Home Administrasi Cara Membuat SIM Internasional, Siapkan Dokumen Ini

Cara Membuat SIM Internasional, Siapkan Dokumen Ini

by Greg Pascal
SIM Internasional

Kita semua pasti sudah tahu apa itu SIM. Bagi pengguna kendaraan baik itu roda dua maupun roda empat, SIM adalah dokumen penting yang harus dimiliki. Namun tahukah Anda bahwa ada SIM Internasional? Seperti namanya, SIM Internasional adalah izin mengemudi bagi wisatawan luar negeri yang hendak mengemudikan kendaraan di negara lain. Jadi, bagi Anda yang ingin berlibur ke luar negeri dan pergi ke tempat tujuan Anda dengan menyetir SIM ini adalah hal yang wajib. SIM Internasional  diterbitkan oleh Korlantas Polri, hal ini sudah berlaku sejak tahun 2010. Lantas, bagaimana cara membuat SIM Internasional? Berikut ini adalah cara membuat SIM Internasional serta biaya SIM Internasional.

Menyiapkan Dokumen yang dibutuhkan

Layaknya mengurus SIM biasa, SIM Internasional juga membutuhkan berkas yang harus Anda siapkan. Berkas-berkas itu adalah fotocopy KTP untuk Warga Negara Indonesia (WNI) atau Kartu Izin Tinggal Tetap (KITAP) untuk Warga Negara Asing (WNA) satu lembar. Fotokopi SIM nasional (WNI) satu lembar, fotokopi paspor satu lembar dan materai enam ribu satu buah.

Melakukan Pendaftaran

Tahap selanjutnya yang Anda lakukan adalah melakukan pendaftaran SIM Internasional secara online. Anda hanya tinggal membuka website Korlantas Polri, mengisi nama, golongan SIM, nomor SIM, memilih gerai SIM Internasional dan tanggal kedatangan. Setelah itu, Anda akan diminta untuk mengisi formulir pendaftaran SIM Internasional. Kemudian, jangan lupa untuk menyimpan bukti pendaftaran Anda dengan tangkapan layar.

Melakukan Pembayaran

Hal selanjutnya adalah melakukan pembayaran biaya pembuatan SIM Internasional. Adapun biaya pembuatan SIM Internasional adalah kurang lebih dua ratus lima puluh ribu rupiah. Sedangkan untuk biaya perpanjangan SIM Internasional adalah sekitar dua ratus dua puluh lima ribu rupiah. Anda bisa melakukan pembayaran melalui transfer bank.

Datang ke Gerai SIM Internasional

Selanjutnya, Anda tinggal datang ke gerai SIM Internasional di tanggal yang sudah Anda pilih dengan membawa berkas-berkas yang telah disebutkan di atas, bukti registrasi online, dan bukti pembayaran. Di sana, petugas akan melakukan pengecekan SIM asli, paspor, KTP atau KITAP. Setelah selesai proses pengecekan, Anda akan diminta untuk mengambil foto, sidik jari dan tanda tangan. Proses pembuatan SIM Internasional hanya memakan waktu sekitar tiga menit.

SIM Internasional

Bava Artikel Selanjutnya :

Adapun jadwal pelayanan di gerai SIM Internasional adalah:

  • Senin sampai Kamis pukul 08.00-15.00 WIB
  • Jumat pukul 08.00-15.00 WIB
  • Layanan registrasi online dengan tanggal kedatangan yang sama (pada hari itu juga) dapat dilakukan hingga pukul 14.00 WIB

Perhatikan Tanggal Berlaku SIM

Berbeda dengan SIM biasa, SIM Internasional hanya memiliki masa berlaku selama tiga tahun. Sebaiknya Anda segera melakukan perpanjangan dalam waktu empat belas hari sebelum masa berlaku selesai. SIM Internasional Indonesia berlaku di seratus delapan puluh delapan negara.

Selain membuat SIM Internasional secara offline, saat ini Anda juga bisa melakukan pembuatan SIM Internasional secara online.  Langkah yang harus Anda lakukan pun tidak terlalu jauh berbeda. Pertama, Anda harus mengakses website Korlantas Polri. Selanjutnya, Anda melakukan registrasi dengan mengisi data diri dan mengunggah foto SIM, KTP atau KITAS, paspor dan pas foto dengan warna latar belakang putih serta foto tanda tangan.

Setelah melakukan pembayaran, petugas akan menerima konfirmasi dan melakukan pengecekan data. Apabila persyaratan sudah sesuai, maka petugas mencetak buku SIM dan mengirimkannya kepada pemohon. 

Pembuatan SIM Internasional ini adalah layanan baru yang disediakan guna mengurangi kemungkinan penyebaran penyakit di era pandemi. Untuk pengambilan SIM Internasional, Anda bisa mengambilnya secara langsung di kantor pelayanan SIM Internasional atau menggunakan jasa pengiriman Pos dan Gojek. Tentunya berbeda dengan pembuatan SIM secara offline, Anda harus sedikit bersabar untuk mendapatkan SIM Internasional Anda.

Daerah Berlaku SIM

Secara regional, SIM Internasional keluaran Indonesia berlaku di negara-negara anggota ASEAN dan negara Uni Eropa. Namun, ada beberap laporan yang menyebutkan bahwa Anda tetap tidak diizinkan untuk mengemudi di Jepang kendati memiliki SIM Internasional. Secara umum, SIM Internasional dapat dipakai enam bulan di Jepang, selanjutnya Anda harus mendapatkan SIM Jepang atau naik kendaraan public.

Jenis SIM Internasional

Tak jauh berbeda dengan SIM nasional, SIM Internasional juga dibagi dalam lima golongan yaitu:

  • SIM A untuk sepeda motor dengan atau tanpa gandengan, kendaraan khusus untuk orang cacat dan kendaraan bermotor roda tiga dengan berat tidak lebih dari 400 kg
  • SIM B untuk mobil penumpang yang dapat mengangkut paling banyak 8 penumpang termasuk pengemudi atau memiliki berat tidak lebih dari 3500 kg
  • SIM C untuk kendaraan bermotor yang dipakai mengangkut barang dengan berat maksimal 3500kg
  • SIM C untuk kendaraan bermotor yang dipakai mengangkut penumpang lebih dari delapan orang termasuk pengemudi.
  • SIM E untuk kendaraan yang termasuk dalam golongan B, C dan D dan boleh menarik gandengan yang berat.

Demikian cara pembuatan SIM Internasional, mudah bukan? Jadi tunggu apa lagi? Segera buat SIM Internasional Anda, jika Anda ingin mengendarai kendaraan sendiri di negara yang akan Anda kunjungi. Tentu saja, apabila Anda ingin memilih untuk membuat SIM secara offline, Anda tetap harus memperhatikan protocol kesehatan.

Related Posts