Home Tips Cara Mengatur Keuangan Anak Kos

Cara Mengatur Keuangan Anak Kos

by Lara Nifa
Cara Mengatur Keuangan Anak Kos

Ketika baru pertama kali memulai menjadi seorang anak kos bisa dikatakan itu adalah fase terberat apalagi untuk seseorang yang belum terbiasa melakukan semua hal sendirian. Akan tetapi, lewat beberapa tips yang akan diulas pada artikel kali ini, diharapkan dapat membantu Anda agar lebih siap menjadi seorang anak kos yang bijak, cerdas dan yang paling penting hemat pengeluaran.

Menjadi personal yang hemat tidak berarti membuat Anda tidak dapat bersenang-senang, Anda tetap bisa meluangkan waktu untuk pergi bersama teman-teman, entah itu ke tempat nongkrong atau berwisata alam.  Akan tetapi, sebagian besar para anak kos kesulitan untuk mengatur keuangan mereka. Nah, apabila Anda ingin mengetahui tips mengatur keuangan anak kos, simak penjelasannya berikut ini.

Cara Mengelola Keuangan Anak Kos yang Tepat

1.       Menyusun Daftar Belanja

Menjadi anak kos yang hidup jauh dari keluarga, Anda dipaksa untuk bertanggung jawab terhadap seluruh kebutuhan pribadi. Saat seluruh perlengkapan pribadi yang Anda butuhkan sebagai penunjang hidup sudah habis, Anda harus pergi berbelanja lagi. Nah, berbelanja merupakan waktu rawan seorang anak kos yang kebablasan menghabiskan uang mereka.

Maka dari itu, ketika akan berbelanja Anda harus menyusun daftar belanja, seperti barang apa saja yang Anda butuhkan. Agar bisa mengetahui perkiraan harga, Anda dapat mengeceknya lewat internet. Kemudian jumlahkan dan bawalah uang sesuai perhitungan tadi, lalu berbelanjalah.

2.       Menabung

SIkap ini yang seharusnya bisa Anda lakukan ketika hidup jauh dari keluarga, yakni menabung. Dengan menabung Anda bisa diuntungkan. Uang yang dikirim orang tua, kalau bisa coba disisihkan untuk masuk ke tabungan.

Apabila suatu saat ada kebutuhan mendadak, uang tabungan tersebut bisa sangat membantu dan Anda sudah tidak perlu lagi merepotkan orang tua dan orang-orang terdekat. Menabung pun tidak perlu di bank, menabung di celengan juga bisa dijadikan opsi yang tepat. Namanya menabung, meski diisi hanya sedikit tapi lama-lama bisa menjadi bukit.

3.       Menjatah Jajan Perhari

Supaya keuangan Anda pengeluarannya tetap terjaga, Anda perlu memberi jatah per hari. Dengan mencatat pengeluaran pokok dalam satu hari. Setelah itu jumlahkan, dan jumlah tersebut adalah nominal yang menjadi jatah jajan Anda dalam satu hari.

Berada jauh dari orang tua, sebaiknya seorang anak kos bisa lebih menahan diri untuk tidak hidup bermewah-mewahan, sebab selama hidup Anda jauh dari keluarga maka diri sendirilah yang akan bertanggung jawab atas semua hal termasuk uang.

4.       Hemat Penggunaan Paket Internet atau Pulsa

Apabila Anda merupakan pengguna smartphone yang memerlukan paket internet, sebaiknya pilihlah kuota paling besar yang ditawarkan provider pilihan Anda. Selain jauh lebih hemat, penggunaannya juga bisa lebih lama. Perlu Anda ingat bahwa jatah paket internet yang Anda gunakan saat ini merupakan jatah satu bulan kedepan, hindari kebiasaan menonton atau mengunduh hal yang tidak begitu penting. Pastinya hal tersebut juga berlaku untuk penggunaan pulsa biasa, apabila tidak begitu penting menelpon atau mengirim sms sebaiknya untuk tidak dilakukan.

5.       Mengurangi Kegiatan yang Tidak Penting

Pada proses untuk bisa lebih hemat, maka Anda harus menghindari kegiatan yang sekiranya tidak begitu penting selama Anda mempunyai waktu luang. Seperti pergi ke mall, dan tempat-tempat yang memungkinkan seseorang ingin mengeluarkan lebih banyak uang. Jauh lebih baik Anda memilih berkumpul bersama teman di sekitaran kampus, misalnya di taman terbuka, dan beberapa tempat yang murah meriah namun tidak meninggalkan kesan seru dan nyaman.

6.       Carilah Teman Sebanyak Mungkin

Memiliki teman yang banyak untuk akan sangat berpengaruh dalam hidup Anda apalagi sebuah relasi merupakan segalanya. Dengan mempunyai teman yang banyak, pastinya Anda tidak akan merasa kesulitan memperoleh bantuan ketika Anda dihantam banyak cobaan. Karena prinsip hidup manusia adalah saling tolong menolong. Jadi, apabila Anda tidak mempunyai teman, lalu bagaimana prinsip tersebut bisa dijalankan? Maka dari itu, banyak-banyaklah bergaul.

7.       Bekerja Paruh Waktu

Ketika orang tua Anda terlambat mengirimkan uang, kondisi ini merupakan momen paling menyedihkan yang dirasakan oleh para anak kos. Supaya Anda tidak tergantung oleh kiriman uang dari orang tua, Anda bisa memulai dengan mencari kerja paruh waktu. Walaupun waktu luang Anda berkurang, namun Anda bisa mempunyai uang dari hasil keringat sendiri.

Anda bisa memulai dengan pekerjaan ringan, seperti menjadi pelayan kafe, penjaga toko baju, bahkan bila Anda mempunyai bakat menulis, Anda dapat bekerja sebagai penulis artikel di dunia maya.

8.       Memasak

Berikutnya adalah memasak, supaya bisa lebih hemat uang kiriman dari orang tua. Anda bisa memasak makanan sendiri, selain membuat uang jajan menjadi terjaga, Anda juga dapat makan sepuasnya bila memasak makanan sendiri. Apabila rumah kosan Anda tidak menyediakan peralatan dapur untuk memasak, Anda masih bisa menggunakan rice cooker yang Anda miliki. Selain bisa digunakan untuk masak nasi, Anda juga dapat memasak mie instan, telur dan nasi goreng.

Related Posts