Home Administrasi Cara Lapor Pajak Online Menggunakan e-Filing

Cara Lapor Pajak Online Menggunakan e-Filing

by Greg Pascal
cara lapor pajak

Sebagai Wajib Pajak Orang Pribadi (WP OP) maupun badan atau perusahaan, kini bisa melaporkan SPT pajak penghasilan atau PPh dengan mudah, karena cara lapor pajak bisa dilakukan secara online menggunakan layanan e-Filing.

Semenatara itu, SPT merupakan surat yang digunakan wajib pajak untuk melaporkan kewajiban pajaknya, termasuk melaporkan penghitungan pajak penghasilan dan objek pajak, yang mana pelaporannya bisa melalui e-Filing.

Apa itu e-Filing?

e-Filing adalah cara untuk menyampaikan SPT Tahunan secara elektronik melalui layanan online dan secara real-time, yang dapat dilaporkan melalui situs resmi DJP di www.djponline.pajak.go.id atau ASP (Aplication Service Provider) yang terdaftar secara resmi.

Kehadiran e-Filing pajak memungkinkan wajib pajak melaporkan SPT kapan saja dan dimana saja sebelum tenggat waktu yang ditentukan, sehingga tidak perlu lagi datang ke Kantor Pajak melakukan antrian untuk melaporkan SPT tersebut.

Jenis Formulir SPT 

Dalam penyampaian SPT pajak online khusus untuk Wajib Pajak Orang Pribadi melalui e-Filing melayani jenis SPT ini, diantaranya:

1 . Formulir 1770

Formulir ini untuk Wajib Pajak Orang Pribadi yang memiliki penghasilan dari pekerjaan bebas dari satu atau lebih pemberi kerja, dikenakan Pajak Penghasilan Final dan atau bersifat Final.

2. Formulir 1770 S

Bentuk formulir yang digunakan Wajib Pajak Orang Pribadi yang penghasilannya diperoleh dari satu atau lebih pemberi kerja, juga memiliki penghasilan lain yang bukan dari kegiatan usaha atau pekerjaan bebas.

3. Formulir 1770 SS

Formulir ini digunakan Wajib Pajak Orang Pribadi yang penghasilannya selain dari usaha atau pekerjaan bebas, dimana jumlah pendapatan kotor tidak lebih dari Rp 60 juta setahun.

Cara Lapor SPT Melalui e-Filing

1. Menyiapkan Bukti Potong Pajak

Langkah pertama, siapkan terlebih dahulu bukti potong pajak dari perusahaan tempat bekerja atau pemberi kerja. Untuk pegawai swasta bentuk lembaran bukti potong 1721 A1, dan PNS lembar bukti potong 1721 A2. Apabila belum menerima, segera minta ke bendahara perusahaan.

cara lapor pajak

Baca Artikel Selanjutnya :

2. Buat EFIN

Apabila anda belum punya EFIN, maka bisa membuatnya langsung di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) atau Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) terdekat.

Wajib Pajak harus mengisi, menandatangani dan menyampaikan formulir permohonan Aktivasi EFIN dengan menunjukan fotokopi KTP (bagi WNI) atau paspor dan KITAS/KITAP (bagi WNA, NPWP atau Surat Keterangan Terdaftar (SKT).

3. Daftar Akun DJP Online 

Langkah selanjutnya, melakukan pendaftaran akun DJP Online melalui situs djponline.pajak.go.id dengan klik Daftar, kemudian isi kolom NPWP, EFIN dan kode keamanan, lalu klik Verifikasi.

Cek email anda, terdapat link untuk mengaktifkan akun DJP Online, termasuk identitas pengguna berupa NPWP dan kata sandi yang digunakan untuk login di situs DJP Online.

4. Lapor SPT Pajak Melalui e-Filing

Sebagai contoh lapor SPT Tahunan dengan formulir 1770 SS melalui e-Filing yang diakses di ponsel anda. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka situs djponline.pajak.go.id, kemudian masukan NPWP dan kata sandi yang sebelumnya dikirim ke email anda.
  2. Kemudian pilih layanan e-Filing, klik Buat SPT
  3. Menjawab beberapa pertanyaan yang tersedia secara lengkap, sebelum masuk ke SPT 1770 SS
  4. Lalu klik SPT 1770 SS, kemudian isi formulir data seperti tahun pajak, status SPT normal, apabila status SPT pembetulan maka isi pembetulan yang ke berapa
  5. Isi data SPT yang tersedia sesuai dengan penghasilan anda, setelah selesai diisi pada bagian pernyataan, lalu klik Setuju
  6. Klik berikutnya, anda akan menerima rincian SPT, dan kode verifikasi. Ambil kode verifikasi tersebut dengan klik Disini
  7. Buka email atau ponsel anda, terdapat kode verifikasi yang harus anda salin ke kolom kode verifikasi di rincian SPT tadi
  8. Langkah selanjutnya, klik kirim SPT
  9. Buka email, maka anda akan menerima Bukti Penerimaan Elektronik (BPE) SPT Tahunan Pajak Penghasilan (PPh)

Itulah cara lapor SPT pajak melalui e-Filling dari ponsel lebih mudah dan praktis bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja sesuai dengan batas waktu yang telah ditentukan.

Alasan Lapor Pajak Melalui e-Filing

Lapor SPT pajak melalui e-Filing lebih cepat dan akurat, serta lebih praktis dan terjamin kerahasiaannya. Anda tidak perlu repot antri di Kantor Pelayanan Pajak, cukup isi SPT secara online dari rumah, kemudian tanda bukti terima SPT akan dikirim melalui email.

Selain itu, lapor SPT pajak secara online dapat mengurangi penggunaan kertas, serta melalui online data akan tersimpan dengan aman, jika suatu saat dibutuhkan tinggal ambil saja data SPT yang tersimpan di email anda. Lebih praktis bukan?

Demikian informasi terkait cara lapor pajak secara online melalui e-Filing, dengan memanfaatkan koneksi internet dan layanan situs  DJP Pajak Online, dapat memudahkan lapor SPT Tahunan dimana saja dan kapan saja. Jangan lupa bayar pajak penghasilan anda ya!

Related Posts