Home Administrasi Cara Mendapatkan EFIN Pajak, Ini Fungsinya!

Cara Mendapatkan EFIN Pajak, Ini Fungsinya!

by Greg Pascal
efin pajak

Pelaporan pajak tahunan adalah kewajiban bagi wajib pajak. Laporan pajak tersebut kini dipermudah pelaporannya karena dapat dilakukan secara online. Hal yang Anda butuhkan untuk SPT Tahunan online tersebut adalah EFIN Pajak.

Untuk Anda yang belum pernah melaporkan pajak tahunan, EFIN adalah singkatan dari Electronic Filing Identification Number atau merupakan nomor identitas yang diterbitkan oleh Ditjen Pajak untuk melakukan berbagai transaksi online yang menyangkut perpajakan. 

EFIN dibutuhkan dalam proses seperti SPT dan pembuatan kode billing pembayaran pajak sehingga  penting untuk dimiliki dan juga Anda simpan. EFIN Pajak dapat diperoleh dengan mudah dengan dua cara yakni melalui situs resmi Dirjen Pajak dan Whatsapp.

Cara mendapatkan EFIN

Berikut cara untuk mendapatkan EFIN secara online dengan mudah.

Melalui Situs Dirjen Pajak

  1. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan mengunjungi efin.pajak.go.id
  2. Siapkan nomor NPWP Anda
  3. Siapkan KTP dan NIK yang sesuai dengan NPWP dan juga sesuai dengan dukcapil. Apabila ada perbedaan maka proses akan dihentikan dan Anda harus terlebih dahulu mengurus perbaikan data Anda.
  4. Isi formulir yang ada sesuai dengan data pribadi Anda dan juga yang tertera pada KTP yang sesuai dengan Dukcapil.
  5. Berikan akses kamera saat pembuktian. Sebagai tips, apabila saat Anda berfoto di Dukcapil tidak menggunakan kacamata, maka saat pembuktian ini baiknya juga Anda tidak menggunakan kacamata. Hal ini dilakukan agar pembuktian dapat terproses dengan cepat.
  6. Apabila pengajuan EFIN Anda disetujui, maka Anda akan mendapatkan email yang sudah Anda daftarkan sebelumnya di Dirjen Pajak.
  7. Dalam email tersebut Anda akan mendapatkan sebuah file dengan format PDF yang terproteksi dengan password. Cara untuk membukanya adalah dengan memasukan 6 angka dari nomor ke 3 hingga ke 9 dari NPWP Anda. 

Sebagai contoh, apabila NPWP Anda adalah 05.988.919.0-429.000 maka password yang harus Anda ketikkan adalah 988919. 

Melalui Email

  1. Buka email yang sesuai dengan email yang Anda daftarkan kemudian buat pesan email baru
  2. Pada kolom tujuan, isikan kolom alamat email sesuai dengan alamat email dari kantor pajak Anda mendaftarkan NPWP. Kunjungi situs pajak.go.id/unit-kerja untuk melihat daftar alamat email kantor pajak.
  3. Pada kolom Subject, isi kolom dengan kalimat “PERMINTAAN NOMOR EFIN”
  4. Kemudian pada kolom pesan email, tulis data berikut:
    • Nomor NPWP
    • nama lengkap
    • nomor KTP
    • alamat tempat tinggal
    • nomor handphone
  1. Selain itu Anda juga harus menyertakan lampiran atau attachment berupa foto diri atau selfie dengan memegang KTP dan kartu NPWP
  2. Kirim pesan email tersebut

Apabila permohonan Anda berhasil, maka Anda akan menerima email dari kantor pajak dengan berisikan nomor EFIN dalam bentuk dokumen PDF. Untuk cara membukanya sama dengan password dari 6 angka NPWP Anda.

efin pajak

Baca Artikel Selanjutnya :

Cara Mengetahui Nomor EFIN Jika Anda Lupa

Ada beberapa cara untuk mengetahui nomor EFIN apabila Anda lupa EFIN Pajak. Cara yang pertama sangat mudah yakni mencari berkas dokumen PDF berisi nomor EFIN dan kembali membukanya dengan 6 angka NPWP. 

Sedangkan bila Anda tidak dapat menemukan berkas PDF tersebut, Anda bisa mencoba langkah berikut:

1. Menelpon Kantor Pajak Dimana Anda Membuat NPWP

Cara selanjutnya untuk Anda mengetahui nomor EFIN adalah dengan menelpon kantor pajak dimana Anda membuat NPWP. Untuk mengetahui nomornya, Anda bisa mengunjungi https://pajak.go.id/unit-kerja. 

Saat pengajuan, petugas akan melakukan Proof of Record Ownership (PORO) yang mana apabila Anda benar pemiliknya maka Anda akan dengan mudah menyelesaikannya.

2. Melalui Email

Anda juga bisa melakukan permohonan lupa EFIN melalui email yang dikirimkan dengan menyertakan data berikut.

  1. File 1: Formulir Permohonan EFIN. Unduh formulir permohonan EFIN di https://www.pajak.go.id/id/formulir-permohonan-EFIN, cetak, isi kemudian scan. Berikan centang pada jenis permohonan cetak ulang. Pastikan nomor telepon dan alamat email wajib pajak yang ditulis di formulir masih aktif.
  2. File 2: Foto identitas (KTP bagi WNI, KITAP/KITAS bagi WNA)
  3. File 3: Foto Surat Keterangan Terdaftar (SKT) atau NPWP
  4. File 4: Swafoto/selfie dengan memegang KTP dan kartu NPWP

Petugas akan melakukan pengecekan kembali dan apabila sudah sesuai ketentuan, Anda akan menerima berkas dokumen PDF berisi nomor EFIN yang dapat dibuka dengan memakai 6 nomor NPWP.

3. Melalui Kring Pajak

Selain dua cara di atas, Anda juga bisa meminta informasi mengenai lupa EFIN pajak dengan menghubungi layanan Kring Pajak. Layanan tersebut dapat Anda hubungi dengan cara ebagai berikut:

  1. Menelpon ke 1500200 Senin – Jumat pukul 08.00-16.00 WIB
  2. Menghubungi Twitter @kring_pajak 
  3. Atau mengirim pesan melalui live chat di www.pajak.go.id pada Senin – Jumat pukul 08.00-16.00 WIB

Sebelum menghubungi salah satu dari layanan Kring Pajak, Anda harus menyiapkan beberapa data yakni NPWP, nama, alamat, nomor handphone, dan alamat email yang didaftarkan.

Itulah informasi lengkap mengenai EFIN Pajak mulai dari bagaimana cara mendapatkannya hingga apa yang harus Anda lakukan apabila lupa nomor EFIN nya. Semoga artikel ini bermanfaat, jangan lupa untuk selalu taat membayar pajak.

Related Posts