Home Bisnis dan Usaha Cara Memaksimalkan Pemasaran Digital Bagi UMKM

Cara Memaksimalkan Pemasaran Digital Bagi UMKM

by Lara Nifa

Salah satu teknik pemasaran yang sudah banyak dikenal masyarakat sekarang ini yakni pemasaran digital. Dimana konsep tersebut telah diterapkan oleh berbagai perusahaan besar atau pelaku UMKM. Karena sempat menghadapi pandemi yang cukup lama, pemasaran digital memiliki peran penting dalam mempertahankan roda bisnis baik skala kecil hingga besar.

Pelaku UMKM diminta untuk terus dapat beradaptasi oleh semua kemajuan teknologi bila ingin bisnisnya terus maju serta tidak mengalami penurunan meski berada di masa sulit. Termasuk juga memahami terkait cara menerapkan pemasaran digital yang tetap untuk bisnisnya. Seperti yang kita ketahui bersama, dunia digital sedang mengalami perkembangan yang begitu pesat. Hampir semua orang sudah melek akan teknologi masa kini, dengan begitu pasar di dunia digital memiliki prospek yang besar bagi keberlangsungan sebuah usaha dibidang apapun.

Nah, dibawah ini terdapat beberapa hal yang dapat diterapkan oleh para pebisnis atau pelaku UMKM agar dapat mengoptimalkan kecanggihan teknologi lewat penerapan digital marketing atau pemasaran secara digital terkait produk dan jasa yang ditawarkan. Untuk lebih lengkapnya silahkan simak rangkumannya berikut ini.

Maksimalkan Digital Marketing untuk UMKM

1.       Digital Branding

Pertama adalah digital branding, jika Anda belum tahu tentang istilah tersebut, digital branding merupakan proses membingkai dan membangun brand Anda melalui online, seperti pemanfaatan aplikasi, website, sosial media dan lain sebagainya. Digital branding ini merupakan cara paling mudah dan masuk akal untuk menyampaikan sebuah kelebihan dari produk barang atau jasa yang Anda miliki. Sebab, para pengguna pun bisa dengan mudah mengakses segala hal terkait platform digital atau sejenisnya.

2.       Membuat Konten yang Selalu Fresh

Yang dimaksud membuat konten selalu fresh yakni berupa template konten promosi yang dapat meringkas atau menghemat uang serta waktu utama Anda. Dimana Anda bisa menggunakan waktu tersebut untuk melakukan upaya promosi produk secara berulang-ulang hingga berhasil mendoktrin isi kepala para pengguna jejaring internet.

3.       Menyiapkan segala halnya secara online

Bila Anda telah memutuskan untuk menerapkan pemasaran secara digital, maka aspek lain yang berkaitan dengan ini tentunya juga perlu Anda persiapkan. Mulai dari menyusun alur pemesan produk melalui online, sistem pembayaran online yang dapat diakses oleh semua calon konsumen, hingga pemilihan jasa ekspedisi yang cocok untuk proses pengiriman produk Anda. Mempersiapkan detail perihal pembayaran online pun merupakan salah satu hal yang perlu Anda terapkan.

4.       Menambahkan Konten Pemasaran yang Menarik

Penerapan strategi pemasaran digital tidak selalu soal menawarkan barang dan jasa saja, Anda juga dapat memberi konten-konten yang menarik agar membuat para pengunjung merasa tertarik dan penasaran untuk mendatangi toko online Anda. Konten pemasaran tersebut dapat berupa artikel, gambar atau video yang oleh bisnis dan usaha yang sedang Anda jalankan.

Misalnya, Bila Anda menjual sebuah produk konveksi, maka Anda dapat membuat sebuah video mengenai pengenalan bahan pakaian, jenis-jenis sablon untuk pakaian hingga desain-desain terbaru dan masih banyak lagi.

5.       Bergabung Kedalam Marketplace.

Sekarang ini sudah bukan menjadi rahasia lagi bila pemasaran digital sudah menjamur di masyarakat. Alasannya yang membuat pelaku UMKM dianjurkan untuk membuka toko online di marketplace yaitu karena proses pembayarannya sudah sangat aman dan terjamin. Sebab hadirnya pihak ketiga yang akan bertanggung jawab atas semua transaksi yang dilakukan antara penjualan dan pembeli.

Dengan bergabung bersama marketplace Anda juga berpeluang untuk berjumpa dengan para calon konsumen baru yang sedang mencari barang sesuai deskripsi produk pada toko online milik Anda sendiri.

Fungsi Pemasaran Secara Umum

  1.       Peningkatan angka penjualan

Fungsi utama dari pemasaran yaitu untuk meningkatkan angka penjualan yang nantinya akan mempengaruhi penghasilan. Semakin tinggi aktivitas pemasaran, tentu akan semakin besar juga produk barang atau jasa bisa laku

  1.       Pengenalan produk

Fungsi pemasaran selanjutnya yakni sebagai langkah pengenalan produk, dimana dengan melakukan aktivitas pemasaran ini, produk Anda akan lebih mudah untuk dikenali oleh masyarakat secara luas, apalagi dilakukan melalui online. Seperti yang kita ketahui bersama, jangkauan internet yang sangat luas memungkinkan seseorang bisa bertransaksi oleh pembeli dari berbagai belahan dunia.

  1.       Riset

Riset juga menjadi salah satu fungsi dari pemasaran. Dengan menerapkan pemasaran, maka dapat diketahui secara rinci target pelanggan, sebaran konsumen serta jenis produk yang dicari oleh mereka.

  1.       Kepuasan konsumen

Konsep pemasaran yaitu tidak cukup hanya dengan menawarkan produk yang berkualitas saja, namun juga soal kepuasan konsumen. Sebab kepuasan konsumen ini akan membuat penjualan suatu produk di kemudian hari dapat bertumbuh secara signifikan.

  1.       Kompetisi

Fungsi pemasaran berikutnya yakni sebagai bentuk kompetisi atau persaingan secara sehat dalam bidang bisnis. Agar dapat memenangkan sebuah persaingan bisnis, maka Anda harus menerapkan strategi promosi atau pemasaran dengan menampilkan keunggulan dengan membandingkan produk yang dimiliki para kompetitor Anda.

Related Posts