Home Tips Cara Mengisi Token Listrik PLN

Cara Mengisi Token Listrik PLN

by Lara Nifa
token listrik

Bagi pengguna PLN Prabayar, sudah pasti harus melakukan pengisian t atau biasa disebut pulsa listrik. Cara pembayaran listrik yang satu ini berbeda dengan yang biasanya. Apabila pada jenis listrik sebelumnya harus dibayarkan setiap bulan dan harus tepat waktu.

Untuk PLN prabayar ini maka sistemnya sama seperti pulsa ponsel. Apabila habis maka perlu dilakukan pengisian agar listrik dapat digunakan. Lalu bagaimana cara untuk mengisi pulsa listrik ini? Simak terus ulasannya dalam artikel ini.

Mengenali Meteran Listrik Prabayar

Sebelum mengetahui bagaimana cara untuk mengisi pulsa listrik, ada baiknya Anda mengenali terlebih dahulu meteran atau bargainser dari jenis listrik PLN ini. Hal ini sendiri sangatlah penting, karena adanya perbedaan bentuk meteran pascabayar dan prabayar. Berikut ini adalah penjelasannya lebih jauh:

  • Nomor Seri

Pada bagian pertama dari meteran ini adalah nomor seri yang berjumlah 11 digit dan di bawahnya terdapat barcode. Nomor seri ini adalah identitas dari listrik yang Anda gunakan, di mana setiap ingin mengisi pulsa listrik harus menggunakan nomor tersebut.

  • Layar status

Pada meteran ini pun terdapat layar status kontraktor LED. Layar ini nantinya akan mencantumkan informasi berapa sisa jumlah pulsa listrik atau kWH.

  • Keypad

Berbeda pada jenis listrik pascabayar yang hanya ada meteran dan nomor seri, dalam listrik prabayar ini terdapat keypad atau tombol yang berisi angka-angka seperti pada ponsel. Ada juga tombol enter yang berfungsi memasukan nomor token dan backspace yang bisa digunakan untuk menghapus angka jika salah input.

  • Lampu indikator

Lalu, Anda juga akan menemukan lampu yang berada di sebelah layar. Di mana lampu ini adalah indikator akan berubah warna sesuai dengan kondisi pulsa listrik yang ada. Jika lampu indikator memiliki warna hijau, maka pulsa listrik yang ada terbilang banyak. Apabila lampu berwarna kuning, pulsa listrik masih cukup dan jika lampu berwarna merah dan berkedip berarti pulsa listrik susah mau habis.

Cara Mengisi Token Listrik PLN

Setelah mengenali bagian yang ada pada meteren pulsa listrik, maka selanjutnya Anda harus mengetahui bagaimana cara untuk mengisinya. Caranya pun sangatlah mudah dan cepet, berikut ini penjelasannya:

  • Membeli pulsa listrik

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa untuk menggunakan listrik prabayar Anda harus melakukan pengisian pulsa lsitrik atau token. Anda hanya tinggal datang ke minimarket ataupun pulsa handphone. Bilang saja kepada penjaga bahwa Anda ingin mengisi pulsa listrik. Nanti, penjaga akan meminta 11 digit nomor seri yang tadi sudah dijelaskan.

Ada beberapa pilihan jumlah pulsa listrik yang bisa Anda pilih, dari 20 ribu rupiah hingga 100 ribu rupiah. Tapi, setelah mengisi Anda jangan pergi begitu saja. Tunggulah hingga penjual atau penjaga memberikan nomor token yang berjumlah 20 digit.

  • Masukan nomor token

Setelah Anda mendapatkan token, maka selanjutnya yang dilakukan adalah dengan memasukan nomr tersebut. Anda hanya tinggal menekan tombol yang ada pada meteran sesuai urutan angka token yang sudah diberikan. Tidak perlu menggunakan spasi, Anda hanya perlu memasukan sesuai urutan yang ada. Bila salah memasukan angka, maka gunakan tombol backspace untuk menghapusnya. Jika sudah benar, tekanlah enter.

  • Perhatikan tulisan pada layar

Apabila sudah menekan tombol enter, maka akan keterangan Benar atau Accept. Sedangkan jika salah maka aka nada tulisan Reject. Jika sudah menekan tombol angka sesuai dengan token yang diberikan dan masih Reject, mungkin nomor yang diberikan tidak sesuai. Sehingga lebih baik cek kembali.

Alasan Lain Token Ditolak

alat penghemat listrik

Tidak hanya kesalahan pemasukan nomor token yang bisa menyebabkan pengisian ditolak atau gagal. Ada beberapa alasan lain yang juga kadang tidak diketahui, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Adanya kendala pada server

Penyebab pertama nomor token ditolak atau direject adalah adanya kendala pada server. Apabila server sedang mengalami gangguan, maka bisa menyebabkan kegagalan pengisian pulsa listrik. Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat menghubungi kantor PLN atau menunggu hingga server stabil dan kembali memasukan nomor token yang sudah didapatkan.

  • Kesalahan pada instalasi listrik

Kemungkinan selanjutnya pulsa listrik tidak masuk adalah adanya kesalahan pada instalasi listrik. Anda perlu melakukan pengecekan, karena kesalahan pemasangan listrik bisa berbahaya. Untuk mengatasi hal ini Anda dapat meminta bantuan dari petugas PLN untu mencari di mana kesalahan pemasangan listriknya.

  • Overlimit pada kWH

Alasan terakhir yang memungkinkan token tidak diterima adalah Anda telah menggunakan listrik dari batasan per bulan yang ditetapkan. PLN telah memberikan batasan pemakaian listrik perbulannya bagi yang menggunakan prabayar. Hal ini sendiri ditujukan agar masyarakat dapat menggunakan listrik dengan lebih bijak dan tidak lebih dari kebutuhan.

Demikianlah penjelasan cara mengisi token listrik. Di mana hal terpenting ketika melakukan pengisian adalah memasukan nomer token dengan benar. Selain itu perhatikan juga jumlah pemakaian agar tidak terlalu boros.

Related Posts