Home Perencanaan Cara Kerja di Jepang dan Persiapannya

Cara Kerja di Jepang dan Persiapannya

by Lara Nifa
kerja di Jepang

Dapat bekerja di luar negeri pasti menjadi impian sebagian besar masyarakat Indonesia, apalagi mereka yang masih berusia muda. Banyak negara yang menjadi incaran kaum muda salah satunya Negeri Sakura Jepang. Kenapa banyak yang ingin kerja di Jepang? Berikut ini adalah ulasannya.

Alasan memilih bekerja di Jepang.

Alasan Jepang menjadi incaran menurut survei dari beberapa sumber adalah sebagai berikut :

  • Gaji di Jepang jauh lebih besar 

Tentu incaran para pencari kerja yang ingin bekerja di luar negeri adalah gaji. Memang,jika dibandingkan dengan bekerja di Indonesia, gaji di Jepang jauh lebih besar. Sama-sama bekerja di pabrik, namun di Jepang gaji pegawai bisa mencapai Rp. 15.000.000,- hingga Rp. 30.000.000,- per bulan, berbeda jauh jika dibandingkan dengan pekerja pabrik di Indonesia yang gajinya hanya Rp. 4.000.000,- hingga Rp. 5.000.000,- perbulannya.

  • Dapat merasakan musim yang ada di Jepang

Bekerja di luar negeri itu juga menyenangkan, karena kita dapat menikmati dan merasakan perbedaan musim. Di Jepang memiliki empat musim, gugur, salju, semi dan panas. Tentu akan menjadi kenangan tersendiri bagi kita yang bekerja disana, karena di negara tropis seperti Indonesia hanya memiliki dua musim saja.

  • Mengumpulkan modal usaha

Biasanya mereka yang bekerja di luar negeri akan menyisihkan gajinya untuk membuka sebuah bisnis atau usaha saat kembali ke negeri tercinta atau mengirimkan uang tersebut ke keluarga di Indonesia agar dapat membuka usaha kecil untuk menunjang ekonomi sehari-hari.

  • Menjadikannya sebagai pengalaman kerja

Dapat bekerja di luar negeri tentu menjadi pengalaman yang baik, apalagi jika kalian bermaksud untuk tetap bekerja di negara tersebut. Pengalaman bekerja di suatu tempat dalam jangka waktu 3 sampai 4 tahun, jelas akan membantu kalian dalam mencari pekerjaan lain dan tentu saja akan mendapatkan posisi yang baik pula.

Syarat Agar Bisa Kerja di Jepang 

Tentu jika ingin bekerja di suatu tempat, anda harus memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh tempat tersebut. Apalagi jika ingin bekerja di luar negeri terutama Jepang, tentu syarat yang diajukan juga tidak mudah.

Dibawah ini adalah persyaratan umum jika ingin bekerja di Jepang :

  • Sudah berusia minimal 19 tahun dan memiliki KTP.
  • Sehat jasmani dan rohani.
  • Minimal lulusan Diploma 3 atau Sarjana (ini sesuai dengan jurusan yang dibutuhkan)
  • Tidak memiliki riwayat penyakit, seperti : Hepatitis, Jantung, TBC, Kanker, Asma, Diabetes dll.
  • Tidak memiliki tato dan bertindak (bagi pria).
  • Tidak mengkonsumsi narkoba atau obat-obatan terlarang.
  • Wajib mengikuti pelatihan berbahasa dan budaya Jepang, sampai dengan waktu akan berangkat.

Cara Agar Bisa Kerja di Jepang 

Jika seluruh syarat sudah terpenuhi tentunya harus mulai mempersiapkan diri, agar saat akan berangkat ataupun sudah sampai di Jepang tidak ada hal yang tertinggal atau kurang. Apa sajakah yang harus dipersiapkan :

  • Persiapkan mental dan niat

Selain harus memiliki niat yang kuat, juga harus mempersiapkan mental anda. Kenapa? Karena anda di Jepang bukan untuk berlibur, melainkan bekerja. Kebanyakan orang yang berpindah negara untuk bekerja, sekolah atau berada di negara lain dalam jangka waktu yang panjang pasti akan mengalami culture shock.

di jepang kerja yuk

Tidak berbeda budaya, disana juga akan berbeda bahasa, pola pandang, bahkan kebiasaan sehari-hari. Jadi, persiapkan itu semua bisa dengan cara menonton acara-acara televisi Jepang. Bukan acara drama saja, tapi bisa dengan menonton variety show, reality show dan lain sebagainya.

  • Dokumen keberangkatan

siapkan semua dokumen yang dibutuhkan, seperti paspor dan visa atau dokumen pendukung lainnya.

  • Persiapkan fisik

Lakukan medical check up, pastikan anda benar-benar sehat sebelum memutuskan berangkat. Terbiasa tinggal di Indonesia dengan iklim tropisnya, pasti akan jadi kesulitan tersendiri saat menghadapi empat iklim yang dimiliki Jepang.

Saat musim salju, udara disana bisa sangat dingin. Saat musim panas, kemungkinan akan jauh lebih panas dari musim panas di Indonesia. Jadi, berolahraga secara rutin dan mulailah menjalani hidup lebih sehat sebelum pergi ke Jepang.

  • Pelajari budaya dan kebiasaan.

Mengetahui tentang budaya suatu daerah atau negara adalah salah satu hal terpenting yang harus dilakukan. Bila perlu anda juga harus mengetahui apa yang boleh dan apa yang tidak boleh dilakukan di Jepang. Karena Jepang termasuk negara yang masih menjunjung tinggi adat istiadat nenek moyang. Terapkan istilah Dimana kaki berpijak, disitu langit dijunjung.

Pelajari tidak hanya bahasanya tapi juga bagaimana cara berbicara dengan atasan, teman sebaya, orang yang lebih muda dan cara berbicara dengan orang yang lebih tua. Jepang sangat menjunjung tinggi rasa saling menghormati satu sama lain.

Setelah semua penjelasan di atas, semoga bisa menjadi acuan dan bantuan informasi bagi anda yang akan kerja di Jepang. Di mana hal paling penting adalah selalu mempersiapkan diri agar bisa bekerja dengan baik di Negeri Sakura tersebut.

Related Posts