Home Bisnis dan Usaha cara memulai bisnis usaha jasa kurir

cara memulai bisnis usaha jasa kurir

by Lara Nifa

Seiring dengan perkembangan ekonomi negara dan dunia yang semakin berkembang, terlebih pada dunia digital karena akan membawa perubahan yang signifikan. Salah satunya, yaitu banyak orang yang gemar belanja online. Dengan tingginya minat akan hal tersebut, tentunya akan membawa dampak positif bagi para pemilik jasa pengiriman barang.

Karena permintaan yang tinggi akan pengiriman, maka sebenarnya akan semakin menjanjikan bila Anda membuka usaha atau bisnis dibidang tersebut. Bila Anda memang tertarik, berikut adalah cara untuk memulai usaha di bisa pengiriman.

Cara Membuka Bisnis Pengiriman Barang

Sebelum Anda membuka bisnis jasa pengiriman, pastinya ada banyak yang harus Anda persiapkan terlebih dahulu. Supaya nantinya usaha yang dilakukan dapat berjalan lancar, selain itu tujuan dari usaha yang Anda miliki bisa terlaksana sebagaimana mestinya.

Berikut adalah beberapa hal yang wajib Anda perhatikan :

Tentukan Jenis dari Jasa Pengiriman

Jika Anda telah yakin untuk membuka usaha pada bidang jasa pengiriman. Selanjutnya adalah menentukan jenis dari jasa pengiriman yang akan Anda tawarkan kepada pelanggan. Sebab jangkauan dari bisnis ini sangat luas, makanya sejak awal Anda harus menentukannya terlebih dahulu.

Berikut adalah beberapa contoh dari jenis-jenis ekspedisi  yang dapat Anda pilih.

  • Jasa ekspedisi untuk barang dan paket
  • Jasa ekspedisi antar daerah dan provinsi
  • Jasa ekspedisi barang khusus luar negeri

Tentunya masih ada banyak macamnya. Jika Anda masih merasa bingung, Anda bisa melakukan identifikasi berdasarkan jangka waktu pengiriman, jenis paket dan hal lainnya. Dapat juga dengan melakukan survey pasar secara langsung ke pelanggan.

Menentukan Target Pasar

Selanjutnya adalah dengan menentukan target pasar atau konsumen. Karena merekalah yang nantinya akan berpeluang untuk menggunakan jasa ekspedisi milik Anda. Tentunya isi paket juga dapat bervariatif, namun Anda tetap harus mengikuti peraturan pemerintah, terkait apa yang boleh dan yang tidak.

Contoh target pasar itu sebagai berikut, Anda membuka jasa ekspedisi untuk jenis barang dan paket di kawasan yang padat dengan toko-toko, kantor dan kampus. Artinya yang akan menjadi pelanggan Anda sudah pasti adalah orang-orang yang ada di area tersebut. Dimana nantinya paket atau barang yang Anda terima pastinya berasal dari mereka.

Biasanya jika Anda membuka jasa ekspedisi di kawasan seperti itu, paket atau barang yang dikirim akan lebih banyak berupa dokumen atau parcel. Bisa juga makanan, bila toko yang ada disana menjual makanan. Jadi, bersiaplah dengan semua itu.

Siapkan Anggaran dan Perencanaan Keuangan

Segala hal yang berhubungan dengan usaha atau bisnis, pastinya akan dimulai dengan biaya. Karena tanpa adanya perputaran uang, bisnis tidak akan dapat berjalan sebagaimana mestinya. Biaya yang biasa harus Anda perhatikan adalah :

  • Gaji pegawai
  • Biaya sewa
  • Biaya operasional
  • Biaya pemasaran

Dan masih banyak lagi tergantung kebutuhan bisnis Anda. Bila semua kebutuhan tersebut telah Anda total, maka selanjutnya adalah membuat perencanaan pengalokasian dana. Kemudian, apakah dananya sudah ada? Bila belum, Anda harus bisa mendapatkan sponsor/ investor yang ingin atau berminat untuk menginvestasikan modal pada jasa ekspedisi Anda.

Menentukan  Badan Hukum dari Usaha Ekspedisi

Berikutnya yaitu Anda harus menentukan tentang pengaturan hukum dari bisnis jasa pengiriman tersebut. Agar jelas dan tidak terkena masalah dikemudian hari, berikut adalah badan hukum yang dapat Anda pilih :

  • Perseroan Terbatas
  • Kemitraan Umum
  • Kepemilikan Perseorangan

Tentunya dari ketiga struktur diatas mempunyai kebijakan masing-masing, antara satu dengan yang lain pastinya tidak sama. Seperti pada hal pembagian aset, ketenagakerjaan, pajak dan lain sebagainya. Jadi, sebelum menentukan, sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu kepada ahlinya supaya tidak salah mengambil langkah.

Mempersiapkan Lokasi Usaha

Penting bagi satu jasa pengiriman untuk memperoleh lokasi yang strategis dalam menjalankan aktivitasnya. Anda harus benar-benar menemukan tempat yang tepat, Anda bisa menyewa satu ruko atau toko kecil atau bisa juga sebuah rumah agar lebih mudah dan efisien.

Namun, bila rumah yang Anda miliki telah berada di lokasi yang tepat dan memang memiliki ruang lebih yang dapat digunakan sebagai tempat usaha. Maka, dapat gunakan dan pastinya ini akan lebih menekan pengeluaran. Jangan lupa juga untuk mengurus surat izin untuk usaha, ini bertujuan supaya tidak ada masalah di masa mendatang.

Persiapkan Tim yang Solid Untuk Menjalankan Bisnis

Persiapkanlah satu tim yang akan membantu Anda untuk mengoperasikan jasa pengiriman, karena tidak dilakukan sendiri. Sekalipun ini adalah sebuah bisnis yang baru saja dirintis, namun dalam hal pengiriman barang Anda tidak bisa melakukannya sendirian. Anda butuh tenaga beberapa orang untuk mengantarkan paket-paket tersebut.

Namun, diawal ada baiknya orang-orang yang Anda rekrut merupakan orang terdekat, ini bertujuan untuk lebih memudahkan dalam hal berkomunikasi. Karena pastinya mereka sudah mengenal dan mengetahui karakter Anda.

Nanti, ketika sudah berjalan dan telah terlihat progres dari bisnis tersebut. Anda baru bisa merekrut orang lain yang berasal dari luar lingkup circle. Apalagi jika memang ingin membuka cabang di kota lain,

Related Posts