Cara Menambah Kas Bisnis di Masa Krisis

Di masa pandemic ini,  sudah banyak usaha yang terpaksa ditutup karena tidak  bisa lagi mendapatkan keuntungan atau laba dan terus merugi karena tidak bisa beroperasi dengan normal. Sejak tiga tahun ini banyak perusahaan dan pengusaha baik skala kecil maupun yang sudah besar sekalipun terpaksa bertumbangan  karena tidak lagi menjalankan usaha  dengan sehat dan baik lagi. Adapun yang bertahan harus berjuang mati matian untuk dapat tetap menjalankan operasional usaha walau dengan keuntungan yang  menurun dengan  tajam.

Sekarang di masa pandemic yang sudah mulai  mereda dengan longgarnya PPKM, para pengusaha bisa sedikit bernafas lega karena pelan pelan cash flow keuangan mulai stabil.  Para pengusaha sudah bisa melakukan kegiatan operasional seperti biasa dan  pasar pun mulai  bergairah karena banyak masyarakat juga mulai stabil keadaan ekonomi nya sehingga bisa lagi untuk melakukan pembelian  yang didukung juga mobilitas yang sudah bisa berjalan dengan normal lagi meski tetap mengedepankan protokol kesehatan secara ketat.

di masa inilah  mereka harus mulai berbenah sebagai langkah antisipasi karena mas pandemi yang belum berakhir. Pandemi sewaktu waktu bisa mengancam kestabilan jalan lahya usaha jika lonjakan kasus covid mengingkat lagi dan terpaksa menjalankan lagi PPKM yang sudah barang tentu akan sangat merugikan bagi para pengusaha.

Untuk itulah para pengusaha terutama UMKM atau pemilik usaha kecil perlu untuk memperhatikan keadaan kesehatan usahanya agar dapat bertahan di masa kritis nanti.

Kelola Kas Bisnis di Masa Krisis

  1. Kenali produk dan menghemat biaya produksi

Meski pandemic sudah mulai mereda dan kegiatan produksi sudah bisa dilakukan dengan biasa seperti sebelum masa pandemic, tapi tentu saja keadaannya akan sedikit berbeda sekarang. Untuk itulah perlu ditinjau ulang mengenai produk yang selama ini diproduksi, apakah dengan biaya produksi yang sudah ditetapkan sebelum masa pandemi/krisis itu masih bisa memberikan keuntungan jika produk dijual ke pasar apakah perlu dilakukan penyesuaian untuk biaya produksi produk usaha? Apakah dengan harga harga  bahan baku di masa pandemic ini  masih bisa memberikan keuntungan? Apakah harga jual yang  ditetapkan masih relevan? Untuk itulah demi menjaga agar arus kas masuk tetap sehat ada baiknya diadakan peninjauan lagi atau bahkan mungkin penyesuaian dari biaya produksi produk. Yang dimaksud dengan biaya produksi sendiri adalah serangkain biaya yang dikeluarkan untuk menghasilkan sebuah produk atau jasa yang akan dipasarkan. Biaya ini terdiri dari biaya pembelian bahan baku, biaya operasional, biaya karyawan dan lain lain. Coba perhatikan dari serangkain biaya yang dikeluarkan untuk memproduksi barang atau jasa tersebut mana yang kira kira bisa dihemat atau sedikit dipangkas tapi dengan tidak mengurangi kualitas produk barang atau jasa yang dihasilkan.

  1. Mengurangi pengeluaran pengeluaran yang tidak perlu dan bisa dipangkas

Setelah meninjau ulang biaya produksi dan mengadakan evaluasi untuk melakukan penghematan. Hal lain yang bisa dilakukan untuk menambah kas  bisnis atau usaha adalah dengan menekan pengeluaran pengeluaran yang  yang selama ini mungkin terasa biasa saja saat keadaan perusahaan sehat sehat saja sebelum masa krisis. Namun saat masa krisis, seorang pengusaha perlu meninjau lagi arus kas pengeluaran dan pemasukan di perusahaan agar  kas bisnis tetap terjaga dengan baik. Seorang pemilik usaha ataupun pengusaha perlu meninjau lagi secara laus sudahanya, perhatikan mana post post pengeluaran di perusahaan yang dirasa tidak perlu lagi atau ditekan di masa krisis untuk dilupakan. Dengan menekan pengeluaran maka kas bisnis atau usaha bisa tetap terjaga dengan baik atau bahkan bertambah.

  1. Menahan diri untuk ekspansi dan inventaris Bisnis

Pengemabgnan bisnis atau ekspansi usaha memang diperlukan agar usaha atau bisnis yang dijalankan akan dapat berkembang lagi dengan lebih baik dan lebih besar. Namun perlu diingat jika pengembangan usaha atau ekspansi bisnis ini memerlukan biaya yang cukup besar . Jika di masa krisis ini keadaan keuangan belum sepenuhnya stabil  hendaknya rencana ekspansi ditunda. Meskipun ada biaya  hendaknya ekspansi atau pengembangan usaha ini perlu dipikirkan dengan serius karena keadaan yang tidak menentu di amsa pandemic. Jangan sampai ekspansi yang dilakukan menjerumuskan perusahaan ke dalam kerugian saat masa krisis datang.

  1. Meningkatkan penjualan melalui promosi yang efektif

Cara untuk menambah kas bisnis paling penting adalah dengan meningkatkan pendapatan yang diperoleh melalui peningkatan penjualan produk , dan untuk meningkatkan penjualan produk tentu dibutuhkan promosi dan pemasaran yang baik dan efektif. Pikirkan dan pilih cara berpromosi yang sekiranya tidak mengeluarkan biaya yang banyak namun mampu mendatangkan banyak  konsumen untuk membeli produk atau jasa yang dijual. Di masa krisis seorang pengusaha atau pemilik usaha harus benar benar selalu aware dengan keadaan pasar dan masyarakat yang merupakan target pasar dari produk yang dijual, dengan memperhatikan keadaan masyarakat dengan  bisa memilih cara berpromosi yang tepat.


Posted

in

by