Home Tips Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga dengan Gaji Kecil

Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga dengan Gaji Kecil

by Lara Nifa
cara kelola keuangan rumah tangga

Tentunya banyak hal yang tidak terduga terjadi dalam hidup ini. Salah satu masalah yang tidak dapat dihindari dan hampir pasti dialami adalah masalah keuangan yang sering dihadapi banyak orang. Dari segi finansial atau finansial, ini adalah tantangan dalam hidup, kita harus selalu siap menghadapi hal ini dan siap menyelesaikan masalah keuangan setiap saat agar keadaan keuangan kita selalu baik dengan mengetahui cara mengatur keuangan rumah tangga.

Contoh masalah keuangan yang berulang adalah kita sudah terlilit hutang. Hal ini dikarenakan gaya hidup dan kebutuhan manusia yang semakin hari semakin meningkat. Selain itu, ada tagihan dan cicilan yang harus dibayarkan setiap bulan. Demikian cara mengatasi masalah keuangan keluarga saat ini agar keadaan keuangan keluarga selalu baik.

Pentingnya Mengatur Keuangan

Besar kecilnya gaji biasanya mempengaruhi cara pengelolaannya, sehingga masalah finansial dapat dihindari. Apalagi jika gaji Anda termasuk pendapatan tetap yaitu gaji tetap bulanan, dan kebutuhan hidup sering berubah. Bagi mereka yang memiliki gaji lebih rendah, mereka akan kesulitan menabung untuk berbagai keperluan seperti untuk dana darurat, dana pendidikan, dana hari tua dan berbagai kebutuhan lain.

Padahal, bukan hal yang jarang jika seseorang kehabisan uang di tengah bulan. Hal ini terjadi karena mereka tidak dapat mengelola gaji bulanannya dengan baik untuk memenuhi kebutuhan keuangan keluarga. Terlebih lagi, setiap keluarga harus membuat rencana untuk masa depannya sendiri, seperti berlibur, memiliki rumah dan mobil pribadi, sampai perencanaan dana pendidikan dan hari tua. Berbagai rencana tersebut membutuhkan banyak uang, dan mencari penghasilan tambahan tidaklah mudah.

Cara Mengatur Keuangan Keluarga

kelola keuangan rumah tangga

Dalam menjalani hidup ini, Anda sangat wajib mengetahui cara atur keuangan atau mengelola keuangan rumah tangga, agar berbagai rencana yang telah Anda buat tidak akan gagal nantinya. Tidak perlu khawatir, kali ini kita akan membahas mengenai beberapa cara mengelola keuangan rumah tangga, agar kondisi keuangan keluarga Anda selalu aman.

  • Merencanakan Pengeluaran dengan Tepat

Ketika uang digunakan untuk memenuhi kebutuhan Anda, seringkali ada pemborosan finansial, meskipun sebenarnya itu tidak perlu. Cara terbaik untuk menggunakan sedikit pendapatan adalah dengan menggunakan anggaran tertulis untuk atur keuangan dan membuat rencana pengeluaran bulanan.

Belanjakan pendapatan Anda sesuai dengan rencana yang telah disiapkan. Saat Anda perlu membeli apa yang Anda butuhkan, Anda memiliki anggaran untuk berbelanja. Tapi jangan menggunakan uang lebih dari anggaran yang disiapkan, karena sisa uang sudah dialokasikan untuk kebutuhan lain.

Merencanakan daftar pengeluaran akan sangat efektif dampaknya, karena melalui belanja yang terencana dan dengan harga grosir, harganya akan jauh lebih murah, sehingga Anda dapat menghemat uang untuk membeli kebutuhan lainnya dan memiliki lebih banyak simpanan. Selain terbiasa menyusun anggaran rencana belanja bulanan, Anda juga harus paham cara memenuhi anggaran keuangan yang ditetapkan.

  • Mengurangi Kebiasaan Makan di Luar Rumah

Sesekali makan di restoran dan memesan makanan secara online boleh saja, namun jika ini menjadi kebiasaan sehari-hari, akan cepat menguras keuangan Anda. Harga makanan restoran atau di luar harganya bisa 4 kali lipat dari makanan buatan sendiri. Belum lagi seringnya Anda memesan makanan secara online, tentunya biaya makan Anda juga akan meningkat.

Apabila ingin menghemat keuangan atau pendapatan, Anda sebaiknya harus memasak di rumah. Cobalah untuk makan di restoran cukup sesekali saja atau pesan makanan secara online (Go Food atau Grab Food) daripada setiap hari. Setelah berhasil dengan cara ini, maka Anda bisa lihat berapa banyak uang yang dapat Anda hemat setelah berhasil atur keuangan dengan memasak sendiri di rumah

  • Mencari Penghasilan Tambahan

Dengan menggunakan waktu yang ada, Anda harus berpikir untuk mulai mendapatkan penghasilan tambahan. Ada berbagai cara untuk menambah penghasilan, seperti berjualan pulsa untuk berbagai provider, menjadi penulis lepas atau juga bisa berjualan online dan berbagai pekerjaan sampingan lainnya. Pekerjaan sampingan yang nantinya akan Anda kerjakan usahakan untuk tidak mengganggu pekerjaan utama Anda. Dengan penghasilan tambahan yang lebih banyak, lebih banyak gaji yang dapat disisihkan untuk ditabung atau disimpan.

  • Menggunakan Internet dengan Bijak

Data internet telah menjadi kebutuhan utama untuk semua orang. Apalagi sekarang, mulai dari pekerjaan, jual beli, hingga sekolah atau kuliah semua serba secara online. Cobalah pilih paket data Internet yang sesuai dengan kebutuhan Anda, dan pilih harga yang sesuai dengan anggaran Anda.

  • Memanfaatkan Berbagai Promo Saat Berbelanja

Berbelanja seperti membeli makanan atau keperluan lainnya bisa menggunakan berbagai promo yang ada seperti free ongkir dan keuntungan cashback, belanja Anda akan jadi lebih hemat.

Ada berbagai cara yang dapat Anda lakukan dalam usaha Anda menghemat pengeluaran demi kondisi keuangan keluarga Anda selalu aman. Itulah beberapa cara mengatur keuangan rumah tangga yang dapat Anda terapkan mulai sekarang, untuk keuangan Anda menjadi lebih baik.

 

Related Posts