Home Tips Cara Memanfaatkan Fitur Instagram Shop Untuk Belanja Online

Cara Memanfaatkan Fitur Instagram Shop Untuk Belanja Online

by Lara Nifa

Pada tanggal 19 Mei 2020 lalu, Instagram Business melalui situs resminya mengenalkan fitur terbarunya yaitu shops on instagram. Langkah tersebut dilakukan untuk menjaga bisnis yang selama ini terus dihadapkan dengan berbagai tantangan sejak krisis Covid-19 melanda.

Pengguna bisa mengunjungi toko dari pemilik akun bisnis atau melalui stories, feed dan juga explore. Fitur ini memudahkan pengguna untuk menjelajah produk, mengeksplor koleksi dan langsung bisa melakukan check out atau pembelian tanpa harus keluar dari aplikasi. Bagi para pebisnis, fitur Instagram Shop ini sangat berguna untuk mendongkrak penjualan dan menaikkan traffic. 

Memaksimalkan Fitur Instagram Shop Untuk Berbelanja

Sejumlah fitur yang tersedia di Instagram Shop sangat memudahkan para konsumen untuk berbelanja online dan menciptakan pengalaman berbelanja yang lebih baik. Lalu, bagaimana cara memaksimalkan fitur-fitur yang ada di Instagram Shop ? Simak penjelasan di bawah ini.

Fitur Pencarian 

Saat pengguna beralih ke instagram shop maka dengan mudah pengguna bisa melakukan pencarian berdasarkan toko, video, pilihan editor, koleksi dan panduan.

Fitur Shops (Lihat Toko)

Fitur ini memiliki fungsi layaknya etalase toko yang bisa ditemukan dengan mengunjungi profil akun bisnis tertentu. Jadi, pengguna bisa dengan mudah melihat-lihat katalog produk dari akun tersebut tanpa harus mengunjungi website toko.

Fitur Shopping Tags

Detail produk bisa diketahui dengan hanya mengklik label atau tag yang tertera pada postingan feed maupun stories. Dan kemudian pengguna akan dialihkan ke halaman deskripsi produk. Deskripsi tersebut terdiri dari detail gambar, harga, dan keterangan produk serta tautan situs web untuk pembelian.

Fitur Collections & Filter

Pengguna bisa mencari produk berdasarkan kategori yang ingin diihat. Caranya dengan klik ‘telusuri’ pada halaman bisnis produk dan pilih ‘koleksi’. Pengguna juga bisa melihat produk berdasarkan rentang harga, produk yang ready stock atau produk yang sedang diobral.

Fitur Shopping Collection

Jika pengguna belum ingin melakukan pembelian produk, pengguna bisa memanfaatkan fitur barang incaran dengan klik tombol save di sudut kanan bawah. Daftar produk yang disimpa tersebut akan muncul di koleksi ‘barang yang diincar’. Dan juga terdapat daftar barang yang baru-baru ini dilihat. Fitur ini akan memudahkan pengguna jika sewaktu-waktu ingin melakukan pembelian pada produk tersebut tanpa harus mencarinya lagi.

Mengaktifkan Instagram Shop Untuk Mendongkrak Penjualan

Berbagai kemudahan yang ditawarkan melalui fitur-fitur yang ada di Instagram Shop bukan hanya berguna bagi para konsumen tetapi juga para pelaku usahanya. Lalu, bagaimana caranya untuk mengaktifkan instagram shop ?

Menguji Kelayakan

Sebelum bisa mengaktifkan fitur instagram shop, pemilik akun bisnis harus melalui uji kelayakan ke pihak Facebook. Syarat yang harus terpenuhi untuk membuka toko instagram, antara lain sebagai berikut ini :

  • Harus berada di lokasi yang mendukung Instagram Shop
  • Memiliki situs website penjualan
  • Produk memenuhi syarat
  • Setuju dengan kebijakan dan perjanjian yang diatur Facebook

Dialihkan ke akun bisnis

Langkah selanjutnya yaitu beralih ke dari akun biasa ke akun bisnis. Jika sudah berhasil menjadi akun bisnis maka lengkapi informasi di akun profil secara lengkap misalkan kontak whatsapp, jam operasional, alamat, dan situs website. Setelah itu, hubungkan akun bisnis tersebut ke halaman Facebook.

Membuat Katalog Produk 

Untuk menyusun katalog produk bisa melalui dua opsi, yang pertama melalui Commerce Manager yang dikelola oleh Facebook. Dan opsi yang kedua yaitu dengan memanfaatkan platform ketiga yaitu Big Commerce maupun Shopify. Jadi, pengguna akan membuat katalog di platform tersebut yang kemudian bisa dihubungkan ke akun bisnis instagram.

Mengajukan Peninjauan Akun

Setelah katalog produk sudah dibuat dan situs website penjualan berhasil terhubung  dengan akun maka pengguna bisa mulai mengajukan peninjauan ke pihak Facebook. Dan berikut ini caranya :

  • Pada laman profil pilih pengaturan bisnis
  • Klik daftar shopping lalu ikuti langkah-langkahnya untuk mengajukan peninjauan akun bisnis

Waktu yang dibutuhkan untuk peninjauan akun bisa berlangsung selama beberapa hari bahkan bisa sangat lama. Cek status pengajuan secara berkala dengan cara pilih ‘pengaturan’ kemudian ‘belanja’.

Aktifkan Fitur Belanja

Jika pihak Facebook sudah menyetujui maka fitur belanja sudah siap untuk diaktifkan. Caranya yaitu Masuk ke Akun Bisnis-> Pengaturan-> pilih Bisnis kemudian Belanja-> Hubungkan Katalog Produk yang sudah dibuat-> Klik Selesai.

Itulah tadi cara memanfaatkan berbagai fitur yang tersedia pada fitur instagram shopping. Kehadiran fitur instagram shopping memang menjadi terobosan yang bermanfaat bagi para penggunanya, baik konsumen maupun pelaku bisnis. Fitur yang di desain dengan kecanggihan teknologi ini sangat fleksibel digunakan. Dan instagram shop juga menyediakan Instagram API dengan sistem lebih canggih agar pebisnis bisa membangun komunikasi yang efisien dengan konsumen.

Related Posts