Home Tips Cara Melunasi Cicilan Kartu Kredit

Cara Melunasi Cicilan Kartu Kredit

by Lara Nifa
cicilan kartu kredit

Kartu kredit merupakan alat pembayaran yang sangat banyak dipakai oleh masyarakat saat ini, karena ketika ingin membeli sesuatu tidak perlu repot mengisi saldo atau membawa uang cash, akan tetapi banyak masyarakat salah menggunakan kartu kredit, seperti semua barang yang dibeli menggunakan kartu kredit secara bersama sama dan nominal yang dibeli tidak dipikirkan terlebih dahulu, ketika ada tagihan bulanan biasanya orang yang memakai kartu kredit secara berlebihan akan bingung mencari dana untuk menutupnya.

Pada kondisi pandemi saat ini alangkah baiknya menghindari cicilan, kredit atau hutang piutang yang bersifat agunan ke pihak bank, kecuali memang kebutuhan mendesak dan nasabah tentu tahu pemasukan setiap bulannya untuk menutup cicilan kredit tersebut. Ada beberapa strategi yang bisa Anda lakukan ketika ingin melunasi cicilan kartu kredit yang kemungkinan akan membengkak jika tidak segera dievaluasi, apa saja caranya? simak uraian dibawah ini ya.

Strategi Melunasi Cicilan Kartu Kredit

  • Selalu Menghitung Nominal pendapatan Bulanan

Strategi pertama yang bisa Anda lakukan adalah selalu menghitung jumlah pendapatan Anda per bulannya, misalnya dari gaji atau hasil penjualan, hasil usaha dan lain lain.
Anda bisa membuat tabel yang berisi apa saja yang digunakan lewat kartu kredit dan berapa nominal uang Anda satu bulannya, setelah itu kalkulasikan dua data tersebut dan pisahkan antara uang untuk mencicil kartu kredit dan sisa uang lainnya untuk hidup sehari-hari.

  • Selalu Memprioritaskan Membayar Cicilan Kartu Kredit

    Strategi selanjutnya adalah selalu mengutamakan untuk membayar tanggungan kartu kredit yang sudah Anda pakai, ketika Anda mendapatkan gaji atau hasil usaha lain maka langsung top up untuk melunasi cicilan kartu kredit sebelum jatuh tempo, Jika sering menunda nunda akan berdampak pada angsuran yang membengkak dan bunga yang harus dibayarkan semakin tinggi juga.
  • Mencari Side Job untuk Menambah Penghasilan

    Strategi selanjutnya adalah mencari pekerjaan tambahan jika nominal gaji untuk menutup cicilan kartu kredit tidak cukup. Beberapa nasabah kartu kredit memiliki kasus yaitu gaji sama dengan cicilan kartu kredit, hal ini membuat nasabah yang memiliki kartu kredit menjadi tidak mempunyai sisa dari gajinya selama satu bulan. Maka dari itu nasabah harus memiliki pekerjaan samping untuk memenuhi kebutuhannya sehari hari seperti, kerja part time di sore atau malam hari, ojek online, membuka jasa, berjualan online yang bisa dikerjakan dari rumah dan lain sebagainya. 
  • Menghindari Kartu Kredit dengan Bunga Besar

    Strategi selanjutnya yaitu dalam memilih bank kartu kredit yang memiliki bunga abodemen rendah, karena bunga yang ditawarkan sangat tinggi sehingga Anda harus survey terlebih dahulu sebelum mendaftar menjadi nasabah kartu kredit. Dalam strategi ini jika Anda sudah terlanjur untuk memiliki cicilan kartu kredit, segeralah melunasi cicilan kartu kredit ini, karena bunga kartu kredit akan semakin bertambah setiap tahunnya dengan minimal kenaikan adalah 3 persen.
  • Mengutamakan Menutup Cicilan Kartu Kredit dengan Tagihan Paling Rendah

    Strategi selanjutnya adalah dengan menutup atau melunasi semua tagihan cicilan kartu kredit dari paling rendah dan tidak lagi menggunakan kartu kredit kembali. Hal ini dilakukan supaya tidak berat dalam mengatur keuangan ketika tagihan-tagihan kartu kredit harus dibayarkan secara bersamaan.
  • Menjual Aset yang Memungkinkan Menutup

    Strategi yang mungkin bisa dicoba adalah menjual aset yang Anda miliki untuk menutup tagihan cicilan kartu kredit yang mungkin akan membengkak jika tidak segera menutup tagihan kartu kredit sudah jatuh tempo. Aset yang mungkin dapat dijual cepat seperti perhiasan, akta tanah, kendaraan dan sejenisnya. Jika tidak cepat Anda tutup, maka kartu kredit semakin banyak bunga yang akan diberikan pihak bank.
  • Mencari Tambahan dengan Meminjam ke Teman atau Personal

    Strategi yang mungkin bisa Anda coba adalah dengan meminjam dengan teman untuk sementara waktu dan memiliki nominal yang bervariasi akan tetapi Anda juga harus memperhatikan tenor yang diberikan teman atau peminjaman personal lainnya.

    Syarat utama jika ingin mencari tambahan dengan meminjam ke teman atau personal, agar lebih meyakinkan Anda harus memiliki data diri yang bersih dalam artian tidak memiliki kasus hukum yang menjurus tentang penggelapan uang atau terjerat masalah kredit macet.
  • Mengajukan Restrukturisasi Piutang

    Strategi yang mungkin menjadi pilihan terakhir yaitu dengan menutup piutang cicilan kartu kredit, jika semua cara di atas sudah dicoba akan tetapi tidak memberikan hasil memuaskan, Anda bisa mengajukan restrukturisasi piutang. Restrukturisasi adalah perbaikan yang dilakukan oleh pihak bank untuk memberikan keringanan bagi para nasabah memiliki kredit macet. Akan tetapi jika Anda mendaftarkan diri untuk nasabah restrukturisasi makan data diri Anda akan masuk ke dalam list nasabah yang memiliki riwayat kredit macet. Sehingga jika suatu saat Anda ingin mengajukan kartu kredit atau kredit ke leasing ataupun bank, tidak akan lolos survey. Pada intinya restrukturisasi ini bisa Anda ajukan dengan mendatangi bank terkait.
    Nah, itu dia cara melunasi kartu kredit yang mungkin bisa Anda coba, bijaklah dalam menggunakan kartu kredit supaya tidak membengkak dan terlilit hutang yang besar.

Related Posts