Usaha Mikro Kecil dan Menengah atau yang biasa dikenal dengan sebutan UMKM, dari tahun ke tahun semakin bertambah jumlahnya. Itu semua didasari oleh semakin banyaknya masyarakat yang ingin merambah ke dunia bisnis. UMKM yang terus berkembang sekarang ini juga telah ikut membantu pertumbuhan ekonomi Indonesia.
Melihat perkembangan dan jumlahnya yang kemungkinan akan terus meningkat, persaingan antar pelaku UMKM pun semakin ketat. Maka dari itu, dibutuhkan kreativitas para pelaku UMKM dalam memasarkan produknya agar dapat terus bertahan. Salah satunya yaitu dengan menentukan konsep pemasaran yang tepat.
Apa Itu Konsep Pemasaran?
Konsep pemasaran adalah seluruh rangkaian kegiatan yang dilakukan perusahaan dengan tujuan untuk memasarkan produk. Konsep pemasaran ini dijadikan acuan oleh perusahaan untuk dapat memperoleh keuntungan secara maksimal dan mampu bersaing dengan tetap memperhatikan kebutuhan pasar.
Jadi, dapat disimpulkan bahwa konsep pemasaran merupakan dasar pemikiran yang digunakan perusahaan untuk mengenalkan produknya dengan tetap memperhatikan adakah manfaat yang akan didapatkan oleh konsumen atau pasar. Perhatian perusahaan pada konsumen harus didasari dari ketiga hal yaitu :
1. Kebutuhan (Needs)
Suatu keadaan yang bersifat mendasar, mendesak dan harus dipenuhi. Jika tidak dapat terpenuhi akan timbul dampak yang cukup buruk bahkan mematikan. Dapat bersifat obyektif atau fisiologis yaitu kebutuhan makan, pakaian dan tempat tinggal. Dan juga dapat berisfat subyektif atau psikologis yaitu kebutuhan mendapatkan rasa aman, harga diri, dan aktualisasi diri.
2. Keinginan (Wants)
Hasrat yang timbul dari seseorang terhadap sesuatu hal namun sifatnya tidak mendasar dan mendesak. Jadi, jika tidak terpenuhi tidak akan membahayakan dirinya dan siapa pun. Misalnya keinginan untuk memiliki gadget model terbaru atau berlibur ke luar negeri.
3. Permintaan (Demands)
Gabungan dari kebutuhan dan keinginan seseorang pada suatu barang maupun jasa, yang berpotensi menjadi tuntutan ekonomi.
Empat Cara Menentukan Konsep Pemasaran Bagi UMKM
Banyak pelaku UMKM yang merasa tidak perlu menerapkan konsep pemasaran dalam menjalankan usahanya. Alasan yang sering membuat mereka ragu yaitu karena kurang pengetahuan untuk menentukan konsep pemasaran yang tepat. Di bawah ini kami berikan cara-cara yang efektif yang dapat diterapkan oleh para pelaku UMKM.
1. Knowing Your Product Atau Mengenali Produk Anda
Cara yang pertama yang harus dilakukan yaitu dengan mengenali produk yang akan dijual. Mengapa seseorang mau menggunakan produk Anda ? Manfaat apa saja yang diperoleh dari produk Anda ? Pastikan produk Anda unggul dan berkualitas sehingga akan menjadi pertimbangan bagi konsumen untuk menggunakannya.
Banyak faktor yang membuat konsumen tertarik pada produk Anda, antara lain yaitu harga terjangkau, kegunaan, serta tampilan produk atau desain kemasan. Dengan mengenali produk yang akan ditawarkan ke konsumen, baik itu berupa barang maupun jasa membuat Anda lebih mudah menentukan konsep pemasaran yang sesuai untuk produk tersebut.
2. Tentukan Target Pasar
Sebelum memasarkan produk, Anda harus menentukan target pasar Anda. Karena Anda akan lebih fokus untuk memasarkan produk Anda sesuai dengan segmentasi pasar yang sudah ditentukan. Dalam hal ini, Anda dapat menentukannya berdasarkan :
- Demografis : usia, gender, pendidikan, pekerjaan, agama
- Geografis : kota, daerah, negara
- Psikografis : gaya hidup, status sosial, dan karakteristik personal
- Tingkah Laku : respon atau pengetahuan terhadap produk
Sebagai contoh, jika produk Anda menyasar kalangan generasi milenial, maka Anda dapat memasarkannya melalui media sosial dengan konsep pemasaran yang lebih masa kini. Anda dapat menentukan target pasar melalui berbagai riset atau memanfaatkan marketing tools seperti Google Trends, Google Analytics, dan beberapa tool lainnya.
3. Menganalisa Kompetitor
Cara berikutnya yaitu dengan menganalisa para pesaing atau kompetitor Anda. Cermati keunggulan serta kelemahan yang mereka miliki mulai dari segi harga, fitur produk, hingga after sales yang ditawarkan. Meskipun produk yang dijual sama namun jika Anda memiliki cara yang tepat untuk memasarkannya, maka peluang Anda menarik lebih banyak konsumen akan semakin besar.
4. Memilih Sarana Atau Media Untuk Promosi
Untuk dapat menentukan konsep pemasaran yang tepat, hal yang mesti dilakukan berikutnya yaitu memilih sarana promosi. Pilihlah sarana yang disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda. Hal ini dapat dilakukan dengan melihat karakter pada konsumen yang sudah ditargetkan.
Setelah melalui keempat cara tersebut, Anda sudah dapat menentukan konsep pemasaran yang tepat bagi bisnis yang dijalankan. Namun konsep pemasaran yang tepat tergantung dari tujuan bisnis Anda dan siapa yang ditargetkan. Karena seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa untuk menerapkan konsep pemasaran harus memperhatikan kebutuhan konsumen terlebih dahulu. Mulailah untuk menerapkannya secara hati-hati dan segera evaluasi jika tidak ada perubahan.