Home Administrasi Cara Mengurus ATM Hilang Dengan Mudah, Dijamin Gak Ribet 

Cara Mengurus ATM Hilang Dengan Mudah, Dijamin Gak Ribet 

by Greg Pascal
cara mengurus ATM hilang

Pernahkah Anda berpikir, bagaimana jika suatu saat nanti kartu ATM Anda hilang? Atau jangan – jangan, Anda datang ke sini karena baru saja kehilangan ATM? Sudah tahukah Anda cara mengurus ATM hilang? Jika belum, simak artikel ini hingga usai ya!.

Anjungan Tunai Mandiri atau ATM adalah benda yang penting untuk dimiliki setiap orang saat ini. Dengan menggunakan ATM, kita bertransaksi tanpa dibatasi oleh jarak. Anda tidak perlu bertemu langsung dengan orang yang Anda ajak bertransaksi, asalkan ada mesin ATM transaksi Anda bisa dijamin Aman. Lalu, bagaimana jika tiba – tiba kartu ATM Anda hilang?  

Kartu ATM merupakan barang yang ukurannya bisa dibilang kecil, sehingga seseorang akan rawan lupa dan hilang jika menaruhnya. Selain itu, kartu ATM sebenarnya juga rawan kotor dan sensor yang berwarna hitam yang ada dibalik kartu ATM sebenarnya juga rawan pudar. Hal tersebut bisa menyebabkan kartu ATM Anda tertelan. 

Jika Anda mendapati kasus kartu ATM Anda hilang, jangan panik dulu, Anda bisa menerapkan cara – cara yang penulis buat di bawah ini.

1. Menghubungi CS Bank Terkait

Pertama – tama, yang wajib Anda lakukan jika ATM Anda hilang adalah menghubungi CS Bank terkait. Adapun waktu yang harus Anda penuhi untuk melaporkan ke pihak bank terkait adalah 1×24 jam. Hal tersebut dimaksudkan untuk menghindari penyalahgunaan kartu ATM Anda oleh orang lain. 

Cari nomor telepon situs resmi yang berkaitan dengan bank penerbit. Telepon nomor tersebut, lalu laporkan kalau Anda baru saja kehilangan ATM. Nanti, mereka akan meminta Anda untuk menginfokan data – data yang tertera di buku tabungan Anda untuk kemudian dilakukan pemblokiran. 

Setelah kartu ATM Anda diblokir, jika ada orang lain menemukan kartu ATM Anda, otomatis mereka tidak akan bisa menggunakannya walaupun mereka mengetahui nomor pin nya.

2. Transfer Semua Saldo Anda ke Rekening Lain

Untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan, transfer kan juga uang Anda ke rekening lain untuk sementara. Untuk melakukan transfer ke rekening lain, Anda bisa menggunakan teller bank atau M-banking. Hal ini dilakukan untuk meyakinkan kembali bahwa saldo rekening Anda aman – aman saja tidak ada berkurang tanpa sepengetahuan Anda.

cara mengurus ATM hilang

Baca Artikel Selanjutnya :

3. Meminta Surat Kehilangan dari Polisi

Setelah Anda memblokir kartu ATM Anda mentransfer seluruh saldo Anda ke rekening yang lain (optional), selanjutnya datanglah ke kantor polisi untuk meminta surat kehilangan ATM. Untuk meminta surat kehilangan ini tergolong mudah, Anda hanya membutuhkan waktu 5 menit belum termasuk antrian, kemudian surat itu akan selesai di tempat.

 

4. Datangi Bank Penerbit Kartu ATM Anda

Setelah semua langkah di atas Anda terapkan, maka selanjutnya Anda tinggal datang ke bank penerbit untuk membuat kartu ATM yang baru. 

Datang ke bank dan sampaikan maksud dan tujuan Anda kesana, biasanya Anda akan ditanyai oleh satpam yang menjaga di depan pintu bank.

Lalu, satpam tersebut biasanya juga akan meminta Anda untuk mengambil nomor antrian selanjutnya untuk kemudian dipanggil. Jika hal tersebut terjadi, bilang saja kalau Anda baru saja kehilangan ATM dan memerlukan penggantian ATM.

Setelah dipanggil untuk menghadap petugas bank, silahkan ceritakan permasalahan Anda untuk membuat ATM baru. Bawa juga identitas diri seperti SIM dan KTP serta fotokopi buku tabungan, serta surat kehilangan dari polisi. 

Saat memproses kartu ATM Anda, petugas nantinya juga akan menanyai beberapa informasi terkait ATM anda seperti jumlah sisa saldo terakhir, kapan terakhir kali transaksi. 

Setelah hal – hal tersebut ditanyakan, biasanya, nanti petugas akan memberikan kartu ATM yang baru untuk Anda dan Anda akan diminta untuk memasukan pin Anda. 

Untuk memastikan bahwa tidak ada transaksi lagi setelah kartu ATM Anda hilang, Anda bisa mengeceknya secara langsung dengan petugas dengan meminta struk transaksi. 

Selesai, kartu ATM Anda, kini sudah bisa digunakan kembali. Untuk mengurus kartu ATM yang hilang sebenarnya tidak terlalu ribet dan sangat sederhana. Namun, untuk sekedar jalan dan datang ke bank itu bukankah terlalu menguras energi kita? Maka dari itu, selalu berhati – hati adalah solusi terbaik yang bisa Anda terapkan saat ini. 

Supaya kartu ATM Anda tidak hilang – hilang lagi, maka simpanlah kartu ATM tersebut dengan benar. Pastikan kartu ATM Anda selalu berada di dompet dan ketika melakukan transaksi dengan ATM jangan biasakan untuk terburu – buru. 

Beberapa orang biasanya terburu – buru untuk keluar dari mesin ATM setelah mengambil uangnya, padahal ATMnya masih ada di mesin ATM itu sendiri dan belum dikeluarkan. 

Hal tersebut bisa memancing orang yang mengantri setelah untuk melakukan kejahatan, seperti menguras uang di ATM Anda tanpa sepengetahuan Anda, mengganti PIN anda dan masih banyak lagi. Untuk itu, selalu berhati – hatilah dalam merawat kartu ATM Anda. 

Demikian artikel mengenai cara mengurus ATM hilang. Semoga artikel ini bermanfaat. 

Related Posts