Home Tips Cara Mengatur Keuangan Usaha

Cara Mengatur Keuangan Usaha

by Lara Nifa
ilustrasi Cara Mengatur Keuangan Usaha

Siapapun di dunia ini yang memiliki usaha, pasti tidak ingin usahanya rugi. Dengan tahu Cara Mengatur Keuangan Usaha dengan baik dapat menghindari dan mencegah kerugian dalam bisnis.

Mengatur keuangan menjadi salah satu kegiatan utama yang dijalankan di sebuah bisnis. Karena mengatur keuangan di dalam usaha akan menghindarkan usaha dari kebangkrutan dan kerugian. Salah satu caranya adalah dengan menjaga arus kas dan mempersiapkan struktur modal. Keluar masuknya uang kas harus selalu dipantau karena berkaitan erat dengan pemasukan dan pengeluaran operasional perusahaan. Dalam perputaran uang kas sendiri juga terdapat modal yang harus dikeluarkan untuk keperluan operasional.

Dengan menjaga arus kas keluar masuk tetap stabil dapat memaksimalkan keuangan dan keuntungan perusahaan. Anda harus dapat mengatur keuangan dengan cermat agar arus kas tidak menjadi minus yang dapat menyebabkan kerugian pada perusahaan.

Cara Mengatur Keuangan Usaha

Mengatur keuangan usaha tidak dapat dilakukan dengan sembarangan dan serampangan serta tidak sekedar untuk mencegah kerugian saja namun masih banyak manfaat yang diperoleh dan rasakan dari mengatur keuangan usaha dengan baik dan benar. Berikut beberapa cara dalam mengatur keuangan usaha :

  1. Lacak Biaya

Hal terpenting pertama dalam mengatur keuangan dengan baik dan benar adalah dengan detail melacak semua biaya pengeluaran dan pemasukan. Sangat penting menyimpan semua bukti seperti nota atau invoice dari pendapatan dan pengeluaran yang terjadi selama melakukan usaha.

  1. Proyeksi Keuangan

Hal terpenting selanjutnya, anda harus membuat proyeksi keuangan untuk apa yang akan dan sedang terjadi. Salah satu caranya adalah dengan membuat pos – pos rencana pengeluaran agar bisa mendapatkan berbagai prioritas keuangan di dalam 1 periode tertentu dan supaya dapat mengantisipasi serta menghindari pengeluaran yang tidak terduga di luar perencanaan atau proyeksi keuangan tersebut.

  1. Faktur

Faktur adalah elemen yang sangat penting ketika melakukan usaha. Anda dapat langsung mengurus faktur. Anda dapat segera mengirimkan faktur setelah melakukan pengiriman barang ke pelanggan dan juga segera tindak lanjuti faktur yang datang bersama dengan kiriman dari vendor.

  1. Pisahkan Akun Pribadi dengan Usaha

Hal terpenting selanjutnya adalah dengan memisahkan akun keuangan pribadi dan usaha. Dengan melakukan pemisahan akun, akan memudahkan dalam melakukan pengecekan arus kas perusahaan. Sehingga akan dapat diketahui apa saja dan darimana saja pengeluaran serta pemasukan yang didapat untuk urusan perusahaan.

cara atur keuangan bisnis

  1. Lacak pinjaman pribadi untuk modal usaha

Lakukan pelacakan atau pengecekan terhadap keuangan pribadi yang dipakai untuk modal usaha. Jangan sampai pinjaman untuk modal usaha tidak dikembalikan ke akun pribadi yang dapat menyusahkan diri sendiri kedepannya.

  1. Tagihan

Dalam mengatur keuangan perusahaan, hal terpenting yang harus Anda utamakan adalah membayar tagihan – tagihan tepat waktu atau sesuai dengan jatuh tempo agar tidak membuat tagihan semakin menumpuk dan merugikan usah anda.

  1. Hemat

Walaupun sudah memiliki penghasilan dari usaha yang anda jalankan, berhemat juga merupakan sebuah cara mengatur keuangan yang sangat baik. Penghasilan pada setiap usaha tidak akan selalu menghasilkan keuntungan yang sama setiap harinya. Oleh karena itu, dengan berhemat menjadi salah satu cara yang bagus untuk berjaga – jaga jika suatu saat mengalami masalah keuangan dan tidak lancarnya usaha kedepannya.

  1. Biaya Perjalanan

Salah satu dalam menghemat anggaran keuangan operasional usaha anda adalah dengan cara meminimalkan biaya perjalanan. Anda dapat mengatur perjalanan dengan baik seperti menyewa akomodasi yang murah namun tetap nyaman atau dengan cara berkomunikasi menggunakan aplikasi daring yang sedang marak belakangan ini.

  1. Membuka Cabang

Membuka cabang adalah salah satu tujuan yang sangat ingin dicapai oleh setiap usaha. Namun anda tentu tidak boleh gegabah atau terburu – buru ingin membuka cabang. Anda harus memikirkan matang – matang. Karena jika anda gegabah, akan menjadikan kerugian usaha anda nantinya. 

Anda harus memikirkan strategi pasar dan melihat kondisi lapangan. Tentunya akan lebih baik sebelum membuka cabang, anda membesarkan nama usaha anda dahulu dan tetap memaksimalkan kualitas dan mutu agar para pelanggan tetap setia kepada anda.

  1. Dana Darurat

Anda perlu menyiapkan dan menganggarkan dana darurat untuk kejadian – kejadian yang tidak terduga kedepannya. Dana darurat ini akan sangat berguna agar bisnis anda tetap berjalan walaupun kondisi diluar sedang kurang baik.

  1. Laba

Yang harus anda lakukan selanjutnya adalah mengembangan usaha anda menggunakan laba yang telah anda peroleh. Anda dapat memutar laba yang diperoleh menjadi hal yang produktif untuk mengembangkan usaha anda.

  1. Belajar tentang Ilmu Keuangan

Hal terpenting lainnya adalah mendidik sendiri tentang cara mengatur keuangan yang baik. Jangan pernah lelah untuk belajar mengembangkan kemampuan anda untuk mengatur keuangan yang lebih baik agar anda mengetahui lebih dalam arti – arti yang ada dalam laporan keuangan

Demikian beberapa informasi Cara Mengatur Keuangan Usaha. Semoga informasi diatas bermanfaat bagi anda dan usaha anda.

Related Posts