Home Administrasi Cara Menghitung Dana Pensiun di Usia Muda

Cara Menghitung Dana Pensiun di Usia Muda

by Lara Nifa

Dana pensiun dibutuhkan untuk menjadi bekal finansial di masa tua nanti. Dana pensiun ini ada baiknya Anda persiapkan saat masih muda dan produktif. Persiapan dana yang satu ini harus Anda matangkan sehingga nantinya mendapatkan hasil yang maksimal. Yang artinya, dana yang ditabung untuk dana pensiun bisa sangat besar. 

 

Dana ini sangat penting demi keberlangsungan hidup Anda di masa tua nanti. Tentunya Anda tidak ingin bekerja keras lagi di masa tua. Pastinya Anda menginginkan menikmati masa tua yang nyaman dan tenang dari sisi finansial. Lalu, berapakah jumlah dana pensiun yang Anda butuhkan? 

 

Nah, berikut ini terdapat cara menghitung dana pensiun yang mudah dan juga cara mengumpulkan dana pensiun. Yuk, simak penjelasannya berikut ini. 

Keperluan dana pensiun 

Semakin banyak dana pensiun yang Anda kumpulkan, maka semakin banyak yang Anda dapatkan. Anda tidak perlu khawatir hidup kesusahan dan tidak sanggup membeli kebutuhan pokok sebab finansial telah terjamin. Hal tersebut berkat usaha dan konsistensi Anda untuk menabung uang setiap gajian saat muda. Lalu, hasilnya bisa Anda nikmati di hari tua. 

 

Rumus untuk menghitung dana pensiun ini sangatlah mudah. Anda bisa menjumlahkan biaya hidup setiap bulannya dan dikalikan dengan estimasi umur hidup. Contohnya: 

 

Anda ingin pensiun di umur 55 tahun. Prediksi Anda dapat hidup hingga 70 tahun. Biaya Anda selama sebulan adalah Rp 5 juta. Maka, total dana pensiun = Rp 5 juta x 12 (jumlah bulan) x 15 = Rp 900 juta. 

 

Banyak atau tidaknya dana pensiun ini tergantung dari gaya hidup setiap orang. Tetapi, ada baiknya supaya dana pensiun lebih banyak dari hitungan bayangan di atas. Dengan demikian, masa pensiun Anda dapat dijalani dengan tenang. 

Cara menabung dana pensiun 

  • Mengontrol pengeluaran 

Anda masih suka berbelanja secara konsumtif? Ada baiknya mulai sekarang kurangi hal tersebut walaupun usia Anda masih terbilang muda. Belanja secara konsumtif menjadikan biaya hidup Anda meningkat pesat, padahal Anda masih perlu menabung dana pensiun. 

 

Anda boleh belanja, namun hal tersebut harus direncanakan supaya pengeluaran bisa dikontrol. Seperti ketika belanja bulanan, ada baiknya Anda membuat catatan dulu, apa saja barang yang akan Anda beli di supermarket. Sehingga, Anda bisa fokus hanya membeli kebutuhan yang diperlukan saja, dan tidak membeli barang-barang lain karena nafsu belaka. 

 

Jika sudah terkontrol, maka Anda dapat menghindari biaya pengeluaran yang membengkak. Anda dapat alihkan uang untuk berbelanja ke tabungan pensiun, sehingga target Anda cepat tercapai. 

  • Mencari pendapatan tambahan 

Jika Anda hanya memiliki satu pendapatan saja pastinya tidak akan cukup untuk menabung dana pensiun. Anda harus memikirkan cara agar bisa memperoleh pekerjaan sampingan demi menambah pendapatan. Seperti yang banyak terjadi sekarang ini, beberapa orang memilih membuka bisnis dan menjualnya menggunakan platform online shop demi meningkatkan penjualan. 

 

Tidak hanya bisnis online saja, Anda juga dapat mencoba menjadi seorang freelance di bidang yang sesuai dengan passion Anda. Misalnya, editor video, penulis artikel maupun fotografi. Anda bisa melakukan pekerjaan sampingan ini sesudah pulang bekerja atau pada hari libur. Pendapatan tambahan ini dapat Anda alokasikan sebagian maupun semuanya untuk menabung dana pensiun. 

  • Tidak bergantung dengan uang pensiun yang diberikan kantor 

Anda harus bersyukur jika perusahaan memberikan dana pensiun untuk pegawainya ketika nanti telah tidak bekerja lagi. Dana tersebut secara otomatis bisa meringankan keadaan keuangan Anda ketika masuk dalam masa pensiun. Namun, Anda harus tetap ingat, jangan pernah bergantung dengan hal tersebut. 

 

Bila dihitung, dana pensiun dari perusahaan masih sangat jauh dari jumlah penghasilan yang biasanya Anda terima ketika masih aktif bekerja. Ada baiknya Anda simpan sebagian gaji untuk ditabungkan ke dana pensiun supaya bisa mendapatkan hasil yang maksimal. 

  • Fokus berinvestasi jangka panjang 

Apakah saat ini Anda sudah mulai untuk berinvestasi? Jika sudah maka itu sebuah hal yang bagus, dan artinya Anda telah peduli dengan keadaan finansial. Tetapi, harus diperhatikan juga jenis investasi yang ingin Anda lakukan. Investasi sendiri dibagi atas 3 jenis yaitu saham, properti dan emas. 

 

Selagi Anda masih muda, maka tidak ada salahnya untuk mencoba fokus untuk berinvestasi jangka panjang yang berguna untuk masa tua Anda. Sedikit demi sedikit Anda menabungkan uang untuk berinvestasi, maka nanti hasilnya bisa melimpah di tambah dengan keuntungan yang Anda dapatkan dari investasi tersebut. 

  • Terbuka dengan peluang 

Tips yang terakhir yaitu cobalah terbuka dengan peluang yang hadir di hidup Anda. Jangan karena pendapatan Anda banyak, maka Anda berhenti untuk eksplore peluang yang bisa memberikan Anda pendapatan tambahan. 

 

Nah, itu tadi cara menghitung dana pensiun dan tips menabungnya selagi masih muda. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda, ya!

Related Posts