Home Administrasi Cara Mengecek Nomor KTP

Cara Mengecek Nomor KTP

by Lara Nifa
nomor ktp indonesia

Nomor KTP atau NIK memiliki fungsi sebagai sebuah nomor identitas bagi seluruh warga negara Indonesia. Saat ini cara untuk mengecek nomor KTP sudah tidak perlu lagi mendatangi kantor dinas terkait seperti kantor Disdukcapil.

Pada artikel kali ini akan dijelaskan beberapa cara untuk mengecek nomor KTP yang bisa dilakukan dari rumah dengan memakai gawai seperti yang sudah diutarakan pada situs resmi dari Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

Cara Mengecek Nomor KTP atau NIK secara Online

Beberapa cara tersebut sangat cocok untuk diterapkan pada masyarakat yang menghindari antrean atau bagi mereka yang tidak sempat datang ke kantor Disdukcapil setempat sekedar memastikan nomor NIK atau nomor KTP yang dimiliki. Dibawah ini terdapat beberapa upaya yang bisa dilakukan untuk melakukan pengecekan nomor KTP tanpa harus susah payah datang ke kantor dinas terkait, yakni:

Cara mengecek nomor KTP lewat WhatsApp atau SMS

Cara mengecek nomor KTP melalui WhatsApp atau SMS ke nomor Disdukcapil resmi. Dimana Anda bisa menggunakan ponsel untuk bisa mengecek nomor KTP lewat WhatsApp dan SMS.

Cara melakukannya cukup muda, yakni dengan mengirimkan sebuah format SMS dengan mengetik Cek#KTP#NIK serta kirim mengirimkannya ke nomor resmi dari Disdukcapil Kemendagri dengan serial number 081536369999.

Sementara untuk melakukan pengecekan nomor KTP lewat WhatsApp, maka Anda bisa mengirimkan sebuah pesan dengan format bertuliskan nama lengkap berdasarkan KTP lalu NIK, Kelurahan dan kecamatan, kabupaten atau kota serta mengirimnya ke nomor WhatsApp dengan serial number 081326912479

Walaupun tidak bisa secara instan, akan tetapi beberapa waktu kemudian Anda akan memperoleh pesan balasan sesuai permohonan yang telah diajukan.

Cara mengecek nomor KTP lewat Twitter dan Facebook

Anda bisa menggunakan jalur alternatif tersebut dengan menghubungi langsung akun resmi dari Dukcapil. Perlu Anda ketahui akun resmi Facebook dari Disdukcapil yaitu “Halo Dukcapil”, sementara untuk akun resmi Twitter milik Disdukcapil yakni @ccdukcapil.

Pada prosesnya, untuk penggunaan dari kedua sosial media ini bisa langsung menghubungi lewat personal chat dengan menuliskan format pesan #NIK#Nama_Lengkap#Nomor_Kartu_Keluarga#Nomor_Telp#Keluhan dengan format tersebut Anda tinggal menunggu balasan dari pihak admin.

Cara mengecek nomor KTP online lewat call center Disdukcapil

Anda bisa juga menghubungi pihak call center yang disediakan oleh Disdukcapil dengan melakukan sebuah panggilan ke nomor resmi dari dirjen Dukcapil yaitu 1500-537. Pastinya cara satu ini jauh lebih cepat dalam menghasilkan respons bila panggilan berhasil tersambung dan diterima.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa menanyakan lebih detail dan lebih dalam bila terdapat permasalahan lain yang dihadapi. Beberapa data yang perlu disiapkan sebelum Anda melakukan panggilan langsung ke pihak call center Disdukcapil yakni nomor KK dan NIK sehingga para petugas dapat langsung mengkonfirmasikan data yang Anda tanyakan dengan lebih cepat.

Cara mengecek nomor KTP lewat pesan Email

cara mengurus KTP yang hilang

Anda bisa memilih untuk menggunakan opsi mengirimkan pesan lewat email dan mengirimkannya ke alamat email resmi  Disdukcapil yaitu callcenter.dukcapil@gmail.com.

Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu mengisi alamat email di email itu sendiri, dan format dan mengisi format yang sudah ditentukan oleh dinas terkait, seperti: #NIK#Nama_Lengkap#Nomor_Kartu_Keluarga#Nomor_Telp#Keluhan lalu mengirimkannya ke alamat email yang sudah dituliskan di sebelumnya.

Akan tetapi perlu Anda ketahui juga bahwa cara satu ini juga tidak instan, sebab umumnya permohonan akan baru diproses pada hitungan 1 x 24 jam.

Cara mengecek nomor KTP lewat situs resmi pemerintah

Kemendagri atau Kementerian Dalam Negeri akan memfasilitasi terkait akses pencarian NIK warga negara secara online lewat situs resmi yang mereka miliki. Anda bisa mengaksesnya lewat situs resmi di https://www.dukcapil.kemendagri.go.id/.

Caranya juga sangat mudah yakni dengan membuka situs-situs pada umumnya di browser baik itu lewat handphone atau komputer yang penting terhubung oleh jaringan internet, kemudian cari menu e-KTP lalu isi NIK Anda lalu tekan enter pada keyboard. Jika sudah, dan data KTP Anda memang benar dan valid, maka Anda Anda nantinya akan diarahkan ke tampilan yang berisikan data lengkap layaknya yang ada pada KTP.

Cara Untuk mengetahui 16 Digit Angka di NIK KTP

Kumpulan nomor NIK di KTP adalah kode identitas kependudukan seseorang. Sebenarnya sejumlah angka tersebut terdapat tujuan informasi yang terkandung didalamnya. Dan 16 digit angka tersebut terdiri dari:

  •         Untuk dua digit pertama merupakan kode provinsi
  •         Dua digit kedua merupakan kode pos kabupaten/kota
  •         Dua digit ketiga merupakan kode kecamatan
  •         Dua digit keempat merupakan kode tanggal lahir
  •         Dua digit kelima merupakan bulan lahir
  •         Dua digit keenam merupakan tahun lahir
  •         Lalu empat angka dibelakang merupakan nomor komputerisasi

Di dalam KK pun juga tidak beda jauh walau tidak simbolkan secara langsung seperti angka yang ada pada nomor KTP. Jadi, seperti itulah mengenai penjelasan dari setiap angka yang tercantum pada NIK  KTP khususnya warga negara di Indonesia.

 

 

 

Related Posts