Home Tabungan Cara Menabung Emas di Pegadaian

Cara Menabung Emas di Pegadaian

by Lara Nifa
investasi emas

Menabung emas menjadi investasi paling aman di era digital untuk saat ini. emas adalah logam mulia yang jumlahnya sangat terbatas, jika dibanding dengan menabung uang di bank, menabung emas merupakan langkah terbaik yang bisa Anda lakukan, emas dengan kadar tinggi, nilai investasinya tidak akan menurun dan ketika Anda butuh untuk menjualnya pasti akan mendapatkan keuntungan lebih dari ketika membelinya.

Nilai jual-beli emas yang stabil bisa menjadi patokan kaum milenial yang memiliki finansial lebih dan sudah waktunya untuk memikirkan masa depan, maka dari itu harus tahu dimana menabung emas yang aman dan memiliki resiko kerugian sedikit. Nilai ekonomi emas sangat menggiurkan, bagaimana tidak? di kala pandemi sekarang ini, nilai jual-beli emas masih stabil merangkak naik sampai akhir tahun 2021 ini.

Manfaat menabung emas

Menabung emas menjadi salah satu aset penting untuk perekonomian di tengah kondisi pandemi seperti saat ini, penjualan dan pembelian emas memiliki kecenderungan lebih stabil daripada tabungan atau investasi lainnya, manfaat yang bisa Anda dapat ketika menabung emas, diuraikan dibawah ini:

  • Nilai investasi emas cenderung stabil dari waktu ke waktu, dikarenakan investasi emas memiliki permintaan dan penawaran yang pasti di pasaran. emas menjadi komoditi yang bisa untuk melengkapi gaya hidup seseorang dan juga ketika emas dengan nilai yang meningkat memberikan resiko untuk turunnya nilai emas menjadi lebih kecil. 
  • Emas bernilai fleksibel, karena emas mudah dicairkan dengan nominal uang tunai yang dibutuhkan seseorang. mencairkan emas menjadi uang tunai bisa dimana saja dan kapanpun ketika Anda butuh, karena hampir semua toko emas di indonesia menerima penjualan dan pembelian emas dari masyarakat.
  • Emas dapat diibaratkan sebagai uang berjalan, kenapa? karena emas jika dicairkan bisa menjadi dana darurat yang bisa digunakan sewaktu-waktu ketika ada kebutuhan mendadak.

Buka Tabungan emas di Pegadaian

Pegadaian memiliki program menabung emas dengan cara yang mudah dan nasabah tidak harus menabung dengan nominal yang cukup besar. Program layanan pegadaian mirip seperti menitipkan saldo uang yang dikumpulkan secara berkala dan nominal yang sudah nasabah tabung akan dihitung sesuai harga jual-beli emas yang berlaku saat ini.

Jadi setiap nasabah membuka tabungan emas di pegadaian makan saldo tersebut secara otomatis digunakan untuk membeli emas, berarti emas yang ada di pegadaian adalah emas yang dibeli nasabah menggunakan saldo yang di topup ke pegadaian.

Pegadaian merupakan salah satu perusahaan BUMN yang menaungi jual beli barang dan juga untuk masyarakat yang membutuhkan uang cepat bisa menggadaikan surat atau barang berharganya di Pegadaian. 

Syarat umum untuk membuka Tabungan emas di Pegadaian

Untuk membuka tabungan di Pegadaian sangat dipermudah, karena syarat-syarat yang diwajibkan merupakan hal yang setiap hari calon nasabah bawa, apa saja? simak uraian dibawah ini ya:

  • Surat Tanda Pengenal
    surat tanda pengenal yang dibutuhkan untuk registrasi seperti ktp,sim,paspor yang masih berlaku, lalu calon nasabah bisa mengisi formulir yang diberikan teller di kantor pegadaian.
  • Membayar biaya Administrasi
    Setelah mengisi formulir data diri, calon nasabah akan dikenakan biaya administrasi sebesar Rp 10 rb dan uang jaminan selama 12 bulan sebesar Rp 30rb saja.
  • Pembelian Pertama emas Pegadaian
    Langkah selanjutnya dan terakhir, calon nasabah akan mendapatkan buku tabungan emas pegadaian dan nasabah bisa membeli emas dengan minimal 0,01 gram melalui teller Pegadaian. Harga emas sudah ditetapkan oleh Pegadaian dan untuk nasabah yang kehilangan buku tabungan akan dikenakan denda sebagai pengganti buku tabungan tersebut.

Keuntungan Diberikan Pegadaian saat menabung Emas

Membuka tabungan emas di pegadaian merupakan pilihan menarik untuk masyarakat yang mungkin masih ada yang belum mengetahui investasi jangka panjang, lalu investasi melalui pegadaian adalah pilihan tepat untuk masyarakat menengah kebawah, dengan modal kecil sudah bisa investasi emas di perusahaan skala nasional dan resmi BUMN. Apa saja keuntungan yang didapat dari menabung emas di Pegadaian? berikut uraiannya:

  • Saldo yang anda masukkan kedalam tabungan emas lebih aman karena Pegadaian merupakan perusahaan milik pemerintah
  • Nilai ekonomi yang ditawarkan oleh pegadaian sangat menjangkau semua lapisan masyarakat, jadi punya uang 10 ribu saja bisa memiliki investasi emas di pegadaian dan juga untuk jual-belinya bisa menggunakan platform online.
  • Lokasi kantor Pegadaian mencakup seluruh indonesia, jadi untuk transaksi sangat dimudahkan. Tabungan emas ini juga bisa dicairkan secara tunai jika membutuhkan uang mendadak.

Itulah penjelasan bagaimana cara menabung emas di Pegadaian, sebelum mendaftar sebagai nasabah, alangkah baiknya untuk mencari tahu atau survei terbaru harga emas saat ini ya.

Related Posts