Home Bisnis dan Usaha Cara Memilih Lokasi yang Cocok untuk Bisnis Salon Kecantikan

Cara Memilih Lokasi yang Cocok untuk Bisnis Salon Kecantikan

by Lara Nifa

Tak diragukan lagi dimana lokasi yang tepat akan mempermudah proses berkembangnya salon kecantikan sehingga dapat memberi keuntungan yang besar. Lakukanlah riset terlebih dahulu sebelum Anda memilih lokasi yang bisa menguntungkan Anda serta klien Anda nantinya.

Pada artikel kali ini ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan ketika memilih lokasi salon kecantikan. Entah itu gerai pertama atau cabang-cabangnya. Nah, untuk lebih lengkapnya silahkan simak penjelasannya berikut ini.

Beberapa Hal yang Harus DIpenuhi Oleh Bisnis Salon Kecantikan

1.       Mudah untuk Ditemukan

Saat memilih lokasi, Anda harus memastikan gerai Anda mudah diakses dan dilihat pelanggan, baik oleh mobil atau motor pribadi atau kendaraan umum. Jika Anda sudah mempunyai basis pelanggan yang sangat setia untuk berkunjung dan melakukan sejumlah perawatan, itu berarti lokasi yang akan dipilih harusnya dikawasan yang mana pelanggan bisa menjangkaunya dengan mudah.

Bila Anda mau menarik perhatian klien baru, cobalah membuka gerai yang letaknya di area yang ramai atau di jalan utama, sehingga orang-orang dapat dengan mudah mengetahui klinik Anda serta memutuskan singgah untuk melakukan sejumlah perawatan. Membuka salon kecantikan di kawasan yang diketahui orang banyak tentu dapat membantu calon pelanggan baru menemukan bisnis Anda dengan mudah.

Selain itu, Anda juga memastikan pencahayaan di luar salon kecantikan tersebut sangat baik. Akan banyak pesanan perawatan yang dilakukan oleh para klien di luar jam sibuk mereka, misalnya di sore hari atau bahkan malam hari. Maka dari itu, pastikanlah pencahayaan bangunan atau halaman tempat usaha Anda benar-benar baik, dengan begitu klien akan merasa aman serta disambut setiap mereka datang.

2.       Mengenali Klien Lokal

Ketika akan memutuskan membuka salon kecantikan, lakukanlah sejumlah riset dulu mengenai lokasi yang akan dipilih agar memahami masyarakat yang tinggal di kawasan tersebut. Anda sudah harus tahu tipe pelanggan yang akan ditargetkan serta menimbang apakah barang atau jasa yang Anda sediakan cukup menarik bagi penduduk setempat.

Anda harus mengidentifikasi karakteristik pelanggan serta menggambarkan personanya pada demografi dan minat yang serupa.  Dibawah ini ada beberapa pertanyaan yang bisa membantu Anda dalam mengidentifikasi tipe pelanggan ideal, seperti:

  •         Apa pekerjaan serta berapa pendapatan calon klien Anda?
  •         Berapa rentang usia mereka?
  •         Apakah target pelanggan adalah anak perempuan, dewasa atau campur?
  •         Pelayanan apa yang diinginkan oleh mereka secara rutin?
  •         Apa yang dicari oleh mereka di salon kecantikan tersebut?

Ketika sudah memahami soal target pasar, Anda dapat menyesuaikan layanan salon yang akan dibangun supaya tepat menyasar ke mereka.

3.       Dekat Oleh Bisnis Lain

Walaupun keputusan akhir mengenai lokasi cenderung tidak jauh-jauh dari tipe pelanggan ideal, tapi daya tarik lokasi untuk karyawan Anda juga harus dipertimbangkan. Mungkin faktor lainnya dapat membuat gerai Anda lebih menarik yaitu keberadaan usaha lain di kawasan yang mungkin ingin klien kunjungi seperti tempat rekreasi, pusat perbelanjaan, tempat makan, tempat nongkrong dan lain sebagainya.

Selain itu, Anda juga harus memastikan apakah kawasan tersebut aman, serta ada akses untuk keluar atau masuk gerai. Memiliki area parkir, dan memastikan para klien dapat melakukan perawatan tanpa harus khawatir keamanan dari kendaraan yang mereka parkir. Memiliki tempat parkir memadai merupakan salah satu kunci utama bisnis salon kecantikan bisa laris, apalagi di kota-kota besar. Dimana di kota besar sangat susah mencari lahan parkir dan tidak bisa sembarang parkir dibahu jalan.

4.       Tempat yang Menjadi Cerminan Persona Brand Anda

Membangun merek atau brand yang kuat tentunya bagian penting dalam upaya membangun suatu usaha. Tidak hanya untuk bisa menarik hati pelanggan yang merupakan target pasar saja, melainkan juga harus mempertahankan klien tersebut supaya menjadi pelanggan terus menerus. Akan lebih baik lagi jika mereka dapat memberi informasi lewat mulut ke mulut.

Tempat yang Anda pilih pun harus dapat mencerminkan brand yang akan Anda bangun. Misalnya, jika brand Anda bangun citranya sebagai brand eksklusif, yang targetnya kalangan menengah ke atas, maka akan tidak cocok jika Anda membangun di pinggiran kota dan atau di kawasan yang sudah padat serta menyulitkan Anda membangun tempat yang luas dan juga mewah.

5.       Melihat Masa Depan Lokasi Pilihan

Untuk poin ini, Anda harus benar-benar mencari tahu dan mempelajari kawasan yang akan dipilih. Memahami tren pada masyarakat dan rencana di kawasan tersebut. Misalnya rencana pembangunan komplek perumahan baru, rencana pembangunan berbagai properti komersial dan lain sebagainya.

Hal ini sedikti banyaknya akan berpengaruh oleh bisnis salon kecantikan yang akan Anda buka. Anda tentu tidak mau mengambil kontrak atau sewa untuk waktu yang lama dengan harapan Anda akan dikelilingi oleh semua target pasar atau tipe pelanggan ideal, akan tetapi ternyata pelanggan yang Anda sasar terus berkurang karena Anda tidak mempelajari perencanaan di kawasan tersebut.

Related Posts