Home Tabungan Cara Menghitung Bunga Tabungan Bank

Cara Menghitung Bunga Tabungan Bank

by Lara Nifa
cara menghitung bunga tabungan

Semua bank mengeluarkan produk tabungan dalam kegiatan usahanya yang pada dasarnya merupakan sebuah program atau layanan wajib yang dimiliki oleh lembaga perbankan. Tabungan merupakan salah satu sumber dana yang digunakan bank untuk operasional bisnis, oleh karena itu dapat dikatakan simpanan merupakan salah satu faktor yang paling berpengaruh dalam kelangsungan operasional bank. Dan kali ini kita akan membahas mengenai cara menghitung bunga tabungan, namun sebelumnya kita akan membahas beberapa hal mendasar mengenai tabungan.

Menyimpan uang di bank saat ini masih menjadi pilihan banyak orang karena memiliki banyak keuntungan. Salah satunya yaitu bunga bank yang bisa Anda dapatkan. Jika Anda mengetahui cara menghitung bunga bank, maka Anda juga akan mengetahui berapa keuntungan yang akan Anda peroleh setelah menabung beberapa saat.

Padahal, bunga tabungan bank tidak setinggi deposito atau bahkan saham. Namun tetap dianggap menarik, karena tentunya Anda tidak akan tertarik dengan menabung secara manual di rumah. Tabungan juga menjadi produk unggulan yang paling banyak digunakan oleh lembaga perbankan.

Seperti Apa Sistem Menabung di Bank?

berapa besaran bunga tabungan

Tabungan adalah simpanan yang disimpan dalam bentuk dana dari berbagai pihak ketiga atau badan komersial di bank, yang dapat ditarik sewaktu-waktu dengan menggunakan beberapa layanan yang disediakan. Akan tetapi, Anda tidak bisa menggunakan cek, bilyet giro dan alat lain yang fungsinya sama dengan kedua fungsi tersebut untuk menarik tabungan.

Untuk dapat memiliki sebuah tabungan, maka kita harus pergi ke bank lalu membuka rekening tabungan. Tentunya hal ini hanya bisa dilakukan jika kita memenuhi semua syarat dan ketentuan yang ditetapkan oleh bank. Persyaratan standar pembukaan rekening tabungan yang ditetapkan oleh bank adalah membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku dan mengisi formulir aplikasi tabungan yang disediakan oleh bank. Dalam waktu singkat, customer service akan memproses data yang Anda serahkan, lalu buku tabungan dan ATM dapat Anda bawa pulang.

Untuk dapat melakukan berbagai layanan perbankan melalui rekening tabungan kita, kita harus memastikan ketersediaan atau saldo dana di rekening tersebut. Kami dapat mengisi dana ini dengan menyetorkan deposit ke rekening t=`   bungan Anda, dan kemudian menggunakan dana tersebut untuk berbagai layanan perbankan yang Anda butuhkan.

Cara Menghitung Bunga Tabungan 

Sebagai pihak yang menerima simpanan atau uang dalam jumlah tertentu dari nasabah, bank juga mengenakan bunga atas simpanan tersebut dalam jumlah tertentu. Walaupun bunganya berbeda dan tergantung kebijakan masing-masing bank, pada dasarnya besaran bunganya akan ditentukan langsung oleh Bank Indonesia, dan penerapannya di masing-masing bank akan dipantau secara bersamaan.

Secara garis besar, bank menggunakan tiga metode penghitungan bunga bank untuk simpanan nasabah:

  • Berdasarkan Saldo Terendah

Pada perhitungan metode ini, bunga tabungan akan berdasarkan dengan jumlah saldo terendah yang ada pada bulan tersebut, dan jumlah saldo yang ada akan digunakan untuk dasar perhitungan bunga.

Apabila bunga tabungan yang ada sebesar 6% setiap tahun, maka perhitungan bunga dapat dilakukan dengan cara seperti berikut:

(Jumlah Saldo Terendah x Suku Bunga x Jumlah Hari Pada Bulan Tersebut)  : lalu dibagi dengan jumlah hari dalam satu tahun.

  • Berdasarkan Saldo Rata-Rata

Perhitungan bunga dengan metode ini didasarkan pada saldo harian rata-rata bulan berjalan, sehingga rata-rata tersebut akan digunakan sebagai acuan untuk menghitung bunga.

Apabila bunga tabungan yang ada sebesar 6% setiap tahun, maka perhitungan bunga dapat dilakukan dengan cara seperti berikut:

(Jumlah Rata-Rata Saldo Harian x Suku Bunga x Jumlah Hari Pada Bulan Tersebut) : lalu dibagi dengan jumlah hari dalam satu tahun.

  • Berdasarkan Saldo Harian

Bunga yang dihitung dengan metode ini akan didasarkan pada jumlah saldo harian bulan berjalan, maka dari itu acuan perhitungannya akan mempertimbangkan saldo tabungan harian.

Apabila bunga tabungan yang ada sebesar 6% setiap tahun, maka perhitungan bunga dapat dilakukan dengan cara seperti berikut:

(Jumlah Saldo Harian x Suku Bunga x Jumlah Hari Pada Bulan Tersebut) : lalu dibagi dengan jumlah hari dalam satu tahun.

Keamanan Menabung di Bank

Selain keuntungan mendapat bunga bank, ada keuntungan lain dari menyimpan uang di bank yaitu menyimpan di bank dapat menjamin keamanan. Uang yang Anda setorkan di bank akan selalu aman, ada sistem penyimpanan untuk mengelola dana klien secara bersih dan rahasia.

Lain halnya dengan uang yang anda tinggalkan di rumah, siapapun yang mengetahui keberadaan uang tersebut dapat saja berniat untuk mengambilnya. Pada saat yang sama, untuk menarik uang dari bank, prosedur verifikasi yang ketat harus diterapkan. 

Sekian pembahasan mengenai cara menghitung bunga tabungan dan pembahasan lainnya. Yang perlu diketahui, perhitungan bunga tabungan yang dijalankan oleh beberapa bank mungkin dapat berbeda satu sama lain.

 

Related Posts