Home Featured Cara Membedakan Mana Keinginan dan Kebutuhan Untuk Atur Pengeluaran

Cara Membedakan Mana Keinginan dan Kebutuhan Untuk Atur Pengeluaran

by Lara Nifa

Memilih antara kebutuhan dan keinginan bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan semua orang. Apalagi bagi orang–orang yang memiliki gaya hidup konsumtif, sulit bagi mereka untuk membedakannya. Seringkali mereka membeli barang–barang karena tergiur dengan diskon yang ditawarkan, padahal barang tersebut tidak dibutuhkan. Apakah kamu termasuk? Jika iya, sebaiknya kamu mulai belajar untuk membedakan antara kebutuhan dan keinginan agar kondisi finansial kamu dapat terjaga. Berikut ini merupakan cara yang dapat kamu lakukan untuk membedakannya. 

Pengertian Kebutuhan 

Kebutuhan merupakan segala sesuatu yang penting dan sangat dibutuhkan oleh manusia guna menjalani kehidupan yang sehat. Maksud dari sehat tersebut adalah sehat secara psikologis, ekonomi, sosial, budaya dan lainnya guna mempertahankan hidup. 

Seiring dengan waktu, segala kebutuhan manusia selalu mengalami perkembangan. Bahkan kebutuhan akan pendidikan serta perawatan kesehatan juga masuk kedalam kebutuhan pokok seseorang yang wajib untuk dipenuhi. Sebab kedua hal tersebut menjadi faktor penting untuk membantu meningkatkan kualitas hidup yang lebih baik.

Pengertian Keinginan

Keinginan merupakan suatu harapan untuk memiliki atau memenuhi sesuatu yang dianggapnya kurang. Tiap–tiap individu tentunya memiliki keinginan yang berbeda-beda. Bahkan ada pula yang keinginannya berubah-ubah seiring dengan berjalannya waktu. 

Perlu diketahui bahwa setiap keinginan manusia tidak terbatas. Namun, cara untuk memenuhi keinginan tersebut terbatas. Maka dari itu, disaat seseorang tidak dapat memenuhi keinginannya mereka akan mencari alternatif lain untuk mendapatkan keinginan tersebut.

Perbedaan Kebutuhan dan Keinginan

Setelah mengetahui pengertian dari kebutuhan dan keinginan, maka dapat disimpulkan perbedaan antara keduanya yaitu :

  • Kebutuhan dapat diartikan sebagai segala sesuatu yang wajib dipenuhi oleh individu untuk mempertahankan hidup. Sementara itu, keinginan dapat diartikan sebagai sesuatu yang ingin dimiliki oleh seseorang di dalam kehidupannya.
  • Kebutuhan setiap individu cenderung terbatas sedangkan keinginan tidak terbatas
  • Kebutuhan merupakan segala sesuatu yang perlu dimiliki individu untuk bisa hidup. Sementara keinginan adalah segala sesuatu yang diinginkan oleh individu untuk meningkatkan kenyamanan hidup.
  • Kebutuhan bersifat mewakili berbagai keperluan secara konsisten. Sementara itu keinginan sifatnya tidak tetap atau bisa berubah–ubah
  • Kebutuhan memiliki dampak yang besar terhadap kehidupan contohnya jika kebutuhan pangan tidak terpenuhi maka dapat menyebabkan penyakit. Sedangkan keinginan tidak berdampak besar jika tidak dipenuhi.

Tips Membedakan Kebutuhan dan Keinginan 

  • Memahami Kebutuhan 

Setiap individu pastinya memiliki kebutuhan yang beda-beda. Pada dasarnya kebutuhan terbagi kedalam 3 yaitu kebutuhan primer, sekunder dan tersier. Kebutuhan primer merupakan kebutuhan dasar individu yang harus dipenuhi contohnya sandang, pangan, papan, dan pekerjaan. Kebutuhan sekunder merupakan kebutuhan yang dipenuhi setelah kebutuhan primer terpenuhi contohnya seperti rekreasi. Kebutuhan tersier merupakan kebutuhan yang dipenuhi setelah kebutuhan primer dan sekunder terpenuhi contohnya seperti mobil, motor, komputer, dan lainnya. 

Jika kamu sudah mengerti konsep tersebut, pastinya kamu bisa lebih mudah membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Setelah kamu paham, kamu dapat membuat catatan mengenai segala kebutuhan hidup kamu yang harus dipenuhi.

  • Mencatat pengeluaran

Salah satu hal penting yang harus diperhatikan adalah mencatat segala pengeluaran. Kamu dapat mencatat kebutuhan tetap bulanan hingga pengeluaran kecil seperti parkir atau pemberian tip kepada jasa yang sudah kamu gunakan.  Hal ini dapat membantu kamu dalam mengawasi keuangan seperti dibagian mana keuangan kamu banyak keluar. Sehingga pada akhir bulan kamu mengetahui pos-pos yang paling banyak menghabiskan uang kamu. 

  • Membuat tabel wants vs needs

Untuk membedakan antara keinginan dan kebutuhan, kamu dapat membuat tabel perbandingan wants vs needs yang dapat dilengkapi dengan icons tertentu. Jika kamu masih bingung untuk mengisinya contohnya barang A masuk ke tabel yang mana, kamu dapat bertanya kepada diri sendiri apakah kamu bisa hidup tanpa barang tersebut. Hanya ada 2 jawaban, iya atau tidak. Jika tidak mendapat jawaban, kamu dapat bertanya kepada orang terdekat kamu. Dengan membuat tabel wants vs need dapat memudahkan kamu untuk mengetahui prioritas pengeluaran. Hal yang terlihat sederhana namun penting untuk diperhatikan.

  • Memisahkan rekening antara kebutuhan dan keinginan

Cara mudah untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan hidup adalah memisahkan rekening tabungan. Kamu dapat membaginya kedalam 3 jenis, konsep yang dapat digunakan yaitu konsep living (kebutuhan), konsep saving (cadangan atau investasi), dan konsep playing (keinginan). Untuk pembagiannya tentu saja harus lebih besar pos living dibandingkan dengan pos playing. Kamu dapat membagi gaji kamu menjadi 50% untuk living, 30% saving dan 20% untuk playing. 

  • Membatasi akses keinginan

Kemudahan dalam mengakses sosial media dapat memberikan dampak positif dan negatif. Positifnya dapat memberikan berbagai informasi sedangkan dampak negatifnya adalah mendorong perilaku konsumtif. Maka dari itu, cara termudah agar kamu tidak terdorong perilaku konsumtif adalah dengan membatasi following akun-akun online shop. Jangan sampai kamu tergoda untuk membeli sesuatu yang tidak berguna.

Related Posts