Cara Mendaftar IG Shopping Supaya Disetujui

Ternyata masih banyak yang bingung dengan bagaimana caranya membuat IG shopping Indonesia, karena mayoritas dari pengguna platform ini selalu gagal ketika mencoba untuk mengaktifkannya. Namun,

Lara Nifa

[addtoany]

daftar ig

Ternyata masih banyak yang bingung dengan bagaimana caranya membuat IG shopping Indonesia, karena mayoritas dari pengguna platform ini selalu gagal ketika mencoba untuk mengaktifkannya. Namun, kali ini Anda tidak perlu lagi merasa bingung, karena kita akan membahas dan memberitahukan caranya dengan lengkap, dijamin permintaan Anda tidak akan gagal lagi.

Apa yang dimaksud dengan IG Shopping?

IG shopping merupakan fitur yang membantu customer untuk mengetahui harga dari sebuah produk yang dijual melalui sosial media instagram, konsumen bisa langsung belanja tanpa harus berkunjung ke situs tertentu. 

Bila ditanya mengenai manfaat dari instagram shopping dan mengapa banyak yang ingin mengaktifkannya? Karena fitur IG shopping ini bila diibaratkan seperti etalase, bedanya ini digital dan bisa langsung dipilih sesuai keinginan konsumen.

Instagram Shopping merupakan fitur yang membantu customer untuk mengetahui harga dari barang yang dijual melalui IG secara langsung dan tidak perlu berkunjung ke situs. Konsumen bisa langsung melihat harga produk.

Manfaat dari IG Shopping

Berikut dibawah ini adalah beberapa manfaat yang bisa didapatkan ketika menggunakan fitur IG Shopping :

  1. Bisa menjangkau konsumen dari berbagai kalangan dan wilayah, bahkan hingga luar negeri.
  2. Membantu konsumen agar mereka lebih mudah membeli barang yang dibutuhkan.
  3. Dapat membantu Anda dan konsumen berkomunikasi dengan baik.
  4. Sebagai sebuah wadah untuk mempromosikan produk.

Cara Membuat IG Shopping

Pada dasarnya memang tidak semua yang memiliki akun instagram bisa mengaktifkan fitur ini, karenanya silahkan simak beberapa persyaratan berikut ini :

1. Mengkonfirmasikan kelayakan bisnis

Amda harus memastikan, bila produk yang dijual memang memenuhi syarat. Kemudian barang diperjualbelikan harus mempunyai bentuk fisik dan bukan berupa layanan atau jasa. Hal ini bertujuan agar photo dari produk bisa diberi label (tag) harga ketika telah disetujui oleh pihak IG Shopping.

Kemudian bila bisnis Anda menaati Perjanjian Pelapak serta Kebijakan Perdagangan sesuai yang telah ditentukan pihak Facebook sebagai perusahaan utama dari Instagram. Jadi, pastikan bila Anda memenuhi semua peraturan yang ada.

2. Ubahlah akun menjadi bisnis

Selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah mengubah akun pribadi menjadi bisnis lebih dulu. Untuk merubahnya, Anda bisa masuk ke menu pengaturan melalui aplikasi instagram Anda. Setelahnya, silahkan menambahkan informasi seputar bisnis yang dimiliki.

Misalnya jam berapa toko buka, nomor yang bisa dihubungi, alamat tempat bisnis serta link website bila Anda memilikinya. Untuk kategori, Anda bisa memilih shopping and retail supaya memperlihatkan pada calon pelanggan bila Anda benar menjual produk yang nyata. Kemudian ada baiknya menghindari kategori brand, shopping service atau lainnya.

3. Buat akun IG terhubung dengan Facebook

Jangan lupa untuk menyambungkan akun IG ke FB dengan cara buka profil, kemudian pilihlah setting, selanjutnya account center, lalu hubungkan dengan facebook page yang dimiliki. Bila belum punya, Anda bisa membuatnya terlebih dahulu.

Rutin mengupload foto produk

Apabila telah melakukan semua langkah sebelumnya dan telah terpenuhi, Anda harus mengupload katalog dari produk-produk yang Anda miliki. Berikut adalah beberapa cara yang bisa digunakan :

  • Diunggah secara manual.
  • Memanfaatkan file CSV.
  • Menggunakan Pixel.

5. Memverifikasi Domain

Ini sangat diperlukan guna membuktikan bila domain yang Anda gunakan untuk website memang merupakan milik Anda, langkah ini memang harus dilakukan pada pengaturan bisnis FB dan memiliki tiga cara, yakni HTML file, DNS verification, serta Meta tag. 

6. Buatlah FB Shop pada Commerce Manager

Untuk langkah yang satu ini jangan sampai terlewat, karena FB Shop pada commerce manager memiliki fungsi untuk menghubungkan situs website Anda dengan FB dan juga IG. Jangan lupa juga bahwa Anda harus sebagai admin pada pengelola bisnis di FB.

Cara pembuatan hanya dengan membuka page commerce manager, kemudian klik pada tulisan Buat Toko. Ketika membuat ini Anda harus menggunakan dekstop supaya lebih mudah dan cepat.

7. Ajukan Peninjauan

Apabila semua step di atas telah dilakukan, selanjutnya pihak IG akan melakukan peninjauan pada akun instagram Anda. Dimana prosesnya bisa cepat, namun bukan tidak mungkin akan memakan waktu agak lama. 

Bila permohonan IG Shopping telah disetujui, Anda akan bisa melihat ikon view shop di profile. Berikut langkah yang bisa Anda lakukan :

  • Buka akun IG Anda
  • Klik pada bagian pengaturan
  • Kemudian pilih bisnis
  • Klik  di bagian “Siapkan IG Shopping”, kemudian silahkan ikuti langkah selanjutnya.
  • Kemudian, hasil IG Shopping nantinya akan muncul pada notifikasi akun Anda.

Jika semua syarat sudah terpenuhi, selanjutnya tinggal menjalankannya. Konsisten merupakan kunci utama bila Anda ingin memiliki bisnis online, selanjutnya jangan lupa untuk berdoa. Karena bagaimanapun meminta restu pada Tuhan merupakan hal utama agar apapun yang sedang dikerjakan selalu berjalan dengan lancar dan bisa meraih kesuksesan.

 

Related Post