Home Investasi Cara Memilih Saham dengan Analisis Fundamental

Cara Memilih Saham dengan Analisis Fundamental

by Lara Nifa
Cara Memilih Saham dengan Analisis Fundamental

Sudah banyak orang yang menyadari bahwa saham merupakan salah satu pilihan instrumen investasi yang dapat memberikan keuntungan besar. Keuntungan yang didapat dalam bentuk capital gain atau dividen. Jika dilihat dari sisi keuntungan, saham adalah investasi yang sangat menggiurkan. Tapi, dibalik keuntungan yang ada, tersimpan sebuah risiko yang besar pula atau capital loss.

Pastinya investasi saham berbeda dengan jenis investasi lain, seperti tabungan berjangka, properti, emas, deposito, reksadana dan obligasi. Setiap jenis investasi mempunyai keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Akan tetapi, diantara berbagai instrumen investasi ini, yang bisa memberikan keuntungan besar untuk waktu yang singkat adalah investasi saham.

Pengertian Analisis Fundamental

Dilihat dari namanya, bisa dikatakan bahwa analisis fundamental adalah analisis dasar untuk mencari informasi yang terkait kondisi ekonomi, kondisi perusahaan, dan industri secara menyeluruh. Teknis analisis tersebut lebih mempertimbangkan kinerja serta proyeksi perusahaan guna memperkirakan nilai saham.

Cara umum yang biasa dilakukan yakni menjaring terlebih dahulu saham-saham yang sekiranya mempunyai kelayakan. Kondisi tersebut dapat dilakukan dengan metode top-down, yakni melakukan pengamatan dan pemantauan yang diawali dari sektor industri, kondisi ekonomi makro, hingga perusahaan, atau dapat juga dilakukan dengan sebaliknya menggunakan metode bottom-up.

Pada prosesnya, terdapat beberapa hal yang harus diketahui oleh investor tentang perusahaan yang telah menerbitkan saham. Walaupun dapat diketahui dengan melihat tabel yang dikeluarkan, investor juga dapat mencari informasi mengenai unsur finansial serta transparansi perusahaan terkait.

Unsur-unsur finansial yang harus diperhatikan seperti, nilai buku saham, rasio pengeluaran, nilai buku saham, pendapatan per saham. Semua ini nantinya akan sangat diperlukan untuk bisa menilai apakah saham yang diambil baik atau buruk.

Terkait transparansi informasi perusahaan, tentunya sebuah perusahaan sudah mempersiapkan semuanya dalam bentuk laporan tahunan. Di dalam laporan ini, tertulis seluruh aktivitas atau kegiatan perusahaan dalam jangka satu tahun. Namun, umumnya laporan tahunan tersebut kadang cukup sulit untuk bisa dipahami. Paling penting, dengan ada laporan tahunan ini. Anda dapat mempelajari beberapa macam hal, misalnya informasi laba, kelemahan yang ada pada struktur manajemen serta informasi semacamnya.

Mengambil  Keputusan Jual Beli Saham Lewat Analisis Fundamental

Di dalam instrumen investasi saham, terdapat dua bentuk analisis yang dapat Anda lakukan, yakni analisis fundamental serta analisis teknikal. Nah, tujuan analisis tersebut untuk memperoleh saham paling bagus, dan kedua bentuk analisis ini juga mempunyai keunggulan dan kekurangan berbeda antara satu sama lain. Namun semuanya dibutuhkan dalam dunia investasi khususnya instrumen investasi seperti saham.

Kesimpulannya kedua bentuk analisis ini, baik itu analisis teknikal atau analisis fundamental bermaksud untuk bisa menggali dan mencari informasi mengenai saham sedalam-dalamnya dan sebanyak-banyaknya agar aktivitas investasi bisa berjalan dengan lancar dan aman.

Cara Memilih Saham Berdasarkan Analisis Fundamental

Lewat analisis yang dilakukan oleh metode analisis fundamental, hal yang harus diperhatikan yaitu acuan untuk mencari tahu bagus dan jeleknya suatu saham. Dibawah ini terdapat kriteria-kriteria yang dapat dipakai sebagai acuan tersebut, antara lain:

  •         Mempunyai kapitalisasi pasar lebih dari 500 miliar rupiah
  •         Emiten yang mempunyai model bisnis yang lebih baik dan jelas
  •         Perusahaan dapat konsisten dalam upaya meningkatkan saham atau laba dari setiap kuartal
  •         Perusahaan tidak mempunyai utang yang besar dari DER (Debt Equity Ratio)
  •         Price Earning Ratio atau PER rata-rata tidak begitu jauh berbeda
  •         Saham berperan menjadi sebuah market leader

Pentingnya Memahami Soal Pergerakan Saham

Untung Anda yang memutuskan untuk mengambil investasi saham, poin pertama yang perlu dilakukan yakni memahami saham itu sendiri dengan membaca pola dan pergerakan saham secara menyeluruh yang biasa dikenal dengan kata indeks.

Di negara Indonesia sendiri terdapat begitu banyak jenis saham yang bisa ditemukan. Namun, tidak seluruh jenis saham yang tersedia layak untuk dibeli. Maka dari itu perlu yang namanya cerdas dalam memantau dan membaca pergerakan saham agar tidak salah pilih. Ini merupakan tahap awal untuk mengambil suatu saham agar terhindar dari kerugian besar.

Terdapat beberapa cerminan yang bisa digunakan dalam memantau dan memahami pergerakan nilai saham, meliputi IHSG (Indeks Harga Saham Gabungan, IDX30 dan Pefindo25. Rata-rata seluruh istilah yang disebutkan barusan mempunyai komposisi indeks tidak jauh berbeda. Hanya sebagian jenis saham saja yang tidak termasuk di dalamnya.

Sari itu semua, IHSG adalah acuan pokok yang dipakai dalam membaca pergerakan nilai saham di negara Indonesia.

Mengenai pemilihan jenis saham, para pakar banyak yang menyarankan supaya memilih jenis saham yang tergabung pada indeks yang sudah disebutkan sebelumnya. Alasanya sangat jelas, dimana Anda dapat memilih beberapa jenis saham yang paling bagus dengan beberapa macam kriteria di setiap indeks-indeks yang ada.

 

 

Related Posts