Home Bisnis dan Usaha Cara Memulai Usaha Sendiri di Rumah

Cara Memulai Usaha Sendiri di Rumah

by Lara Nifa
bisnis rumahan

Memilih usaha bukan menjadi pilihan yang mudah untuk yang memiliki financial menengah kebawah dan juga berbalik bagi orang yang memiliki finansial yang menengah ke atas tidak banyak yang mempunyai ide brilian untuk mencoba memulai bisnisnya dari mana dan dalam wujud apa.

Hal ini menjadikan masyarakat menengah kebawah untuk mencoba dari usaha atau bisnis kecil-kecilan dari Rumah. masyarakat menengah kebawah berharap dengan modal yang minim akan menghasilkan keuntungan yang lumayan besar.

Setelah mendapatkan ide untuk usaha, masyarakat menengah kebawah akan mulai berpikir apa saja yang harus dibelanjakan secara terperinci lalu dari mana saja peluang yang dapat mereka yakini akan membuat produk dijual secara cepat walaupun keuntungannya kecil di awal perjalanan usahanya.

Seiring kemajuan zaman, pengusaha kecil mempromosikan produk yang mereka jual dengan sosial media, karena untuk saat ini sosial media menjadi platform yang ampuh untuk menawarkan produk secara cepat dan tidak memakan banyak biaya untuk promosinya.

Usaha kecil untuk masyarakat menengah memiliki banyak macamnya dan dapat dijalankan dimanapun, peluang untuk mendapatkan keuntungan dari mempunyai usaha kecil-kecilan ini dan cepatnya perputaran uang di dalamnya, dari banyaknya macam usaha kecil-kecilan biasanya masyarakat menengah kebawah memilih untuk usaha yang banyak orang butuh dan cepat laku di pasaran.

Cara Memulai Usaha Sendiri Dirumah

Bisnis di rumah memang bisa menjadi pilihan yang baik bagi pemula, karena bisnis ini terlihat sangat mudah dan tidak terlalu memakan banyak modal, dengan berbekal niat dan gadget Anda bisa memulai bisnis sendiri dirumah, apa saja caranya? Bisa lihat uraian dibawah ini, ya

    • Membuat produk atau memikirkan jasa yang akan dijual
      langkah pertama ketika Anda ingin mencoba usaha sendiri dirumah adalah menentukan produk atau jasa jualan Anda. Bisa juga dengan riset pasar yang ramai saat ini atau jika Anda memiliki keahlian di suatu bidang bisa Anda maksimalkan dalam usaha dirumah ini, produk yang Anda jual bisa dengan memulai menawarkannya dari teman dan tetangga.
  • Membuat strategi Penjualan
    Cara selanjutnya adalah membuat strategi pemasaran produk yang Anda jual. Untuk pemasaran awal bisa menggunakan strategi tradsional seperti menawarkan ke teman, tetangga, upload di sosial media Anda pribadi. 
  • Mencoba Platform Online Shop Atau Marketplace
    cara selanjutnya dengan mendaftarkan diri ke dalam platform online seperti shopee, tokopedia, bukalapak, lazada dan sejenisnya.

    Pada usaha rumahan dengan mendaftarkan diri dengan platform online terbukti ampuh menjadi salah satu cara atau metode yang banyak sekali digunakan ketika usahanya hanya dirumah saja, Anda tinggal sering upload produk yang dijual secara menarik dan tinggal tunggu orderannya datang.  
  • Membuat Konten Produk Menarik
    Dengan konten yang menarik, Anda akan semakin percaya diri dalam melakukan pemasaran produk yang dijual, variasikan konten Anda supaya berbeda dengan penjual-penjual lainnya. 
  • Membuat Promo di Moment tertentu
    langkah terakhir yang bisa Anda coba adalah dengan memberikan promo untuk calon konsumen. Hal ini biasanya digunakan pada moment tertentu, seperti hari ulang tahun, tanggal cantik, hari pahlawan dan hari- hari besar lainnya. Misalnya promo 12/12, promo hari belanja online nasional, promo kemerdekaan, promo lebaran dan sebagainya.

Jika Anda ingin mencoba menjadi pengusaha dirumah dengan modal sedikit bisa mencoba usaha yang diuraikan dibawah ini,

  • Usaha Menjual Pulsa
    Penjualan pulsa juga riskan akan kebangkrutan, karena banyaknya pesaing dan adanya konsumen yang sering cash bon. Jadi Anda harus bisa secara tertib untuk pengelolaannya
  • Usaha Menjual Gorengan
    Walaupun sudah banyak menjamur penjual gorengan akan tetapi jika Anda memberikan kualitas dan rasa yang enak, maka gorengan yang Anda jual akan laris manis.
  • Usaha Warung Makanan rumahan
    Nasi uduk menjadi konsumsi wajib bagi masyarakat yang ketika pagi hari tidak sempat untuk memasak dan terburu-buru melakukan aktifitas, nasi uduk menjadi konsumsi yang tidak memandang kasta dan tahta, semua orang menyukai nasi uduk ketika pagi hari.
  • Usaha Tailor atau Penjahit
    Jika Anda memang berminat untuk menjadi penjahit akan tetapi tidak memiliki keahlian menjahit, Anda bisa mengikuti kelas les menjahit. 
  • Usaha Makanan kecil atau Camilan
    Usaha rumahan yang satu ini menjadi primadona di kalangan menengah atas dan menengah kebawah, tidak lain karena varian dari camilan ini sangat banyak dan harganya sangat mudah dijangkau seluruh lingkup masyarakat. Camilan bukanlah kebutuhan pokok akan tetapi menjadi teman makanan berat setiap harinya. 

Nah, itu dia beberapa cara dan macam usaha yang bisa menjadi pertimbangan Anda untuk mencoba usaha dari rumah, tidak harus memiliki budget yang besar akan tetapi diniatkan dulu dari hari agar bisa berkembang dalam jualan mulai dari rumah.

Related Posts