Home Tips Cara Menghemat Kuota Internet yang Ampuh

Cara Menghemat Kuota Internet yang Ampuh

by Lara Nifa
cara hemat internet

Cara menghemat kuota merupakan salah satu informasi penting diketahui oleh Anda yang aktif berselancar di Internet. Pasalnya di era yang serba canggih seperti sekarang ini keberadaan internet sudah menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari. Terlebih dari waktu ke waktu fitur yang dihadirkan semakin lengkap, sehingga menjadikan tiap orang betah berlama-lama berselancar di Internet.

Semua aktivitas di dunia maya tersebut bisa dilakukan ketika Anda memiliki kuota internet. Tanpa kuota data internet Anda tidak bisa menjalankan aktivitas selancar di dunia internet. Data internet ini didapatkan ketika Anda melakukan pembelian, prosesnya sama seperti pengisian pulsa yang digunakan untuk telepon maupun kirim SMS.

Trik Hemat Data Kuota

Tingginya kebutuhan akan data internet menjadikan orang banyak mencari informasi terkait dengan cara hemat kuota. Berkaitan dengan hal tersebut sebenarnya banyak cara yang bisa Anda coba supaya data internet Anda tetap hemat sekalipun tingkat aktivitas Anda cukup tinggi. Selengkapnya akan dibahas berikut ini. 

hemat kuota internet

  • Pilih Mode Offline untuk Fitur Maps

Langkah pertama bisa Anda coba untuk membuat kuota internet hemat yaitu dengan mengubah pengaturan pada fitur Maps Anda. Ubahlah dalam mode offline, mengingat aplikasi satu ini ternyata menguras banyak kuota data Internet Anda. Belum banyak pengguna smartphone yang paham akan hal ini. Terlebih ketika digunakan untuk kebutuhan built-in navigation, memantau traffic secara real time dan juga melihat maps dengan mode satellite.

Untuk menjaga data internet tetap aman, Anda bisa memulai dengan merubah pengaturan dari online menjadi offline. Jika Anda merupakan pengguna Android maka bisa pergi ke bagian Search Bar yang ada di aplikasi Maps. Kemudian gulir ke bawah hingge ketemu opsi “Save mape to use offlline”. 

  • Kirim Email dengan Aplikasi Mailbox

Aktivitas kirim pesan via email ternyata juga membuat kuota cepat terkuras. Aktivitas membuka, mengupload dan juga mengunduh email ternyata memakan kuota yang tidak sedikit. Cara hemat kuota selanjutnya yang bisa Anda coba yaitu dengan menambahkan aplikasi Mailbox dari Dropbox. 

Kedua jenis aplikasi tersebut sudah tersedia baik untuk pengguna Android maupun IOS. Dengan mengunduh kedua aplikasi tersebut mala Anda bisa melakukan penyimpanan data yang memang seharusnya tidak terkuras saat mengakses email.

  • Pilih Browser yang Efisien

Keberadaan browser atau peramban juga menjadi salah satu penyebab data internet capat habis. Terlebih jika Anda berselancar di Internet menggunakan peramban bawaaan yang dikenal mampu menguras kuota dalam jumlah banyak. Untuk mengatasi permasalahan seperti ini Anda bisa beralih untuk menggunakan peramban yang lebih efisien. 

Opera Mini dikenal serta sudah dipercaya banyak pengguna sebagai salah satu peramban yang bisa mengompres data. Keberadaan fitur data-savingnya ampuh untuk mengurangi jumlah daya internet dengan tetap mengutamakan kualitas. 

  • Matikan Pilihan Sinkronisasi yang Tidak Perlu

Menyingkronkan akun Anda secara otomatis ternyata menjadi salah satu penyebab kuota internet cepat habis juga. Alternativ yang bisa Anda lakukan yaitu dengan mencoba mematikan fitur sinkronisasi otomatis pada beberapa aplikasi yang memang tidak dibutuhkan. 

Anda bisa memilih jenis aplikasi yang memang penting saja supaya data internat Anda aman. 

  • Berikan Batasan Penggunana Data Selluler

Cara hemat kuota selanjutnya yang bisa Anda coba yaitu dengan memberikan batasan penggunaan data selluler. Anda bisa mengatifkan fitur notifikasi ketika sudah mencapai batas penggunaan harian. Ketika Anda mengaktifkan fitur ini Anda akan mendapatkan peringatan, sehingga tau kapan harus berhenti atau mengurangi aktivitas yang membutuhkan data sellular.

Langkah untuk mengaktifkan fitur ini bisa Anda lakukan dengan masuk ke bagian Setting kemudian data usage, lanjutkan ke cellular data, set sellular data dan klik untuk mengaktifkan fitur ini.

  • Batasi Penggunaan Data untuk Latar Belakang

Keberadaan aplikasi yang berjalan di latar belakang ternyata menjadi penyebab data internet cepat habis. Berkaitan dengan hal ini ternyata masih banyak orang yang kurang paham juga. Seringkali menganggap sepele hal seperti ini. 

Anda bisa menonaktifkan bagian ini dengan masuk ke menu setting kemudian data usage, setelah itu pilih bagian tiga garis vertikal yang ada di bagian kanan atas, lanjutkan dengan restrict baground data dan terakhir klik OK. 

Langkah ini bisa membuat kuota Anda menjadi hemat, sayangnya bisa membuat notifikasi lebih lama.

  • Perhatikan Jenis Aplikasi yang Memakan Banyak Kuota

Cara menghemat kuota selanjutnya yaitu dengan mengetahui jenis aplikasi apa saja yang membutuhkan data dalam jumlah banyak. Ada beberapa jenis aplikasi yang membuat data internet terkuras dalam jumlah banyak. Untuk mengatisipasi hal tersebut silahkan Anda masuk ke bagian pengaturan kemudian lanjutkan dengan data usage, scroll terus ke bawah dan Anda akan menemukan daftar aplikasi apa saja yang membutuhkan kuota paling banyak. Jika aplikasi tersebut memang tidak begitu penting, Anda bisa menguninstalnya. 

Related Posts