Home Administrasi Cara Lapor SPT Tahunan Badan

Cara Lapor SPT Tahunan Badan

by Lara Nifa
cara lapor SPT tahunan

Seiring perkembangan teknologi yang begitu canggih, tak jarang aktivitas pelayanan berbagai sektor bisa dilakukan secara mudah, terjangkau dan lebih cepat. Seperti layanan online perihal laporan SPT tahunan badan. Lewat cara tersebut, wajib pajak bisa menyampaikan langsung SPT tahunan badan dimanapun dan kapanpun, dan cara lapor SPT tahunan badan juga begitu mudah untuk dilakukan.

Hadirnya fasilitas online dapat membuat perusahaan ataupun pihak wajib pajak tidak perlu lagi repot untuk melaporkannya secara manual dengan datang ke kantor layanan pajak. Selain itu cara lapor SPT tahunan melalui online juga mempunyai keunggulan, seperti mencegah denda dari keterlambatan lapor pajak.

Karena dengan efiling pajak sendiri, pelaporan SPT tahunan badan bisa dilakukan via online serta real time lewat website resmi dari DJP atau Direktorat Jenderal Pajak.

Fasilitas pelaporan online ini selain bisa menghemat waktu, ternyata eFiling pajak lebih unggul sebab bisa menghemat pengeluaran operasional dimana Anda sudah tidak harus lagi untuk bolak balik ke kantor pajak untuk melengkapi dan menyelesaikan berbagai kebutuhan laporan pajak.

Walau demikian, masih banyak juga wajib pajak yang belum biasa dengan metode lapor SPT tahunan via online. Masyarakat pun masih banyak juga yang menggunakan cara manual dengan datang langsung ke kantor pajak untuk melakukan lapor pajak.

Untuk Anda yang sampai sekarang belum terbiasa tentu melapor SPT tahunan secara online akan terasa membingungkan. Hal ini dikarenakan, terdapat beberapa hal yang perlu Anda ketahui serta persiapkan sebelum Anda melakukan pelaporan pajak online.

Poin utama yang wajib Anda ketahui yakni dengan e Filing lapor SPT tahunan, maka di awal data SPT harus Anda buat dengan bentuk elektronik lewat aplikasi e-SPT yang dimiliki oleh DJP itu sendiri. Setelah itu, sebelum Anda memanfaatkan layanan dari e-Filling SPT Tahunan Badan, sebaiknya memastikan bahwa Anda sudah mengaktifkan EFIN di kantor pajak tempat Anda sudah terdaftar di sana.

EFIN pajak merupakan no identitas elektronik yang diterbitkan oleh DJP kepada wajib pajak yang melakukan transaksi secara online, berupa eFiling.

Mengenai Dasar hukum terkait cara lapor SPT tahunan melalui online dan untuk jenis wajib pajak tertentu, pihak DJP sudah menetapkan aturan wajib e Filing lapor SPT tahunan. Demikian juga perihal penetapan saluran resminya efiling pajak yang merupakan mitra dari DJP.

Cara Lapor SPT Tahunan Badan

ilustrasi cara lapor SPT tahunan

Agar bisa memudahkan para pelapor, pihak DJP telah menyiapkan layanan eFiling yang bisa di akses di laman resmi DJP online.

Perlu Anda ketahui sebelum Anda melakukan pelaporan pajak via online, Anda perlu memperoleh EFIN pajak dahulu. Dengan mengunjungi kantor pajak yang sudah terdaftar nama Anda untuk melayangkan permohonan aktivasi terkait EFIN pajak, dan tidak bisa diwakilkan oleh orang lain.

Apabila EFIN pajak Anda telah diperoleh, silahkan melakukan aktivasi dengan melakukan cara seperti dibawah ini:

  • Pertama Anda harus mengunjungi situs resmi dari pihak DJP
  • Mengisi nomor EFIN pajak yang sudah diterima serta NPWP untuk verifikasinya
  • Kemudian, secara otomatis nanti nama wajib pajak terisi. Anda perlu memeriksa lagi serta memastikan semuanya sudah sama dengan identitas milik Anda
  • Melakukan registrasi, dengan mengisi alamat email serta nomor ponsel yang aktif
  • Membuat password lalu klik simpan
  • Membuka kotak masuk di email yang sudah Anda daftarkan
  • Klik tautan yang sudah masuk ke dalam email Anda guna untuk aktivasi akun, dengan begitu Anda sudah siap melakukan pelaporan pajak melalui online

Cara Lapor SPT Tahunan Badan Online dengan e-Filing

Perhatikan cara melakukan lapor SPT tahunan online lewat e-Filing dibawah ini:

  • Pertama Anda masuk ke akun e-Filing
  • Klik tulisan e-Filing lalu pilihlah menu buat SPT
  • Setelah itu Anda akan menemukan beberapa pertanyaan, jawab dengan tepat supaya sistem dapat jenis formulir SPT berdasarkan SPT dengan profil milik Anda.
  • Lalu masukkan sebuah kode verifikasi yang sudah Anda terima melalui email
  • Proses laporan telah selesai, setelah itu Anda hanya perlu meng-klik opsi kirim SPT

Cara Mengisi SPT Tahunan Badan

Perihal mengisi SPT Tahunan Badan cukup sederhana, dimana Anda hanya perlu melengkapi profil mengenai wajib pajak, seperti:

  • Bukalah aplikasi e-SPT Tahunan lalu database nya wajib pajak
  • Isilah NPWP jika database Anda masih baru
  • Isilah menu profil wajib pajak hingga halaman kedua
  • Lalu klik simpan

Berikutnya, buatlah SPT baru. Jika profil sudah tersimpan, nantinya akan muncul dialog box untuk keperluan login e-SPT. Tinggal memasukkan username serta passwordnya. Untuk cara pembuatan SPT seperti berikut ini:

  • Klik opsi program lalu buat SPT baru
  • Pilihlah Tahun pajak serta status
  • Klik buat

Itulah cara lapor SPT Tahunan Badan yang bisa Anda lakukan. Sangat mudah bukan? Apalagi saat ini berbagai fasilitas sudah sangat lengkap dengan adanya sarana internet, semuanya menjadi lebih mudah dan praktis tanpa harus repot-repot pergi ke kantor pajak terdekat.

 

 

 

Related Posts