Home Bisnis dan Usaha Cara Mencari Nama Usaha yang Tepat dan Mudah Dikenali

Cara Mencari Nama Usaha yang Tepat dan Mudah Dikenali

by Lara Nifa

Nama usaha merupakan sebuah hal yang sangat penting saat ingin membuat bisnis. Walaupun kelihatannya sepele, tetapi kenyataannya membuat satu nama bisnis yang baru tidak semudah yang Anda kira. Pada dunia bisnis, mulai dari offline maupun online, nama bisnis diyakini mempunyai kekuatan magic guna menguatkan brand-nya di mata masyarakat. 

 

Nama bisnis yang Anda pilih tersebut nantinya bisa menjadi sebuah nama perusahaan dan berlaku secara hukum serta sebagai tanda pengenal jasa atau produk yang Anda miliki untuk ditawarkan kepada konsumen. Saat Anda memilih nama untuk usaha, penting sekali untuk memikirkan nama untuk merek produk atau jasa dan domain bila Anda ingin membuat situs. 

 

Ketepatan pada pemberian nama usaha dapat memberikan dampak besar untuk keberhasilan bisnis Anda. Jika nama yang digunakan tidak tepat, dapat mengakibatkan gagalnya bisnis Anda terhubung dengan para konsumen. Untuk Anda yang ingin membangun bisnis, mari simak cara membuat nama untuk bisnis Anda berikut ini. 

Cara Menentukan Nama Usaha yang Tepat

Sebenarnya terdapat cara yang mudah supaya Anda tidak perlu berpikir keras lagi untuk menentukan nama usaha yang tepat. Apabila terdapat modal lebih, Anda dapat memakai jasa agensi untuk memberikan opsi nama yang baru, keren dan mudah dikenali. 

 

Tetapi, tidak ada salahnya jika Anda ingin membuat nama usaha sendiri. Terdapat beberapa tips yang dapat Anda lakukan saat menentukan nama untuk usaha yang akan Anda rintis seperti di bawah ini. 

  • Hindari nama yang rumit 

Gunakan nama yang sudah jelas, mudah dikenali dan memiliki kekuatan untuk membantu mengenalkan produk atau jasa yang Anda tawarkan nantinya. Supaya konsumen mudah mengenali dan mengucapkan, ada baiknya Anda menghindari nama yang sulit untuk diucapkan. Gunakan nama yang mudah dan sederhana. 

 

Dengan demikian, konsumen dan calon pelanggan Anda nantinya mudah untuk mencari bisnis Anda melalui internet. Selain itu, untuk menghindari salah pengucapan dari pelanggan. Pastinya Anda tidak ingin jika harus mengoreksi kesalahan pengucapan, bukan? 

  • Gunakan akronim 

Saat ini banyak perusahaan besar yang menggunakan nama bisnis dari akronim daripada nama asli dari pemilik. Mengapa demikian? Sebab lebih mudah untuk diingat. Contohnya, IKEA yang merupakan sekumpulan kata dari nama pemiliknya. 

  • Nama yang memiliki arti 

Idealnya nama usaha yang bagus yaitu yang memiliki arti positif dan bisa menjelaskan usaha yang sedang Anda jalankan. Contohnya Kebab Baba Rafi, yang pastinya usaha tersebut menjual makanan yang berasal dari Timur Tengah. 

 

Carilah nama yang memiliki arti positif karena dengan menggunakan nama yang memiliki arti positif sama artinya dengan doa supaya bisnis Anda sukses. Jangan menggunakan nama dengan konotasi negatif. Pada umumnya, kata dengan konotasi negatif lebih mudah hilang atau mudah untuk dilupakan. 

  • Penggabungan kata 

Untuk menentukan nama untuk bisnis Anda, tidak harus menggunakan kata formal. Belakangan ini, semakin banyak startup dan mayoritas mereka menggunakan nama bisnis yang mudah dan simple serta hanya terdiri maksimal dua kata saja. Cobalah gunakan dua atau tiga kata yang mencerminkan diri Anda maupun perusahaan dan gabungkan menjadi satu kata. 

  • Gunakan nama pribadi atau keluarga

Ide lain yang dapat Anda gunakan untuk membuat nama yaitu dengan memakai nama keluarga. Dengan menggunakan nama keluarga di bisnis Anda, ini menunjukkan jika Anda adalah orang yang percaya diri. Selain itu, memakai nama keluarga dapat menjadi motivasi tambahan untuk bekerja lebih giat lagi. Sebab ini menyangkut kepada nama baik keluarga Anda. 

  • Bisa membuat brand awareness

Bagian yang paling penting dan tidak boleh Anda lupakan ketika memilih nama perusahaan yaitu branding. Perhitungan secara matang saat memilih nama. Sebab nama bisnis Anda dapat membantu proses brand awareness dan strategi branding. 

 

Oleh karena itu, jika strategi branding sukses, maka kemungkinan besar produk yang Anda tawarkan bisa dikenal banyak orang. Karena kecenderungan masyarakat sekarang ketika memilih produk yaitu nama produk yang familiar. 

  • Hindari memakai kata vulgar atau angka 

Supaya bisa diingat oleh masyarakat, Anda memang wajib menggunakan nama-nama unik dan tidak banyak yang menggunakannya. Namun, tidak berarti harus menyimpang dan berbeda dari aturan. Pemakaian angka di tengah-tengah kata tidaklah menjadi ide yang tepat. 

 

Niat Anda ingin berbeda dari perusahaan yang lain. Namun, Anda malah mendapatkan image yang buruk. Supaya hal tersebut tidak menimpa Anda, maka hindarilah penggunaan angka dan kata-kata yang vulgar. 

  • Pakai huruf latin 

Hal berikutnya yang harus Anda perhatikan saat memilih nama usaha yang baik disarankan untuk memakai huruf latin. Jangan memakai huruf-huruf bahasa asing. Seperti Anda ingin membuka usaha pakaian muslim. Anda tidak perlu memberikan nama menggunakan huruf Arab, karena tidak semua orang bisa mengerti pelafalannya. 

 

Demikianlah ulasan mengenai cara memberi nama usaha yang tepat dan mudah diingat. Jangan lupa untuk memperhatikan poin-poin di atas dan semoga informasi tersebut berguna untuk Anda. Selamat mencoba!

Related Posts