Home Tips Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga dengan Gaji 3 Juta

Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga dengan Gaji 3 Juta

by Lara Nifa
cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 3 juta

Mengatur keuangan memang tidaklah mudah, apalagi jika Anda sudah berumah tangga dan hanya bergaji 3 juta saja. Sudah jelas masalah pengaturan keuangan ini akan menjadi lebih rumit. Namun, ada cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 3 juta yang bisa Anda lakukan, di mana Anda nantinya masih bisa menabung. 

Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Dengan Gaji 3 Juta 

Mengatur keuangan rumah tangga hanya dengan gaji sekitar 3 juta rupiah mungkin terdengar mustahil, tapi kenyataannya Anda bisa melakukannya dengan menggunakan beberapa cara. Berikut ini adalah cara agar bisa mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji yang minim: 

  • Catat keuangan 

Cara pertama yang bisa Anda lakukan agar dapat mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji sekitar 3 juta adalah dengan melakukan pencatatan keuangan. Biasakanlah diri untuk selali mencatat pemasukan dan pengeluaran uang setiap harinya. 

Dengan mencatat apa saja pengeluaran dalam setiap hari, maka pada akhir bulan Anda akan mendapatkan nominal berapa kebutuhan yang diperlukan dalam sebulan. Selain itu dengan mencatat, Anda juga akan bisa melakukan evaluasi pada pengeluaran mana saja yang sekiranya bisa ditekan atau sebenarnya tidak dibutuhkan. 

  • buatlah anggaran 

Selain membuat catatan pemasukan dan pengeluaran, maka selanjutnya Anda bisa membuat anggara yang dibutuhkan dalam sebulan. Dari pencatatan yang telah dilakukan, maka Anda akan bisa menemukan pengerluaran mana yang sangat penting serta tidak penting. Buatlah anggaran untuk kebutuhan pokok dalam sebulan, seperti kebutuhan sembako, membayar tagihan, kebutuhan anak, serta lain-lainnya yang memang harus dikeluarkan dalam satu bulan. 

atur gaji 3 juta

Dari anggaran yang Anda buat itulah yag akan menjadi acuan untuk pengeluaran dalam sebulan, sehingga Anda bisa melihat apakah masih bisa menyisakan sedikit uang untuk menabung atau tidak. Namun, tetap usahakan ada sisa uang agar Anda bisa menabung dan juga menyediakan dana darurat. 

  • Tekan keinginan demi kebutuhan 

Cara selanjutnya adalah dengan mengatur keuangan selanjutnya adalah dengan menekan keinginan demi kebutuhan. Biasanya kecerobohan yang dilakukan adalah membeli barang yang hanya keinginan semata bukan membeli barang kebutuhan. Hal tersebutlah harus dihindari agar pengeluaran tidak membengkak. 

Apabila memang ingin membeli barang yang memang sudah lama diinginkan, ada baiknya menabung terlebih dahulu dengan mempertimbangkan apa saja manfaatnya. Karena jika langsung membeli tanpa melakukan pertimbangan, maka sudah pasti Anda akan lebih kesulitan saat mengatur keuangan. 

  • Belanja di pasar tradisional 

Agar dapat lebih mengontrol keuangan, maka ada baiknya Anda berbelanja lauk pauk ataupun sembako di pasar tradisional. Hal ini sendiri karena di pasar tradisional harga yang dibandrol lebih murah dibandingkan dengan yang ada di supermarket. Apabila ada kebutuhan yang memang tidak ada di pasar tradisional, Anda bisa mencari di toko-toko grosiran yang juga menyediakan berbagai jenis barang yang lebih murah. 

  • Masak sendiri dan tentukan menu makan dalam sebulan 

Bagi Anda yang sudah berumah tangga, tentu saja harus menyediakan kebutuhan pangan untuk keluarga. Di mana cara agar biaya tidak membengkak adalah dengan memasak seluruh kebutuhan pangan sendiri. Karena sudah jelas akan lebih murah ketimbang selalu membeli di restoran atau warung makan. 

Selain itu, agar pengaturan uang dapat berjalan dengan lancar, maka ada baiknya Anda telah menentukan menu makan selama sebulan. Tentu saja dengan mempertimbangkan kebutuhan nutrisi bagi keluarga. Hal ini akan sangat membantu Anda agar bisa menghemat uang belanja dalam sebulan. 

  • Mencari penghasilan tambahan 

Tidak ada salahnya mencari penghasilan tambahan untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga. Di mana jika memang pasangan tidak bekerja, dapat membuka kelontong kecil-kecilan di rumah atau menjual minuman yang mampu mendongkrak ekonomi keluarga. Cara ini sendiri terbilang sangat ampuh, di mana Anda bisa mengatur keuangan dengan lebih mudah karena ada sumber pemasukan lain yang didapatkan. 

  • Membawakan bekal makanan dari rumah 

Selain memasak sendiri di rumah, Anda juga dapat membuat bekal untuk dibawa oleh anak dan pasangan. Hal ini sendiri agar anak dan pasangan tidak perlu mengeluarkan uang tambahan untuk makan siang. Anda juga bisa membawakan bekal dengan menu yang sudah ditentukan tiap harinya. Di mana selain menghemat pengeluaran juga tidak perlu lagi ada sisa makanan di rumah.

  • Buka tabungan khusus 

Cara mengatur keuangan selanjutnya adalah dengan membuka tabungan khusus yang terpisah dari uang kebutuhan sehari-hari. Bentuk tabungan sendiri bisa dibuat tabungan berjangka ataupun memiliki tabungan pendidikan untuk anak. Di mana dengan membuka tabungan khusus ini, Anda bisa mengamankan masalah keuangan di masa depan . 

Itulah beberapa cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 3 juta. Dapat disimpulkan bahwa hal penting saat mengatur keuangan adalah mengetahui mana kebutuhan pokok yang perlu didahulukan. Serta perlu banyak melakukan pertimbangan jika ingin membeli barang satu barang.

Related Posts