Home Perencanaan Cara Menghitung Perkiraan Biaya Untuk Rumah Tipe 45

Cara Menghitung Perkiraan Biaya Untuk Rumah Tipe 45

by Lara Nifa

Setiap orang tentunya memiliki rumah impian, yaitu rumah yang ukurannya atau luasnya sudah diimpikan, begitupun desain bangunan dan lain-lainnya. Salah satu opsi dalam membangun rumah yang bagus adalah rumah tipe 45. Tapi, apakah kamu sudah tau perkiraan biayanya? Jika belum maka simak tulisan ini agar kamu tahu perkiraan biayanya.

Rumah tipe 45 sekarang ini mulai diminati banyak orang, mengapa? Karena sudah banyak orang yang memimpikan rumah dengan desain minimalis, selain anggarannya tidak terlalu besar, akan tetapi juga desain rumahnya dapat dirancang sebaik mungkin dan dibuat lebih modern.

Langkah Merencanakan Bangun Rumah Tipe 45

Sebelum membahas cara menghitung perkiraan biaya rumah tipe 45, maka kamu harus memahami dulu bagaimana cara merencanakan membangun rumah tipe 45? Sebaiknya kamu perhatikan penjelasan ini dengan baik agar kamu memahaminya dan tidak salah dalam perencanaan.

  • Pilih denah lokasi yang sesuai

Tentu saja yang menjadi pertimbangan bagi kamu yang ingin membangun rumah tipe 45 adalah lokasi dan harga. Sebenarnya, lokasi dan harga sangatlah berkaitan, lokasi kamu membangun rumah akan menentukan harga atau biaya yang harus kamu keluarkan.

Akan tetapi, selain itu juga kamu harus pilih lokasi yang secara geografis sangat strategis. Tentunya dimaksudkan agar kamu tidak kerepotan dalam berbagai hal. Nah, setelah itu barulah kamu perkirakan biaya yang dimiliki dengan biaya yang harus dikeluarkan apabila kamu memilih lokasi tersebut.

  • Merancang desain rumah

Rumah tipe 45 tentunya bisa dibangun dengan desain yang variatif, tergantung bagaimana kamu menginginkannya. Apabila kamu bisa merancang desain itu sendiri, maka tentu saja itu sangat menguntungkan, karena kamu tidak perlu membayar biaya untuk menyewa jasa arsitek lagi, dan bisa membuat desain sesuka hatimu.

  • Memilih jasa pekerja bangunan

Langkah selanjutnya adalah memilih jasa pekerja bangunan. Kenapa? Karena kualitas bangunan tentunya ditentukan oleh kualitas jasa pekerja bangunan yang kamu pilih. Selain itu, waktu pengerjaan juga menjadi pertimbangan. Karena pada umumnya semakin lama pembangunan itu dikerjakan, maka semakin besar biaya yang harus kamu keluarkan untuk membayar pekerja bangunan.

Cara Menghitung Estimasi Biaya Bangun Rumah Tipe 45

Setelah membahas cara merencanakan pembangunan rumah tipe 45, maka selanjutnya adalah pembahasan tentang cara menghitung estimasi biaya bangun rumah tipe 45. Tentu saja ini penting bagi kamu yang ingin membangun rumah tipe 45 dengan penuh perencanaan yang baik, berikut penjelasannya.

  • Menghitung perkiraan biaya luas tanah yang dibeli

Sebenarnya berbicara tentang harga luas tanah itu sendiri tergantung dimana kamu membangunnya, di daerah mana dan di lokasi yang seperti apa. Akan tetapi tulisan ini akan memberikan gambaran saja. Misalnya harga tanah di daerahmu yaitu 3 juta rupiah per meter, maka tinggal dikalikan dengan 45 meter persegi luas tanah yang dibutuhkan, dan totalnya adalah 135 juta rupiah.

  • Menghitung perkiraan biaya bahan material bangunan

Selanjutnya setelah membahas perkiraan biaya harga luas tanah, maka kamu harus mulai menghitung biaya material bangunan. Caranya adalah tuliskan bahan-bahan yang diperlukan, diperinci dengan harganya. Misalnya, kamu sudah perkirakan biaya bahan-bahan bangunan untuk luas 1 meter persegi adalah 2 juta, maka dikalikan dengan luas tanah yaitu 45 meter persegi.

  • Contoh cara menghitungnya

Dua penjelasan di atas adalah penjelasan tentang cara menghitungnya, selanjutnya mari kita bahas dengan ilustrasi sebagai contoh. Apabila harga tanah tadi 3 juta untuk setiap 1 meter, maka 45 meter persegi membutuhkan biaya sebesar 135 juta rupiah.

Kemudian, untuk biaya bahan bangunan per meternya 2 juta rupiah, maka 2 juta rupiah dikalikan dengan 45 meter persegi, yaitu sekitar 90 juta rupiah. Dengan begitu kamu harus siapkan uang sekitar 225 juta rupiah untuk bangun rumah tipe 45. Namun jangan dulu berhenti di situ, kamu harus siapkan biaya lainnya.

Apa saja biaya lainnya? Pertama, yaitu biaya darurat, caranya adalah melebihkan anggaran nyata dari anggaran perkiraan. Misalnya tadi perhitunganmu anggaran yang dibutuhkan adalah 225 juta, maka sebaiknya siapkan uang sekitar 300 juta, sisanya untuk biaya darurat. Selain itu juga siapkan biaya untuk pekerja bangunan, tentu saja nominalnya berbeda-beda.

Maka dari itu di awal tadi disarankan kamu selektif dalam memilih pekerja bangunan, karena selain pertimbangan harga, akan tetapi juga pertimbangan waktu pengerjaan tidak kalah penting. Tentunya kamu ingin membangun rumah dengan biaya yang sangat hemat agar anggaran tidak bengkak.

Itulah penjelasan tentang cara menghitung perkiraan biaya bangun rumah tipe 45, jangan sampai kamu salah memperkirakan, karena apabila anggarannya kurang, maka waktu pengerjaan juga akan lebih lambat dan rumahmu akan lebih lama dibangunnya, kamu akan rugi.

 

Related Posts