
  4. Sebagai persyaratan untuk mendaftarkan diri sebagai PNS
  5. Untuk pembuatan paspor (SKCK diterbitkan oleh Polda)
  6. Persyaratan calon DPRD atau wali kota (SKCK diterbitkan oleh Polda) 

Semakin berkembangnya teknologi di Indonesia, maka pembuatan SKCK semakin dipermudah. Pembuatan SKCK bisa dilakukan secara online atau offline. 

cara mengurus skck

Baca Artikel Selanjutnya :

Persyaratan Pembuatan SKCK Secara Offline

1. Untuk Warga Negara Indonesia (WNI)

  1. Fotokopi akta kelahiran
  2. Fotokopi Kartu Identitas, yaitu Kartu Tanda Penduduk atau Kartu Pelajar
  3. Fotokopi Kartu Keluarga
  4. Fotokopi Paspor (Boleh disertakan atau tidak) 
  5. Foto berwarna dengan background merah ukuran 4×6 (Jumlah 6 lembar) 

2. Untuk Warga Negara Asing (WNA)

  1. Fotokopi IMTA (Ijin Menggunakan Tenaga Kerja Asing) dari KEMENAKER Republik Indonesia
  2. Fotokopi Paspor dan KITAS / KITAP
  3. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk
  4. Fotokopi Surat Nikah untuk sponsor dari suami / istri Warga Negara Indonesia
  5. Fotokopi STM (Surat Tanda Melapor) dari kepolisian
  6. Surat permohonan dari sponsor, lembaga, atau perusahaan yang bertanggung jawab atau yang mempekerjakan WNA tersebut
  7. Pas foto berwarna berlatar belakang kuning ukuran 4×6 (Jumlah 6 lembar) 

Persyaratan Pembuatan SKCK Online

1. Untuk WNI (Warga Negara Indonesia)

  1. Scan Akta Kelahiran
  2. Scan KK (Kartu Keluarga) 
  3. Scan Kartu Tanda Penduduk asli atau tanda pengenal lainnya (bagi yang belum memiliki KTP)
  4. Scan Paspor untuk WNI ( Untuk  melakukan kunjungan keluar negeri, sekolah, atau untuk keperluan mengurus VISA) 
  5. Scan foto berwarna berlatar belakang merah ukuran 4×6 (Jumlah 6 lembar) 

2. Untuk WNA (Warga Negara Asing)

  1. Scan IMTA (Ijin Menggunakan Tenaga Kerja Asing) dari KEMENAKER Republik Indonesia
  2. Scan Paspor dan KITAS / KITAP
  3. Scan Kartu Tanda Penduduk
  4. Scan Surat Nikah untuk sponsor dari suami / istri Warga Negara Indonesia
  5. Scan STM (Surat Tanda Melapor) dari kepolisian
  6. Scan Surat permohonan dari sponsor, lembaga, atau perusahaan yang bertanggung jawab atau yang mempekerjakan WNA tersebut
  7. Scan foto berwarna berlatar belakang kuning ukuran 4×6 (Jumlah 6 lembar) 

Catatan: Setelah persyaratan sudah lengkap, , Anda bisa melanjutkan cara membuat SKCK secara Offline di Polres ataupun Polsek

Jam Kerja Pelayanan SKCK yaitu dari hari Senin hingga Jumlah, jam 8 pagi hingga jam 3 sore, di hari Sabtu dari jam 8 pagi hingga jam 11 siang (sesuai dengan waktu setempat).

Alur Pembuatan SKCK (Jika dilakukan secara offline)

  1. Anda pergi ke loket pendaftaran untuk memasukkan persyaratan dan untuk mengisi formulir pendaftaran
  2. Serahkan semua persyaratan dalam pembuatan SKCK kepada pihak polsek atau polres (Bawa dokumen yang asli bila diperlukan) 
  3. Anda akan dibantu untuk melakukan pengambilan sidik jari
  4. Anda akan mengumpulkan berkas dokumen yang sudah dilengkapi
  5. Anda akan membayar biaya pembuatan SKCK di loket pendaftaran

Alur Pendaftaran SKCK Secara Online (Melalui Website)

  1. Siapkan berkas-berkas administrasi seperti scan KTP, scan KK, scan pas foto dan lain-lain seperti yang sudah disebutkan di atas. 
  2. Tulis di kolom browser website ini skck.polri.go.id 
  3. Klik website skck.polri.go.id
  4. Klik menu Form di pojok kanan atas pada  halaman pertama website
  5. Pilih jenis keperluan, informasi wilayah, dan isi alamat lengkap Anda
  6. Isi data diri
  7. Isi informasi mengenai ciri-ciri fisik Anda
  8. Upload semua persyaratan 
  9. Klik “Proses”
  10. Anda bisa mengambil SKCK di Mabes Polri, Polda, Polres, atau Polsek terdekat
  11. Selesai

Biaya Pembuatan Surat Keterangan Catatan Kepolisian

Berdasarkan peraturan terbaru yang diberlakukan sejak tanggal 6 Januari 2017, biaya pembuatan SKCK sebesar 30 ribu. Biaya tersebut berlaku di seluruh Polsek atau Polres di wilayah Indonesia. 

Untuk pembayaran bisa dilakukan secara online juga melalui mobile banking BRI, atm BRI, edc BRI, atau dengan teller BRI. Anda juga bisa melakukan pembayaran melalui bank lain. 

Demikian penjelasan mengenai cara mengurus skck di kantor Polisi beserta biaya pembuatannya, surat ini bisa digunakan untuk keperluan yang berkaitan dengan banyak bidang, seperti membuat paspor,melamar pekerjaan dan lain sebagainya.

Related Posts