Home Investasi Cara Memulai Investasi Emas Secara Halal

Cara Memulai Investasi Emas Secara Halal

by Lara Nifa

Emas termasuk dalam kategori investasi yang halal untuk dilakukan oleh umat muslim di seluruh dunia. Hal ini didasarkan pada harga emas sendiri yang tidak begitu fluktuatif, dibandingkan dengan investasi saham atau reksadana. Selain itu juga, kedua proses investasi tersebut juga mempunyai tingkat spekulasi yang sangat tinggi. 

Dengan demikian, beberapa prosesnya pun masih perlu penjelasan lebih mendalam mengenai saham dan reksadana tersebut. Tetapi, menurut Syafiq Hasyim dalam melakukan investasi dalam Islam itu tidak menggunakan modal yang tidak jujur dan penuh spekulatif. Nah, bagaimana investasi emas secara halal? Mari kita bahas. 

Cara Investasi Emas Halal 

Investasi emas memang terus menjadi pilihan masyarakat, sisi lainnya juga investasi menggunakan emas sendiri juga halal dilakukan oleh umat Islam. Hal ini didukung oleh harga emas yang stabil dan perhitungan naiknya pun juga perlahan dalam setiap tahunnya. Dengan begitu, investasi menggunakan emas tidak memberikan banyak kerugian dan spekulatif. 

Bahkan, investasi emas sendiri diperbolehkan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan prosesnya pun bisa secara kredit atau bertahap. Dalam pelaksanaannya didasarkan pada proses mubah (diizinkan). Nah, jika prosesnya tetap halal dan tidak menjadi permasalahan, simak penjelasan lengkapnya. 

1. Menentukan Tempat Investasi 

Paling utama untuk Anda perhatikan sebelum memulai melakukan investasi emas adalah Anda harus mencari dan menentukan tempatnya terlebih dahulu. Bagian ini harus Anda perhatikan dan pertimbangkan, jangan sampai Anda salah dalam menentukannya. Terpenting tempat investasi Anda tersebut sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 

Tahapan ini juga tidak kalah penting untuk Anda pertimbangkan, karena kebutuhan investasi untuk mendapatkan keuntungan dengan proses yang halal. Namun, bukan berarti Anda tidak memperhatikan bentuk lainnya, keamanan dalam transaksi juga sangat krusial agar terhindar dari permasalahan investasi bodong. 

2. Memeriksa Kembali 

Mungkin diluar sana banyak yang memanfaatkan untuk investasi emas secara syariah, namun tujuan dan kebutuhannya pun berbeda. Tentu sebelum Anda mengucurkan dana untuk investasi, harus pertimbangkan mengenai legalitasnya. Semuanya harus Anda lihat, mulai dari alamat kantor, no telepon, dan izin usaha yang bisa dilihat di website OJK. 

Jangan sampai Anda salah dalam memutuskannya dan membuat proses investasi emas Anda berakhir pada kerugian. Harus periksa semuanya dan jangan sampai Anda salah dalam menentukannya, apabila tidak ingin ambil resiko yang terlalu besar, melakukan investasi emas secara syariah bisa Anda pilih melalui Pegadaian atau Antam. 

3. Melihat Program Investasi 

Proses investasi emas berbasis syariah itu harus sesuai dengan ketentuan Islam, dalam artian semuanya pun pasti bertahap dan tidak pernah menawarkan keuntungan yang terlalu besar. Mengenai proses atau cara dalam investasi, mungkin melalui pegadaian atau Antam sudah bisa Anda lakukan, namun jika diluar kedua perusahaan tersebut Anda harus memperhatikannya. 

Hindari mencari agen atau tempat investasi emas yang menawarkan keuntungan yang terlalu besar, karena tindakan tersebut hanya akan membawa pada kerugian semata. Penting untuk sigap dalam memahaminya. 

Tips Memulai Investasi Emas

1. Menentukan Tujuan dan Rencana Investasi 

Apabila ini pengalaman pertama kali Anda dalam memulai melakukan proses investasi emas, maka penting untuk mempertimbangan tujuan dan rencananya. Dalam tahap ini, Anda harus benar-benar memahaminya dan sudah diperhitungkan berdasarkan tujuan yang ingin didapatkan dalam melakukan investasi emas tersebut. 

Jika Anda tidak mempunyai target dan hanya sebatas ikut-ikutan saja, rasanya Anda harus mulai pikir ulang dan tidak terlalu ambil resiko tersebut.

2. Pemilihan Waktu Membeli Emas

Tahapan satu ini memang terlihat klasik, namun memberikan dampak yang baik untuk menghasilkan keuntungan yang diharapkan. Karena apabila Anda membeli emas dalam harga yang murah, rasanya itu akan memberikan Anda beberapa persentase nilai keuntungan yang didapatkan, sehingga menjadi lebih menarik untuk Anda pahami. 

Apabila Anda mampu mendapatkan harga yang murah, maka kedepannya keuntungan yang akan Anda dapatkan jauh lebih tinggi. Tahapan satu ini sangat menarik untuk Anda lihat, sehingga bisa Anda coba untuk proses investasi. Lihat perkembangan pasar dan perhatikan semua prosesnya agar mendapatkan banyak nilai ekonomis yang didapatkan. 

3. Harus Melihat Kemampuan Finansial 

Melakukan investasi itu harus melihat antara kebutuhan pokok dan lainnya sudah terpenuhi dengan baik, sehingga ada beberapa sisa dana yang Anda dapatkan. Tahapan ini memang sangat penting untuk dilihat agar ketika Anda melakukan investasi tidak salah langkah. Pastikan Anda memulainya dengan proses kemampuan finansial yang dimiliki. 

Apabila kemampuannya baru sedikit tidak ada permasalahan, terpenting Anda mempunyai takaran yang jelas dan tidak salah dalam bertindak yang hanya menghasilkan banyak permasalahan saja nantinya. 

Demikianlah penjelasan lengkap mengenai cara investasi emas yang halal untuk Anda lakukan, diantaranya Anda bisa investasi emas di Pegadaian dan Antam basis syariah. 

Related Posts