Home Bisnis dan Usaha Cara Memulai Bisnis Laundry dan Perkiraan Modalnya

Cara Memulai Bisnis Laundry dan Perkiraan Modalnya

by Lara Nifa
bisnis laundry

Anda  ingin mulai menjalankan bisnismu sendiri? Bisnis di bidang laundry bisa menjadi salah satu jenis bisnis yang dapat Anda  pilih. Artikel ini akan membahas lebih dalam mengenai Bisnis Laundry yang nantinya bisa Anda  terapkan jika memang Anda  memilih untuk mulai menjalankan bisnis Anda  sendiri. 

Bisnis yang satu ini merupakan salah satu bisnis yang banyak diminati karena bisnis ini merupakan bisnis dibidang jasa yang satu ini menawarkan untuk mencuci barang atau pakaian milik konsumen. Selaian pakaian biasanya yang dicuci adalah sepatu, sprei bahan boneka.

Anda  tahu nggak sih? Ternyata bisnis untuk laundry sudah ada semenjak tahun 1851. Salah seorang imigran yang berasal dari Cina dan bernama Wah Lee, di mana ia lah yang pertama kali mendirikan bisnis di bidang laundry yang masih menggunakan tangan. Sejak itulah, bisnis ini cepat menyebar bahkan seluruh dunia pun bisnis ini berkembang. Sampai sekarang, bisnis dalam bidang ini merupakan salah satu usaha yang menguntungkan dan juga tidak ada matinya.

Cara Memulai Bisnis Laundry

Ada hal – hal yang perlu Anda  perhatikan sebelum menjalankan bisnis ini. Berikut beberapa tahapan yang bisa Anda  lakukan dalam menjalankan bisnis pencucian :

  • Seluk Beluk Laundry

Hal pertama yang dapat Anda  lakukan adalah memahami seluk beluk laundry. Anda  memerlukan riset mengenai kegiatan laundry. Anda  bisa bertanya kepada orang yang tentunya paham tentang laundry. Anda  dapat bertanya mengenai apa saja yang perlu dipersiapkan, bagaimana desain yang tepat, berapa biaya operasional, bagaimana peluang bisnis ini, dan lain sebagai.

Ini adalah tahap dasar sebelum akhirnya Anda  memutuskan untuk membuka bisnis ini. Dengan memahami , Anda  juga akan mendapat pengetahuan baru tentang bisnis yang satu ini sehingga kemungkinan gagal dalam berbisnis laundry dapat diminimalisir dengan persiapan matang Anda .

  • Bisnis Laundry Kompetitor

Saat ini bisnis dalam bidang laundry sudah banyak tersebar dan menjamur dengan luas sehingga banyak orang yang akhirnya membuka bisnis yang satu ini. Didalam Anda  menentukan lokasi, Anda  juga dapat memperhatikan bagaimana bisnis yang sedang dijalankan oleh kompetitor di area Anda . Dengan memperhatikan bagaimana kompetitor dalam menjalankan bisnis, Anda  dapat mencari strategi yang lain dan lebih baik sehingga bisnis pencucian yang Anda  jalankan menjadi lebih baik dan maju.

  • Lokasi

Anda  harus mencari dan menentukan tempat yang strategis untuk bisnis di bidang laundry Anda . Karena strategi lokasi bisnis ini yang akan Anda  jalankan juga menjadi salah satu penentu bisnis Anda . Jika Anda salah memilih tempat, maka yang ada Anda akan mengalami kerugian karena tidak adanya konsumen. 

Dalam mencari dan menentukan tempat, Anda  harus menentukan target pasar terlebih dahulu baru kemudian Anda  bisa menentukan lokasi yang tepat. Umumnya orang – orang yang memerlukan jasa laundry adalah pekerja kantoran, mahasiswa atau pelajar, dan rumah tangga.

  • Harga

Sebelum Anda menentukan harga jasa untuk bisnis yang satu ini, Anda  perlu mencari tahu berapa pasaran harga jasa di area Anda  sehingga Anda  bisa menjalankan strategi yang lebih jitu dengan penentuan harga. Dalam menentukan harga, Anda  juga perlu menghitung biaya – biaya yang Anda  keluarkan.

bisnis laundry

  • Teknik Pemasaran Digital

Jaman sekarang yang semuanya serba digital dengan teknik pemasaran digital, bisa Anda  manfaatkan untuk mempromosikan usaha laundry Anda . Teknik pemasaran digital ini banyak disarankan karena teknik pemasaran digital ini untuk biaya operasionalnya cenderung memerlukan biaya yang sedikit atau kecil sehingga bisa Anda  gunakan dalam menjalankan bisnismu.

Anda  bisa memanfaatkan platform – platform media sosial yang gratis seperti twitter, facebook, whatsapp, dan juga instagram. Buatlah promosi yang kekinian dan menarik supaya usaha laundry Anda  bisa cepat dikenal oleh masyarakat luas. 

Modal Membuka Bisnis Laundry

Berapa sih modal membuka usaha laundry? Perkiraan modal usaha laundry pun berbeda tergantung dengan jenis usaha laundry yang Anda  pilih dan jalankan. Yaitu :

Bisnis Laundry Kiloan

Modal yang perlu dikeluarkan untuk menjalankan usaha laundry kiloan ini tidak banyak. Anda  hanya memerlukan modal sekitar Rp 5.000.000,- . dengan modal sebesar itu Anda sudah akan mendapatkan alat dan barang yang diperlukan untuk membuka bisnis ini, di mana barang-barangnya adalah seperti :

  • mesin cuci,
  • pengering baju,
  • seterika,
  • timbangan biasa,
  • deterjen ataupun sabun cuci baju,
  • Pewangi pakaian, dan
  • Peralatan lain seperti ember, gantungan baju, dan jepitan.

Bisnis Laundry Koin (Laundromat)

Usaha laundry koin belakang mulai tren untuk masyarakat kita. Tahun ini pun masih sedikit orang yang menjalankan usaha laundry koin ini. Dengan masih sedikitnya kompetitor yang ada di lapangan, Anda  dapat menjalankan usaha laundry koin.

Namun modal untuk menjalankan usaha laundry koin ini cukup besar. Anda  memerlukan modal sebesar Rp 50.000.000 . dengan modal tersebut, Anda  bisa mendapatkan 3 unit mesin laundry dengan kapasitas 6 kg.

Demikian informasi tentang bagaimana cara memulai Bisnis Laundry hingga perkiraan modalnya. Semoga informasi diatas dapat menjadi acuan Anda  jika ingin membuka bisnis ini. Semoga bermanfaat dan sukses selalu.

Related Posts