Home Perencanaan Cara Klaim BPJS Ketenagakerjaan

Cara Klaim BPJS Ketenagakerjaan

by Lara Nifa
cara klaim BPJS ketenagakerjaan

Cara klaim BPJS Ketenagakerjaan saat ini dirasa cukup memudahkan bagi masyarakat, khususnya untuk para pekerja yang terdaftar dan terjamin oleh BPJS. Secara garis besar terdapat dua cara untuk mencairkan saldo, kedua cara tersebut yaitu dapat dilakukan secara online maupun offline. Untuk secara Online sendiri dapat  melalui aplikasi dan situs resmi BPJS Ketenagakerjaan.

Sedangkan cara dan langkah untuk Klaim BPJS Ketenagakerjaan secara offline, maka Anda bisa mengunjungi ke lembaga perbankan atau bank yang telah bekerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan. Apabila kartu BPJS Ketenagakerjaan Anda hilang atau tidak ada, maka sebelumnya Anda perlu untuk membuat surat keterangan hilang terlebih dahulu.

Tidak hanya perlu menyiapkan kartu BPJS Ketenagakerjaan. Persyaratan untuk mencairkan saldo BPJS Ketenagakerjaan antara lain KTP, Kartu Keluarga (KK), Buku Rekening, Surat Keterangan Kerja Aktif, Paklaring , NPWP, dan Foto terbaru.

Dokumen yang Harus Disiapkan

Langkah  pertama dalam pengajuan klaim BPJS Ketenagakerjaan adalah dengan menyiapkan dokumen serta  persyaratan pengajuan klaim. Untuk cara pengajuan BPJS Ketenagakerjaan baik secara online dan offline, sangat diperlukan untuk mempersiapkan dokumen ini.

Selain dokumen yang dipindai atau dijadikan format PDF untuk pengajuan klaim BPJS Ketenagakerjaan secara online, harap siapkan dokumen fisik. Dalam rangka mengajukan klaim, Anda perlu menyiapkan dokumen-dokumen sebagai berikut:

  1. Menyiapkan Kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan milik Anda.
  2. Menyiapkan identitas diri KTP. Jika Anda tidak memiliki KTP, Anda harus menyertakan Surat Keterangan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) setempat, untuk menyatakan bahwa KTP Anda masih dalam proses.
  3. Menyiapkan Buku Rekening. Buku tabungan dengan nomor rekening yang tertera di halaman dan masih aktif.
  4. Menyiapkan Kartu Keluarga (KK).
  5. Menyiapkan surat keterangan kerja yang dikeluarkan oleh perusahaan atau kantor Anda, yang digunakan untuk menjelaskan nilai klaim yang dibuat oleh peserta.
  6. Menyiapkan surat berhenti bekerja yang ditujukan khusus untuk klaim BPJS Ketenagakerjaan.
  7. Lengkapi formulir pengajuan klaim.
  8. Menyiapkan NPWP apabila saldo BPJS melebihi Rp50 juta.
  9. Foto terbaru diri Anda (tampak depan).

Cara Klaim BPJS Ketenagakerjaan Melalui Aplikasi dan Website

BPJS ketenagakerjaan klaim

Untuk bisa mempraktekkan cara klaim BPJS Ketenagakerjaan, peserta harus memiliki nomor antrian terlebih dahulu. Nomor antrian untuk klaim BPJS Ketenagakerjaan dapat diperoleh secara online dengan cara melalui aplikasi BPJSTK atau website sso.bpjsketenagakerjaan.go.id.

Berikut cara mengetahui dan memperoleh nomor antrian BPJS Ketenagakerjaan:

  1. Cara mengajukan klaim BPJS Ketenagakerjaan yang adalah dengan cara mendownload aplikasi BPJSTKU atau Anda juga bisa mengunjungi website resmi sso.bpjsketenagakerjaan.go.id melalui smartphone atau laptop yang ada.
  2. Untuk langkah selanjutnya, Anda perlu masuk ke akun BPJS Ketenagakerjaan. Namun, apabila Anda belum memiliki akun BPJS, Anda dapat mendaftar BPJS Ketenagakerjaan melalui kotak “Daftar Pengguna” terlebih dahulu.
  3. Apabila Anda sudah berhasil mendaftar dan sudah masuk ke akun Anda. Cara klaim biaya BPJS Ketenagakerjaan selanjutnya adalah dengan memilih menu klaim saldo.
  4. Selanjutnya Anda perlu mengisi form informasi dengan menyertakan nomor kartu BPJS Ketenagakerjaan yang Anda miliki, kemudian pada menu selanjutnya Anda harus memilih menu pengajuan klaim.
  5. Setelah itu maka akan ada opsi “Jenis Klaim” yang ditampilkan. Peserta bisa memilih salah satunya. Seperti pensiun, pengunduran diri atau  pemutusan hubungan kerja (PHK).
  6. Apabila semua data sudah terisi dengan lengkap, langkah selanjutnya Anda tinggal memilih menu kirim yang ada pada halaman tersebut
  7. Kemudian, daftar dokumen yang diperlukan untuk melengkapi persyaratan ditampilkan. Cara mengajukan klaim BPJS Ketenagakerjaan di bagian ini Anda harus mengunggah semua file dokumen yang diperlukan secara online.

Setelah semua proses dilakukan, Anda hanya perlu menunggu email berupa konfirmasi dari BPJS Ketenagakerjaan. Email tersebut akan berisi informasi antrian dan tanggal serta cabang BPJS Ketenagakerjaan untuk melanjutkan proses klaim BPJS Ketenagakerjaan.

Cara Klaim BPJS Ketenagakerjaan Melalui LAPAK ASIK 

  1. Cara pengajuan klaim BPJS Ketenagakerjaan melalui layanan LAPAK ASIK bisa dengan mendaftar melalui aplikasi BPJSTKU atau juga bisa melalui website antrian.bpjsketenagakerjaan.go.id
  2. Selanjutnya Anda perlu menentukan tanggal yang masih tersedia, waktu aplikasi dan juga cabang.
  3. Menyiapkan semua file dokumen yang kemudian Anda kirimkan ke email kantor cabang yang Anda pilih.
  4. Pastikan email dan nomor ponsel yang terdaftar memiliki aplikasi Whatsapp dan selalu aktif selama proses pengajuan klaim. Hal ini karena informasi dan konfirmasi akan dilakukan melalui video call untuk menunjukkan dokumen asli
  5. Apabila semua syarat dan dokumen telah lengkap, maka proses klaim akan dilanjutkan sampai dengan dana akan ditransfer ke rekening Anda.

Itulah panduan dan beberapa langkah atau cara klaim BPJS Ketenagakerjaan yang dapat Anda lakukan dengan mudah. Semoga pembahasan kali ini dapat berguna untuk Anda.

Related Posts