Home Perencanaan Cara Mengurus Kartu BPJS Ketenagakerjaan Hilang

Cara Mengurus Kartu BPJS Ketenagakerjaan Hilang

by Lara Nifa
ilustrasi kartu BPJS ketenagakerjaan

Sekarang ini masyarakat umumnya sudah mengetahui adanya BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan sebagai bentuk layanan jaminan sosial. Cakupan kedua sistem jaminan sosial ini berbeda, mungkin beberapa orang belum memahami hal tersebut. BPJS Kesehatan sendiri merupakan jaminan sosial medis, sementara itu BPJS Ketenagakerjaan bertujuan untuk melindungi pekerja dari berbagai macam situasi, seperti kecelakaan kerja, jaminan pensiun, dan berbagai hal lainnya. Hal tersebut menjadi sangat penting, jadi jangan sampai Kartu BPJS Ketenagakerjaan Hilang.

Bentuk dan tugas pemerintah dalam memfasilitasi layanan jaminan sosial kepada masyarakat adalah dengan menyelenggarakan BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan. Sebagai organisasi non laba, keberhasilan program ini juga bergantung pada partisipasi masyarakat yang ada. Untuk BPJS Kesehatan, semua warga negara wajib berpartisipasi, termasuk berpartisipasi secara mandiri atau difasilitasi oleh perusahaan, dan BPJS Ketenagakerjaan juga wajib berpartisipasi, tetapi harus mewakili perusahaan dan tidak dapat berpartisipasi secara mandiri. Manfaat dapat diperoleh dalam bentuk pensiun atau dalam bentuk yang lain.

Bagaimana Kalau Kartu BPJS Ketenagakerjaan Hilang?

Agar sistem ini berjalan dengan mudah, BPJS Ketenagakerjaan menerbitkan kartu peserta yang mirip dengan KTP atau SIM untuk Anda simpan. Permasalahannya selama ini kepesertaan kartu BPJS Ketenagakerjaan akan berlangsung untuk waktu yang lama, dan bisa sampai pensiun, walaupun kartu BPJS Ketenagakerjaan sendiri tidak pernah digunakan kecuali mengajukan klaim. Hal ini berarti ada risiko kartu bisa hilang atau Anda lupa menyimpan dimana. Jika hal tersebut terjadi, lalu bagaimana cara urus kartu BPJS hilang?

Syarat Mengurus Kartu BPJS Ketenagakerjaan

Kartu BPJS tenaga kerja

Lalu Bagaimana syarat membuat kartu BPJS Ketenagakerjaan?Saat kita ingin mengajukan klaim BPJS ketenagakerjaan, salah satu syarat wajib yang harus kita terapkan adalah membawa kartu BPJS Ketenagakerjaan yang masih berlaku. Karena kartu tersebut berisi informasi penting seperti identitas, nomor dan masa berlaku.

Oleh karena itu, apabila kartu BPJS Ketenagakerjaan hilang, segera untuk urus kartu BPJS hilang dan melakukan penggantian kartu. Namun sebelum berkunjung ke kantor BPJS Ketenagakerjaan harap mempersiapkan dokumen-dokumen yang dipersyaratkan atau diperlukan yaitu:

  • Membawa identitas diri berupa KTP dan Kartu Keluarga (KK)
  • Membawa Fotokopi Identitas diri KTP dan Kartu Keluarga (KK)
  • Peserta BPJS wajib membawa fotocopy kartu BPJS Ketenagakerjaan, atau paling tidak mengingat nomor kartu BPJS Ketenagakerjaan yang hilang
  • BPJS umumnya meminta surat kehilangan dari pihak kepolisian dan memuat nama perusahaan tempat Anda bekerja, jadi sebelumnya Anda harus ke kantor polisi terlebih dahulu untuk membuat laporan kehilangan.
  • Surat pengantar dari Departemen Pengembangan Sumber Daya Manusia atau HRD, hal ini akan memudahkan dalam urus kartu BPJS hilang
  • Menyiapkan materai

Mengurus Kartu BPJS Ketenagakerjaan yang Rusak

  • Sebagai Syarat Membuat Kartu BPJS Ketenagakerjaan, bawalah Kartu Anda yang rusak untuk membuktikan bahwa kartu Anda rusak, dan meminta yang baru kepada petugas yang ada.
  • Proses penggantian bisa dilakukan di kantor BPJS cukup dengan membawa surat pengantar dari perusahaan tempat Anda bekerja.
  • Harap tunggu dalam antrian dan panggilan, proses ini biasanya tidak memakan waktu lama

Jika syarat dan semua dokumen sudah lengkap, proses pengurusan kartu yang hilang atau rusak tidak terlalu susah. Jika kartu Anda rusak atau hilang, namun Anda tetap mengingat nomor KPJ Anda, maka Anda dapat dengan mudah urus kartu digital BPJS Ketenagakerjaan Anda secara online tanpa harus pergi ke cabang atau antri.

Langkah – Langkah Mengurus Kartu BPJS Ketenagakerjaan

Ketika semua Syarat membuat kartu BPJS Ketenagakerjaan sudah lengkap. Selanjutnya Anda perlu mendatangi BPJS Ketenagakerjaan, kemudian Anda akan diarahkan ke orang yang akan membantu proses cetak ulang kartu. Biasanya, jika keadaan normal dan tidak ada antrian panjang, maka waktu untuk membuat atau mencetak ulang kartu yang hilang hanya sekitar 10-15 menit.

Selama proses ini, petugas akan memeriksa dokumen dan persyaratan yang Anda bawa. Oleh karena itu, sebelum pergi ke kantor BPJS Ketenagakerjaan, pastikan semua persyaratan dan dokumen telah lengkap semuanya. 

Demikian syarat dan langkah pembuatan Kartu BPJS Ketenagakerjaan Hilang secara mudah dan cepat. Untuk dijadikan pedoman yang wajib Anda ketahui, alangkah baiknya Anda mencatat atau mengingat nomor kartu BPJS Ketenagakerjaan yang Anda miliki agar Anda nantinya dapat melalui semua proses dengan cepat jika kehilangan kartu tersebut.

Walaupun beberapa langkah dan cara di atas sederhana dan siapa saja bisa melakukannya, namun sebenarnya kami berharap Anda tidak perlu melaluinya, karena lebih baik kita selalu berhati-hati dalam menyimpan Kartu BPJS Ketenagakerjaan yang kita miliki. Demikian pembahasan kali ini, semoga dapat membantu dan bermanfaat.

Related Posts