Home Tabungan Cara Menabung yang Unik dan Bikin Jadi Semangat Menabung

Cara Menabung yang Unik dan Bikin Jadi Semangat Menabung

by Lara Nifa

Semua orang pastinya akan sepakat, bahwa menabung merupakan satu cara yang efektif untuk menyimpan uang yang bisa digunakan dalam keadaan darurat. Namun, sayangnya kebiasaan baik ini cukup sulit untuk dilakukan oleh banyak orang yang memiliki hidup yang boros.

Cara Menabung Unik dan Bikin Semangat Menabung

Salah satu cara agar bisa menghindari boros, yaitu membiasakan diri dengan menabung setiap hari. Apabila sudah memiliki keinginan dan komitmen, maka hasrat untuk menggunakan uang tersebut dapat ditekan. Supaya lebih semangat, Anda bisa coba beberapa cara berikut ini :

Buat target menabung

Pertama, Anda dapat menentukan target, misalnya ingin melakukan wisata atau membeli kendaraan dengan cara menyisihkan uang atau menabung dengan target 20 juta hingga 30 juta dalam waktu 1 tahun. Dengan begitu akan lebih memotivasi Anda agar menjadi lebih giat untuk menabung. 

Tabungan dengan pecahan Rp 10.000,-

Cara menabung berikut ini terbilang unik dan akan membuat Anda menjadi bersemangat, yaitu dengan mengumpulkan uang dalam pecahan Rp 10.000 pada dompet atau celengan khusus. Apabila memiliki sisa uang dengan pecahan tersebut, sebaiknya segera disisihkan. Tips menabung ini akan efektif jika Anda konsisten.

Menyisihkan uang saku

Bagi Anda yang masih berstatus pelajar, pasti juga ingin memiliki tabungan sendiri untuk membeli sesuatu. Nah, kalian bisa menyisihkan sedikit-sedikit uang jajan harian yang diberikan oleh orang tua. Misalnya, dalam sehari Anda mendapatkan uang jajan sebesar Rp 20.000, sisihkan sekitar Rp 2.000 hingga Rp 5.000 setiap harinya, hitung berapa yang bisa kalian dapat dalam sebulan.

Sedikit berkorban untuk hal yang benar-benar kalian inginkan bukanlah hal yang buruk kok. Kalian bisa membawa bekal makanan dari rumah, guna menekan pengeluaran. Bisa juga ketika berangkat sekolah meminta Ayah atau Ibu untuk mengantar, jadi uang saku kalian pasti akan ada sisa dan bisa ditabungkan.

Mengumpulkan koin

Banyak orang yang menganggap bila uang koin itu tidak berharga, padahal bila dikumpulkan dengan baik terkadang bisa menjadi penyelamat dikala butuh. Mulai sekarang, Anda bisa menabungkan uang-uang koin tersebut dengan menyimpannya dalam celengan atau dompet koin.

Jangan dibawa kemana-mana, karena pastinya akan menjadi beban di dalam tas. Taruh saja di sudut meja belajar, meja kerja, rak atau dalam lemari. Sedikit demi sedikit tentu akan menjadi banyak dan pastinya nominal yang terkumpul akan membuat Anda tersenyum ketika menghitungnya. 

Menabung ala orang Korea

Anda dapat menggunakan tempat atau wadah khusus untuk menabung, misalnya kalender saku. Setiap tanggal yang tertera pada kalender ini memiliki saku, bila Anda tergolong penerima saku atau gaji bulanan, silahkan membagi-baginya terlebih dahulu untuk kebutuhan prioritas setiap bulan.

Misalnya dalam satu hari Anda mendapat jatah uang sebesar Rp 50.000, maka Anda dapat memasukkan uang tersebut ke dalam saku pada tanggal kalender. Sisanya bisa disimpan ke tempat khusus untuk menabung.  Artinya, Anda hanya boleh membeli sesuatu dengan dana yang ada di dalam saku.

Apabila Anda termasuk penerima uang harian, maka Anda dapat menyisakan untuk dimasukkan ke dalam saku kalender. Selanjutnya Anda hanya harus melakukan evaluasi setiap akhir bulan guna menghitung berapa jumlah uang yang telah terkumpul. 

Cara menabung sendiri di rumah seperti ini sangat cocok bagi Anda yang berniat mengumpulkan uang dalam jumlah yang tidak terlalu banyak tiap bulannya, misalnya Rp 1.000.000 atau paling besar Rp 3.000.000. Namun, apabila ingin mendapatkan yang lebih besar, maka Anda harus menabung selama 3 bulan.

Aktifkan fitur potong saldo 

Anda juga dapat menabung dengan menggunakan cara mengaktifkan secara otomatis fitur potong saldo pada Internet Banking. Dengan opsi ini, uang penghasilan bulanan Anda akan otomatis tersisihkan dan tersimpan pada tabungan beberapa saat setelah gaji masuk ke rekening. Jadi, Anda tidak lagi perlu datang ke bank untuk menabung sebab semuanya telah ditransaksikan melalui smartphone.

Menabung dalam wadah transparan

Siapa yang menyangka jika menabung menggunakan toples transparan, hal ini dapat menjadi cara agar semangat untuk menabung dan telah terbukti efektif. Anda hanya perlu menggunakan toples bisa juga wadah kaca. 

Kenapa harus yang transparans atau tembus pandang? Karena biasanya dengan menggunakan wadah tersebut dapat mensugesti Anda agar terus melihat nominal uang yang sudah terkumpul setiap hari dan akan selalu menambahkan nominalnya sampai wadah tersebut penuh.

Demikianlah cara menabung unik yang dapat Anda lakukan di rumah. Dengan cara-cara unik tersebut, diharapkan membuat jadi lebih semangat serta bisa menabung dengan lebih konsisten. Serta menyadarkan diri sendiri, bila memiliki dana darurat itu merupakan hal yang penting agar ketika terjadi musibah Anda tidak lagi bingung harus mencari pinjaman kemana.

Related Posts