Home Tips Cara Menghemat Listrik di Rumah

Cara Menghemat Listrik di Rumah

by Lara Nifa
cara menghemat listrik di rumah

Mungkin sebagian dari Anda selalu pusing ketika tagihan listrik tiap bulannya semakin membengkak. Sebenarnya masalah ini bisa diselesaikan dengan cara yang sederhana, yaitu dengan cara mengubah kebiasaan penggunaan listrik Anda. Dengan mengubah kebiasaan, maka Anda bisa mengetahui cara menghemat listrik yang tepat untuk di rumah. 

Langkah-langkahnya Mudah 

cara menghemat listrik

Sebenarnya bagaimana cara menghemat listrik di rumah? Sebenarnya caranya sendiri tidaklah sulit, di mana Anda bisa melihat beberapa caranya di bawah ini. Berikut caranya: 

  • Menggunakan listrik prabayar 

Cara hemat listrik yang pertama adalah dengan menggunakan listrik prabayar. Pemerintah sendiri menyediakan listrik prabayar, dimana pembayarannya hanya sesuai dengan penggunaannya. Dalam artian semisalnya Anda mengisi token listrik sebesar 100 ribu, maka penggunaan listriknya akan habis setelah nominal tersebut habis. Dengan adanya batasan nominal, maka Anda akan mengubah kebiasaan penggunaan listrik tiap bulannya agar tidak melebihi budget yang disediakan. 

  • Menggunakan lampu LED 

Tips selanjutnya agar Anda bisa menghemat listrik adalah dengan menggunakan lampu LED. Mungkin Anda pernah mendengar tentang lampu ini, di mana lampu ini sendiri memang memiliki harga yang lebih mahal. Namun, ada segudang kelebihan yang ada pada jenis lampu LED. Lampu ini sendiri terkenal karena lebih hemat energy, lebih terang dan juga tidak mudah panas. Sehingga penggunaannya pun dapat lebih lama dibandingkan dengan jenis lampu lainnya. 

Tidak hanya menggunakan lampu yang hemat energy, tapi pastikan juga bahwa Anda menggunakan lampu sesuai dengan kebutuhan. Semisalnya adalah jika masih siang, lebih baik tidak usah menggunakan lampu. Maka daripada itu, pastikan bahwa rumah mendapatkan cukup cahaya matahari sehingga penggunaan lampu yang berlebihan dapat dikurangi. 

  • Ventilasi udara yang mumpuni 

Mengetahui bagaimana cara menghemat listrik sangatlah penting sekali, mengingat bahwa listrik adalah energy yang bisa habis. Maka daripada itu, untuk menghemat listrik ini tidak ada salahnya Anda memanfaatkan ventilasi udara. Karena Indonesia terkenal akan udara yang panas, kebanyakan masyarakat menggunakan kipas ataupun ac. 

Tapi tentu saja kedua alat elektronik tersebut menghabiskan listrik cukup banyak. Jadi tidak ada salahnya Anda memanfaatkan ventilasi udara secara maksimal, agar ada angin masuk sehingga mengurangi udara panas. 

  • Jangan colok steker listrik selama 24 jam 

Kebanyakan masyarakat lebih memilih untuk mencolok steker selama 24 jam, seperti charger handphone, televisi ataupun barang elektronik lainnya. Hal ini sendiri karena lebih terkesan mudah dan cepat. Tapi pada kenyataannya, ini bukanlah cara hemat listrik yang tepat. 

Meskipun steker tidak digunakan, tapi ternyata tetap ada aliran listrik yang masuk sehingga membuat tagihan listrik menjadi semakin membengkak. Maka daripada itu, ada baiknya mencabut steker yang sekiranya memang tidak digunakan lagi. Dengan mengubah kebiasaan ini, maka listrik bisa dihemat cukup lumayan. 

  • Matikan alat elektronik ketika malam hari 

Bagaimana cara menghemat listrik berikutnya? Yaitu dengan mematikan alat-alat elektronik ketika malam hari. Di mana pada malam hari ketika Anda tidur, ada baiknya mematikan beberapa alat elektronik yang sekiranya memang tidak digunakan. Contohnya seperti lampu di ruangan yang pada malam hari tidak digunakan. Hal ini ternyata cukup efektif untuk menghemat tagihan listrik. 

  • Gunakan TV dan Monitor LED 

Cara hemat listrik yang selanjutnya adalah dengan memilih menggunakan TV dan monitor LED. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwa LED adalah teknologi yang mampu menghemat listrik cukup besar. Sehingga tidak ada salahnya untuk Anda untuk menggunakan produk elektronik dengan teknologi ini. Walaupun harga yang dibanderol cukup mahal, tapi bisa menghemat listrik untuk waktu yang lama. 

  • Gunakan laptop daripada komputer desktop 

Agar pengeluaran biaya listrik tidak membengkak, tidak ada salahnya Anda memilih menggunakan laptop pada saat sedang bekerja di rumah. Walaupun memang ada beberapa kenyamanan yang didapatkan ketika menggunakan komputer, tapi laptop sendiri tidak akan memakan listrik cukup banyak. Hal ini sendiri bisa menjadi salah satu cara agar listrik di rumah tidak terlalu besar tagihannya. 

  • Pilih alat elektronik yang hemat energy 

Seperti yang sudah disebutkan beberapa, penggunaan lampu dan TV yang hemat energy adalah salah satu cara untuk bisa menghemat tagihan listrik. Namun, tidak hanya lampu dan TV saja, ada juga beberapa alat elektronik lain yang juga mempunyai teknologi hemat listrik. Contohnya adalah kulkas yang memiliki watt kecil atau mesin cuci yang kapasitasnya tidak terlalu besar. 

  • Menggunakan tirai 

Penggunaan tirai juga menjadi salah satu cara untuk bisa menghemat listrik. Seperti yang sudah disinggung bahwa keadaan panas yang ada di Indonesia membuat masyarakat menggunakan alat elektronik yang membantu untuk mengurangi panas. Tapi, penggunaan tirai sendiri ternyata dapat menjadi cara yang tepat agar panas di dalam rumah bisa berkurang. 

Itulah beberapa cara menghemat listrik yang bisa Anda lakukan di rumah, di mana dengan tips di atas maka tagihan listrik tidak membengkak. 

 

Related Posts