Home Pinjaman Cara Memilih Pinjaman Online Aman dan Terpercaya

Cara Memilih Pinjaman Online Aman dan Terpercaya

by Lara Nifa

Di masa yang serba digital seperti sekarang, semua bisa Anda lakukan melalui online termasuk mencari pinjaman. Namun,  Anda tetap wajib waspada dalam ketika memilih aplikasi. Sebaiknya mencari pinjaman online bisa terpercaya dan yang aman, supaya Anda tidak menjadi terbebani dengan bunganya.

Apa itu pinjaman online

Pinjaman online merupakan financial technology (fintech) platform penyedia dana pinjaman untuk dipinjamkan kepada orang-orang yang mengajukan kredit. Pinjol tentunya sebagai fasilitator jasa keuangan serta beroperasi secara online. Sehingga masyarakat yang memang memerlukan uang tunai bisa mengajukan pinjaman secara dengan mudah tanpa bertatap muka.

Tidak seperti lembaga keuangan lain yang menetapkan begitu banyak persyaratan, Anda akan lebih mudah untuk melakukan pengajuan melalui pinjaman online. Hal ini dikarenakan kebanyakan platform pinjaman online mengaplikasikan prosedur dengan ketentuan yang jauh lebih mudah, tanpa jaminan dan tidak harus melampirkan dokumen yang rumit.

Cara memilih pinjaman online aman

Sekarang ini telah bermunculan sejumlah pinjaman online yang sudah secara resmi terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Walaupun begitu, ada juga pinjaman online yang beroperasi tanpa izin (ilegal) dan tidak dalam pengawasan OJK tersebut. 

Pinjaman online ilegal ini kerap kali menjerat dan membuat susah nasabah akibat cara kerjanya tidak tunduk pada peraturan OJK. Mereka akan membebankan bunga dalam nominal yang sangat besar, mengakses data, tenor yang tidak sesuai dengan perjanjian awal, sampai cara penagihannya yang tidak beretika.

  1. Pastikan perusahaan pinjaman tercatat dan diawasi OJK

Perusahaan pinjaman yang legal, sudah pasti akan mendaftar pada OJK dan tidak merasa keberatan apabila diawasi langsung oleh lembaga pihak berwenang. Namun, bila Anda masih merasa tidak percaya dengan aplikasi tersebut, Anda bisa menghubungi kantor OJK kemudian menanyakannya secara langsung.

  1. Review serta kredibilitasnya baik

Cek pada kolom komentar di aplikasi apakah mereka memiliki review yang baik dari nasabah yang sudah pernah melakukan pengajuan di platform tersebut. Carilah juga pada mesin pencari, mengenai segala hal yang berkaitan dengan pinjol tersebut. Jika ternyata pernah ada masalah, sebaiknya jangan diteruskan prosesnya.

  1. Pastikan memiliki alamat serta website yang jelas

Anda harus melakukan atau mencari tahu tentang keaslian dari alamat yang tercantum pada website atau aplikasi pinjaman tersebut. Apakah benar alamat yang diberikan memang nyata secara fisik keberadaan dari kantor pinjol. Karena ini bisa menjadi ciri-ciri bila perusahaan tersebut legal.

  1. Pastikan bunganya tidak mencekik

Pinjaman legal akan memberikan bunga yang tidak melebihi satu persen per hari, bahkan ada beberapa hanya memberi bunga 0,16 persen per hari pada nasabahnya. Bunga dengan besaran tersebut sudah menjadi ketetapan dan dianggap tidak akan terlalu memberatkan peminjam.

  1. Mekanismenya  transparan

Setiap perusahaan pinjaman online diharuskan agar transparan pada hal perhitungan untuk suku bunga, tempo pembayaran hingga simulasi pembayaran. Hal ini sudah menjadi peraturan OJK supaya  pihak peminjam mengetahui berapa yang harus dilunasi dan sesuai kemampuan finansial; mereka.

  1. Memiliki nomor telepon resmi

Mempunyai nomor kontak perusahaan adalah hal wajib bagi pinjaman online, hal ini bertujuan supaya peminjam bisa menghubungi pendana bila terdapat kendala. Misal, ketika mau melakukan pembayaran, tetapi terjadi masalah di sistem.

Daftar pinjaman online yang aman serta legal

Berikut ini adalah perusahan pinjaman online yang aman dan bisa dipercaya :

  1. Akulaku

AsetKu merupakan produk KTA dari akulaku yang memberikan pinjaman dana mulai dari Rp. 500.000,- sampai dengan Rp.2,000.000,- Anda dapat memilih tenor sesuai dengan kemampuan, mereka memberikan jangka waktu pembayaran dalam dua opsi, yaitu 8 hari dan satu bulan.

  1. Kredivo

Aplikasi ini memang sedang menjadi favorite, karena bekerja sama dengan beberapa e-commerce supaya memudahkan pembayaran serta agar Anda dapat membayarnya  pada akhir bulan tanpa dibebankan oleh biaya tambahan. Kredivo juga dapat memberikan pinjaman uang minimal Rp. 500.000,- dan maksimal Rp. 1,500.000,- dengan tempo selama 30 hari.

  1. KoinWork

Sama seperti platform akulaku. KoinWork juga menyediakan pinjaman tanpa agunan dengan besaran cukup besar. Anda dapat memperoleh pinjaman mulai Rp. 10,000.000,- sampai Rp. 2,000.000.000,- dengan tenor yang diberikan adalah 6 bulan – 2 tahun.

  1. TunaiKita

TunaiKita juga menawarkan pinjaman tanpa jaminan, mereka memiliki limit pinjaman mulai Rp. 500.000,- hingga Rp. 2,100.000,- dengan maksimal tenor 61 hari dan bunga 0,8 % perharinya.

  1. Rupiah Cepat

Rupiah Cepat menyediakan pinjaman minimal Rp. 500.000,- sampai Rp. 5,000.000,- dengan tenor 65 hari, 75 hari hingga 90 hari. Untuk proses pemeriksaan data hingga pencairan memakan waktu maksimal 2 x 24 jam yang apabila disetujui Anda diminta untuk menunggu setidaknya 1 x 24 jam pada hari kerja.

Nah, demikianlah cara memilih pinjol yang terpercaya dan aman. Jika Anda memang memiliki keinginan untuk melakukan pengajuan pinjaman. Namun, Anda perlu ingat untuk jangan sampai terlambat ketika jatuh tempo.

Related Posts