Home Tips Cara Mendaftar TikTok Shop dan Tips Berjualan

Cara Mendaftar TikTok Shop dan Tips Berjualan

by Lara Nifa
daftar tiktok shop

Banyak pemilik akun TikTok yang mempertanyakan perihal cara mendaftar pada fitur TikTok shop yang merupakan fasilitas baru bagi pengguna untuk berjualan dan membeli produk-produk yang mereka butuhkan dengan sistem yang terbilang mudah.

Setelah berhasil mengantongi predikat aplikasi media sosial terpopuler di tahun 2021, platform ini terus menerus membenahi diri dengan menyediakan beragam fitur dan tentunya menjadi andalan. Salah satunya adalah fitur TikTok shop.

Fitur ini tidak hanya memberikan keuntungan bagi pihak TikTok, tetapi juga pada pemilik akun yang mempunyai bisnis online shop, serta pengguna lain yang memang lebih nyaman berbelanja secara online. Apalagi TikTok shop seringkali memberikan promo gratis ongkir.

Cara untuk mendaftar TikTok shop

Bagi Anda yang memang tertarik untuk mengaktifkan fitur TikTok shop, tidak perlu merasa khawatir karena untuk bisa memiliki toko online di aplikasi ini sangat mudah. Anda hanya harus melakukan beberapa hal saja dan tidak memerlukan syarat rumit, berikut adalah langkah-langkahnya :

Buka Situs TikTok Shop

Untuk langkah pertama, Anda membutuhkan akses langsung ke aplikasi dan masuk pada bagian TikTok shop. Anda bisa menggunakan smartphone dan juga desktop, silahkan pilih salah satunya yang menurut Anda lebih mudah serta pastikan jaringan internet stabil.

Bila Anda memilih untuk menggunakan desktop, disarankan memakai browser google chrome, FireFox atau UC Browser supaya lebih mudah ketika akan mengakses TikTok. Namun, sekali lagi pastikan bila internet Anda stabil.

Masuklah ke akun

Apabila telah masuk pada website TikTok shop, selanjutnya adalah log-in atau bila belum memiliki akun Anda bisa membuatnya terlebih dahulu. Tetapi bisa juga membuat akun baru khusus untuk tiktok shop, jadi akun pribadi dan bisnis dibuat terpisah.

Namun, memang banyak sekali orang yang lebih memilih untuk menjadikan satu akunnya dengan alasan akun utama sudah mempunyai banyak follower yang jumlah telah mencapai ribuan. Jadi, semua kembali kepada pilihan Anda.

Lengkapi Otorisasi

Selanjutnya yang harus dilakukan adalah melengkapi otorisasi mengikuti ketentuan yang telah ditetapkan. Pahami terlebih dahulu semua point pada bagian ini, jangan pernah melewatkan point-pointnya.

Setelah Anda membaca dan memahami segala ketentuan yang diberikan mengenai layanan toko Tiktok ini. Khususnya pada point menyambungkan dengan akun media sosial lain, misalnya FB serta IG. Jika Anda merasa telah paham, selanjutnya klik otoritasi secara benar.

Lakukan Verifikasi

Bila telah selesai melakukan otorisasi, selanjutnya Anda harus melakukan verifikasi email. Masukan alamat email Anda, bila sebelumnya Anda memilih untuk menggunakan akun yang sama. Maka masukkan kembali email yang sudah didaftarkan tersebut.

Setelah memasukkan email, selanjutnya pilih kode verifikasi di bagian bawah. Kemudian beralihlah pada halaman email dan cek inbox, bila ada surel dari tiktok yang berisikan kode verifikasi, copy dan paste pada TikTok di kolom yang disediakan.

Akun toko TikTok berhasil dibuat

Selanjutnya bila sudah berhasil diverifikasi, akan muncul tulisan selamat akun sudah berhasil dibuat. Jika sudah seperti itu, menandakan Anda bisa memulai untuk menjual produk.

Edit toko TikTok 

Bila telah berhasil dibuat, langkah berikutnya adalah mengedit akun. Silahkan melanjutkan dengan mengisi informasi mengenai produk, upload foto-foto produk, mengisi alamat dan lain sebagainya.

Tampilan dari TikTok shop ini jelas memiliki perbedaan bila dibandingkan dengan akun pada umumnya. Karena ada kolom untuk menambahkan produk dan memberikan info tentang harga serta manfaatnya. Anda juga dapat mempromosikan barang tersebut di kolom yang bertuliskan promosi.

Selesai

Ketika semua tahapan telah Anda selesaikan, maka proses pembuatan akun toko TikTok telah selesai. Anda sudah dapat memulai memasarkan produk-produk jualan Anda dengan nyaman.

Rajin-rajinlah untuk mengupload video mengenai manfaat, testimoni, video packing dan segala konten yang berhubungan dengan produk jualan Anda secara berkala. Supaya para pengguna lain tahu bila Anda memang penjual yang amanah dan memperoleh review bagus.

Tips berjualan di TikTok shop

Berikut dibawah ini adalah tips berjualan di TikTok Shop agar ramai :

  • Mengubah akun pribadi menjadi akun bisnis atau Anda bisa membuat akun baru khusus untuk berjualan.
  • Selalu berikan konten-konten yang unik dan menarik para calon konsumen.
  • Gunakan seluruh fitur yang disediakan oleh TikTok secara maksimal.
  • Buatlah caption yang menarik, singkat, padat dan jelas. Karena terkadang bila caption terlalu panjang, pengunjung malas membacanya.
  • Menambahkan hastag (#) pada caption juga bisa membantu para calon konsumen untuk mudah menemukan barang yang mereka butuhkan.
  • Postinglah konten-konten Anda secara berkala, tidak harus di waktu-waktu tertentu yang penting konsisten. Namun, jangan terlalu sering juga, berikanlah jeda setidaknya tiga jam sekali.
  • Pasang iklan, berikut adalah beberapa kategori iklan yang disediakan oleh TikTok Ads :
  • Pre-roll, merupakan iklan yang muncul tiap kali pengguna masuk dan membuka aplikasi.
  • In-feed, merupakan iklan yang akan mucul ketika pengguna men-scroll feed mereka.

Nah, demikianlah cara agar Anda dapat membuat akun TikTok Shop dan tips berjualan supaya ramai pembeli. 

Related Posts