Home Perencanaan Cara Mengatur Keuangan Pribadi yang Mudah

Cara Mengatur Keuangan Pribadi yang Mudah

by Lara Nifa
Cara Mengatur Keuangan Pribadi

Berbicara mengenai mengatur pribadi pasti semua orang telah mengatur keuangan pribadi masing–masing. Tapi apakah Anda sudah mengatur uang pribadi Anda dengan baik? Ikuti tips Cara Mengatur Keuangan Pribadi di artikel ini biar Anda bisa lebih mudah mengatur keuanganmu.

Cara mengatur keuangan pribadi :

Mengatur keuangan bagi beberapa orang rasanya pasti sulit dan bikin pusing. Ini dikarenakan pengaturan yang berhubungan langsung dengan angka-angka riil atau nyata yang digunakan dalam kehidupan sehari – hari. 

Mengatur keuangan sedini mungkin disaat Anda masih sendiri tentunya memiliki manfaat yang positif dimana Anda jika sudah berkeluarga tidak akan sulit mengatur keuangan rumah tangga dan dapat memberikan pandangan secara logis kepada pasangan mengenai berbagai keputusan finansial.

Mengatur keuangan tidak sesulit yang Anda bayangkan. Berikut beberapa cara dalam mengatur keuangan pribadi yang mudah dan tidak bikin pusing.

  • Catat pemasukan dan pengeluaran

Hal pertama yang paling mudah Anda lakukan adalah mencatat pemasukan dan pengeluaran keuangan Anda. Tidak perlu membuat pembukuan yang rumit seperti layaknya profesional. Cukup dengan catatan pengeluaran dan pemasukan, Anda dapat mengatur keuangan Anda dengan lebih baik.

  • Pos – Pos

Buatlah pos – pos pengeluaran Anda jika Anda ingin lebih detail dalam mengatur keuangan. Ada 3 pos yang perlu Anda buat yaitu :

  • Pengeluaran rutin .  Mencakup kebutuhan makan, listrik, air, uang pulsa, uang transportasi,
  • Pembayaran rutin. Pembayaran rutin yang dimaksud disini jika Anda masih memiliki tanggungan pembayaran dengan cara dicicil atau Anda punya hutang yang harus Anda bayar atau Anda lunasi setiap bulannya seperti pembayaran Kartu Kredit atau angsuran yang lainnya.
  • Tabungan. Pos disini dimaksudkan untuk tabungan Anda jika ada keperluan mendadak atau untuk hari masa depan Anda nanti. Sisihkan beberapa persen dari keuangan Anda setiap bulannya atau sisa dari pengeluaran dan pembayaran , bisa Anda tabung.
  • Buat 2 rekening

Dengan membuat 2 rekening akan lebih memudahkan Anda dalam mengatur keuangan. Rekening pertama bisa Anda pakai untuk kebutuhan dan pengeluaran Anda sehari – hari. 

keuangan pribadi

Sedangkan rekening 2 diperuntukkan sebagai tabungan dan dana darurat dimana uang Anda yang ada di rekening 2 tidak dapat Anda ambil seenaknya. Anda dapat mengambil uang di rekening kedua jika ada keadaan darurat seperti tiba – tiba Anda masuk rumah sakit dan harus menjalani opname dimana Anda memerlukan uang yang banyak.

  • Menabung

Anda dapat menabung di awal sebelum memulai mengatur pengeluaran dan pembayaran tagihan. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi pembengkakan pengeluaran. Dimana biasanya uang tabungan yang tidak langsung ditabung, hanya akan menjadi wacana saja (tidak akan tercapai) karena entah bagaimana uang yang semestinya Anda tabung akan menjadi barang-barang yang bukan menjadi kebutuhan Anda melainkan keinginan Anda.

  • Promo

Dalam pengeluaran rutin seperti kebutuhan pokok dan konsumsi, Anda bisa memanfaatkan promo. Dengan memanfaatkan promo yang ada, pengeluaran Anda akan lebih hemat lagi. Dan sisa dari budget pengeluaran Anda, bisa Anda alihkan ke tabungan.

  • Pangkas dan Kurangi Pengeluaran

Anda dapat membuat daftar apa saja pengeluaran Anda setiap harinya. Jika sudah , Anda dapat melihat lagi daftar yang Anda bikin. Pangkas dan kurangi pengeluaran yang menurutmu itu bukan suatu kebutuhan yang wajib Anda penuhi.

  • Bijak menggunakan Kartu Kredit

Jika Anda mempunyai kartu kredit, Anda harus lebih bijak dalam memakainya. Kartu kredit memang sangat menggiurkan. Dimana Anda bisa membeli barang yang Anda inginkan dengan cara mencicil setiap bulannya. Namun jika Anda masih seenaknya dalam menggunakan kartu kredit , tagihan Anda dapat membengkak dan menjadi beban Anda dalam mencicil setiap bulannya.

  • Pasang target

Memasang target akan lebih memudahkan Anda dalam mengatur keuanganmu. Anda akan lebih fokus dan termotivasi untuk mencapai target mu. Contoh : Anda ingin mulai memiliki rumah di umur 40 tahun. Jadi Anda dari sekarang harus menabung.

  • Bedakan antara keinginan dan kebutuhan

Anda harus dapat membedakan antara keinginan dan kebutuhan . Contoh kebutuhan disini adalah konsumsi atau makanan dimana itu adalah kebutuhan pokok atau utama bagi setiap orang. Sedangkan keinginan adalah suatu kebutuhan yang sebenarnya tidak sesuai yang Anda butuhkan. Keinginan tidak harus segera dipenuhi.

  • Makan di rumah

Biaya makan di rumah dengan biaya makan di restoran tentunya lebih murah dengan makan di rumah. Boleh Anda makan di restoran. Tapi sesekali saja. Jangan lebih dari bugdet atau dana yang telah Anda atur sebelumnya.

Itulah beberapa Cara Mengatur Keuangan Pribadi. Sangat mudah bukan. Mengatur keuangan tidak selalu ribet dan sulit kok. Sekarang Pun banyak aplikasi pembukuan yang bisa Anda download dan Anda pakai. Anda bisa memanfaatkan aplikasi-aplikasi tersebut untuk lebih memudahkan Anda mengatur keuangan pribadi Anda. Selamat mencoba.

Related Posts