Home Tips Cara Mengatur Keuangan Anak Kost yang Mudah

Cara Mengatur Keuangan Anak Kost yang Mudah

by Lara Nifa
cara mengatur keuangan anak kost

Bagi yang pertama kali menjalani kehidupan sebagai anak kost, pasti hal pertama yang terlintas dipikiran kalian adalah bagaimana cara mengatur keuangan anak kost agar bisa berhemat dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Menjalani kehidupan yang jauh dari keluarga memang bukan hal yang mudah, apalagi daerah atau kota yang akan menjadi tempat tinggal adalah tempat yang asing dan mengharuskan kalian beradaptasi dengan lingkungan baru.

Tips-tips mengatur keuangan anak kost 

Jauh dari keluarga berarti kalian juga harus belajar bagaimana cara mengatur pemasukan dan pengeluaran agar bisa bertahan sampai akhir bulan hingga mendapatkan kiriman uang dari orang tua atau menerima gaji dari tempat kalian bekerja. Lalu bagaimana caranya agar dapat mengatur keuangan dengan baik dan tetap dapat bersenang-senang. Berikut ini adalah caranya:

  • Buatlah daftar belanja untuk sebulan

Berbelanja untuk satu bulan sekaligus adalah salah satu cara berhemat, kenapa? Karena kalian tidak perlu bolak-balik untuk berbelanja kebutuhan. Namun, sebelum berbelanja buatlah daftar belanjaan terlebih dahulu dan pastikan semua yang kalian butuhkan untuk satu bulan kedepan sudah masuk dalam daftar. 

Saat kalian sudah berada di lokasi tempat berbelanja, pastikan jika tidak membeli barang di luar daftar yang sudah dibuat. Jika membeli makanan, belilah bahan makanan yang sekiranya dapat bertahan lama. Jika keperluan mandi, belilah dengan ukuran yang besar, membeli ukuran yang besar sebenarnya akan jauh lebih murah dibandingkan membeli kemasan yang kecil atau ekonomis.

atur keuangan

Apabila kalian mau, kalian bisa berbelanja di toko grosir atau di pasar. Karena sudah barang tentu, di kedua tempat ini harganya akan jauh lebih murah dan kalian tentu dapat lebih berhemat dibandingkan jika berbelanja di minimarket atau supermarket. Bahkan jika berbelanja di toko grosir atau pasar, semakin kalian membeli dengan jumlah yang banyak, maka akan mendapatkan diskon dari penjualnya.

  • Tabung uang kiriman atau gaji

Menabung adalah suatu hal yang wajib untuk dilakukan semua orang, tidak hanya anak kost. Kalian bisa menyisihkan uang kiriman dari orang tua atau gaji kalian di deposit box (celengan) atau di bank. Sisihkan 5 atau 10% dari uang yang kalian terima setiap bulannya. Agar saat ada keadaan yang bersifat darurat, kalian memiliki uang cadangan. Pastikan uang tabungan ini tidak kalian gunakan.

  • Membuat bekal sendiri

Mungkin sebagian dari anak kost merasa, jika membawa bekal sendiri itu merepotkan. Padahal ini adalah salah satu cara agar kalian bisa berhemat, buatlah bekal yang sekiranya dapat mengganjal perut hingga waktu lama. Kurangi memesan makanan secara online agar tidak membuat jebol pengeluaran kalian. Sekarang ini sudah banyak tempat kost yang memiliki dapur, agar dapat membantu anak kost yang memang suka memasak sendiri, bahkan ada juga kamar yang difasilitasi dengan dapur pribadi. Jadi, tidak ada alasan untuk tidak bisa berhemat.

  • Bayar tepat waktu

Jika kalian memiliki kewajiban untuk membayar sesuatu, misal biaya kuliah, biaya PLN, biaya PDAM atau biaya lain yang mengharuskan kalian membayar tepat waktu. Maka segera bayarkan, jangan menunggu hingga tenggat waktunya datang atau malah melebihi waktu yang sudah ditentukan, karena pasti akan ada biaya tambahannya.

Lalu membayar tepat waktu juga membantu kalian untuk belajar mengatur keuangan, menunda pembayaran akan membuat kalian tergiur untuk menggunakan uang tersebut dan malah akan jadi boomerang saat sudah sampai pada batas pembayaran. Mulailah belajar bertanggung jawab akan hidup kalian sendiri.

  • Mencuci pakaian sendiri

Selalu luangkan waktu kalian untuk mencuci pakaian sendiri. Mencuci pakaian bisa kalian lakukan 2 atau 3 hari sekali, bahkan jika kalian mau, bisa dilakukan setiap kali kalian mandi. Sambil mandi, sambil mencuci pakaian yang kalian pakai hari ini. Ini akan jauh lebih menghemat waktu dan menghemat pengeluaran. Apalagi biasanya ada beberapa kost yang sudah memfasilitasi tempatnya dengan mesin cuci agar bisa digunakan oleh penghuni kost.

  • Buat catat pengeluaran dan pemasukan

Membuat catatan pengeluaran dan pemasukan bukan berarti kalian akan menjadi orang yang perhitungan, namun akan menjadikan kalian orang yang lebih disiplin dan bijaksana dalam mengatur keuangan. Jika, kalian rutin membuat catatan keuangan seperti ini, kebiasaan ini nantinya akan membuat kalian dapat membandingkan mana pengeluaran yang penting dan yang tidak penting.

Ayo mulai hidup hemat agar kalian tidak melulu menikmati mie instan di akhir bulan. Hidup hemat bukan berarti kalian akan menjadi orang yang pelit, hidup hemat adalah cara mengatur keuangan anak kost agar lebih bertanggung jawab dan lebih bijaksana dalam menggunakan uang. Sesekali kalian bisa bermain untuk menghibur diri, tapi perlu diingat juga agar jangan berlebihan. Karena jika berlebihan bisa-bisa di akhir bulan kalian hanya makan nasi dengan garam. Tentu kalian tidak ingin hal ini terjadi.

Related Posts