Home Bisnis dan Usaha Cara Jualan Online Untuk Pemula

Cara Jualan Online Untuk Pemula

by Lara Nifa

Bisnis atau berjualan online saat ini sedang sangat disukai oleh masyarakat Indonesia. Tidak sedikit dari mereka yang mulai membuka usaha online. Semua itu dikarenakan prospeknya yang cukup menjanjikan, sebab bisa menarik banyak konsumen dari berbagai wilayah bahkan hingga keluar negeri. 

Karenanya, bila Anda memang tertarik tidak ada salahnya untuk mempelajari cara berjualan online supaya mengetahui seluk beluk dunia online. Sebab walau hanya melalui daring, Anda tetap harus menentukan target pasar dan juga rencana bisnis yang tepat.

Mempersiapkan mental 

Hal pertama yang harus Anda miliki sebagai seorang pedagang adalah mental yang sudah dipersiapkan secara matang. Ini tidak hanya berlaku di online saja sebenarnya, tetapi di seluruh bisnis berbasis apapun.

Mengapa harus mempunyai mental kuat? Karena dunia perdagangan baik online maupun offline, pasti mempunyai banyak pesaing. Tentunya hal inilah yang terkadang membuat seorang pebisnis harus selalu memutar otak agar tetap bisa bertahan.

Belum lagi bila Anda memang belum pernah menjual produk yang dimiliki secara online, pastinya akan menjadi tantangan tersendiri. Sama halnya dengan membuka sebuah toko, Anda akan memerlukan promosi dan lain sebagainya begitu pula dengan online. Agar banyak orang yang mengenal produk Anda, maka harus gencar pula untuk memperkenalkannya.

Sejujurnya melakukan promosi secara online dan offline memang jauh berbeda, Anda harus benar-benar mempelajari banyak hal. Jadi agar tidak bingung, tidak ada salahnya untuk mempekerjakan seseorang yang memang ahli di bidang marketing digital.

Menentukan produk yang akan dijual

Selanjutnya yang harus dilakukan adalah tentukan produk Anda. Mungkin bisa mencoba dengan satu produk yang memang sedang viral. Misalnya saat ini penjual cookies jumbo dengan tren. Anda dapat mencoba dengan jenis produk yang sama, tetapi dimodifikasi sedikit agar tidak terlalu mirip sehingga mendapat cap plagiat.

Membuat rencana bisnis

Rencana bisnis disini bisa berupa target pasar, harga jual, nama toko online, produk yang akan dijual dan lain-lain. Kemudian pastikan ketika memilih nama, carilah yang memang mudah untuk diingat supaya pelanggan tidak bingung dan gampang ketika mencari toko Anda melalui mesin pencari.

Selanjutnya adalah mempromosikannya, Anda bisa memanfaatkan fitur berbayar yang terdapat di media sosial, disana Anda juga dapat menentukan wilayah, rentang usia hingga gender dari target pasar Anda. Selain itu Anda juga dapat meminta bantuan dari kerabat dan teman untuk menjadi perantara.

Cari supplier yang tepat

Bila Anda sudah mengetahui akan menjual produk apa dan siapa saja yang menjadi targetnya. Hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah mencari supplier. Carilah tidak hanya karena harganya murah, namun kualitas dari barang juga harus baik.

Karena pastinya konsumen akan merasa kecewa bila kualitas produk Anda buruk. Lalu, jangan hanya mempunyai satu supplier. Ini bertujuan agar ketika supplier A sedang kehabisan produk, Anda tidak kebingungan.

Memilih lokasi untuk jualan

Sama halnya dengan membuka toko offline, dimana Anda harus mencari lokasi strategis agar dagangan Anda laku. Begitu juga ketika ingin berjualan online, hanya bedanya ini memilih platform yang akan digunakan.

Misalnya media sosial (facebook, instagram, tiktok atau whatsapp), e-commerce dan lain sebagainya. Anda harus tahu dan memilih secara tepat platform mana yang sekiranya bisa membuat pelanggan datang dan membeli produk Anda. Bisa juga dengan memanfaatkan blog atau website sebagai sarana jualan serta promosi.

Selalu promosikan produk Anda sesering mungkin

Mau bisnis baru atau lama, promosi tetap menjadi senjata utama khususnya untuk bisnis online. Mengapa? Karena bisnis ini tidak mempunyai toko fisik yang bisa selalu dilihat oleh orang banyak.

Jadi, Anda harus rutin dan rajin mempromosikan produk tersebut dengan gencar. Banyak sekali cara yang dapat Anda gunakan, misalnya dengan memanfaatkan fitur promosi pada platform pilihan dimana Anda berjualan.

Kelola arus keuangan

Pada bisnis online, perihal keuangan mungkin terbilang cukup sulit untuk dikelola karena pastinya Anda menggunakan banyak sarana ketika melakukan transaksi. Misalnya ada yang masuk ke rekening bank, e-wallet atau bank digital.

Tentunya akan sedikit merepotkan ketika akan dijadikan pembukuan. Jadi, ada baiknya bila Anda membuat satu rekening yang memang khusus untuk menampung transaksi tersebut dan memang disini Anda harus meluangkan waktu untuk selalu memeriksanya. Karena jika tidak begitu, tentunya Anda tidak bisa mengetahui berapa keuntungan yang dimiliki. 

Selalu evaluasi bisnis Anda 

Semua orang yang memiliki bisnis memang wajib mengevaluasi usaha yang dijalankannya. Mulai dari performa toko, produk, hingga promosi. Anda harus mau membaca review dari pelanggan, baik itu yang buruk maupun yang baik. Dengan begitu Anda akan mengetahui apa yang menjadi alasan konsumen memberikan penilaian tersebut.

Karena bagaimanapun, Anda harus menjaga kualitas dari produk dan pelayanan. Supaya pelanggan tetap setia untuk membeli produk tersebut secara terus menerus. 

Related Posts