Home Bisnis dan Usaha Cara Jualan Online Cepat Laku

Cara Jualan Online Cepat Laku

by Lara Nifa

Setiap pedagang tentunya akan sangat senang ketika berhasil menarik minat pelanggan untuk membeli produknya, karenanya pasti banyak yang mencari cara agar barang dagangannya bisa cepat laku. 

Tentunya ini juga berlaku bagi mereka yang berjualan online, dengan lakunya produk secara terus menerus. Pastinya agar bisa selalu laris, membutuhkan strategi yang baik. Mau apapun produk yang dijual, langkah yang harus dilakukan tidaklah berbeda.

Pilihlah produk yang tepat

Produk disini tidak harus milik pribadi, Anda bisa membeli dari pedagang lain kemudian menjualnya kembali dengan harga yang sesuai. Anda dapat mencari supplier yang mau memberikan harga harga yang lebih murah, sehingga ketika Anda akan menawarkan ke pelanggan tidak terlalu tinggi.

Beberapa hal yang harus diperhatikan ketika memilih produk untuk dijual kembali :

  • Bermanfaat bagi banyak orang
  • Berkualitas baik
  • Harga bersaing
  • Unik dan menarik
  • Tentukan supplier

Jangan terlalu terpaku dengan produk yang sedang populer, karena belum tentu akan bisa bertahan lama di pasaran, maksudnya hanya laris saat itu saja selanjutnya bisa saja hilang dari peredaran. 

Pilih marketplace yang terpercaya

Apabila sudah menentukan produk untuk dijual yang cocok, Anda dapat segera mulai menjualnya di marketplace. Nah, ada baiknya juga Anda memilih ingin mempromosikan barang tersebut dimana, misalnya marketplace media sosial atau e-commerce.

Mengapa? Karena membuat online shop di marketplace atau e-commerce merupakan cara tercepat, mudah serta murah guna memulai usaha online. Kemudian ketika Anda memutuskan untuk membuka toko di salah satu e-commerce, biasanya mereka mempunyai banyak penawaran. 

Buatlah foto katalog produk sebagus mungkin

Selanjutnya yang bisa Anda lakukan ketika produk dan toko online telah dipersiapkan adalah mulai mengambil gambar produk sebagus mungkin untuk dipajang pada etalase (katalog) online shop.

Berikut dibawah ini adalah beberapa tips agar foto produk terlihat bagus dan menarik :

  • Gunakan warna background yang netral, agar bisa pakai untuk segala jenis warna produk.
  • Pencahayaannya harus baik, Anda bisa mengambil foto diluar ruangan atau bila ingin di dalam ruangan. Pastikan cahayanya bagus.
  • Tentukan temanya agar foto produk menjadi lebih menarik.
  • Buatlah pengaturan pada kamera Anda secara maksimal untuk mendapatkan hasil foto yang baik.
  • Ambilah gambar atau foto dari beberapa sudut yang berbeda untuk satu varian produknya.
  • Hindari penggunaan zoom, karena nanti hasil foto bisa terlihat pecah.

Bila semua hal diatas sudah dilakukan, sebagai tambahannya Anda bisa menggunakan fitur editing foto agar bisa sedikit memberikan sentuhan terakhir di foto dan jangan lupa untuk menambahkan watermark. Ini bertujuan, agar foto produk tidak digunakan oleh orang lain.

Apabila dirasa foto untuk katalog sudah sempurna, silahkan di upload pada toko online yang Anda miliki. Jangan lupa untuk memberikan keterangan manfaat dan cara penggunaan pada kolom deskripsi.

Isi kolom deskripsi sejelas mungkin

Selain membuat foto yang unik dan menarik untuk katalog, selanjutnya adalah menambahkan deskripsi atau informasi terkait produk. Pada kolom deskripsi tersebut, silahkan menuliskan tentang :

  • Mengenai penjelasan secara teknis dari produk yang dijual.
  • Mengenai manfaat produk tersebut bagi konsumen.
  • Jelaskan secara singkat, apa saja yang bisa dirasakan oleh konsumen bila menggunakan produk tersebut.
  • Bila Anda menjual tas, pakaian atau makanan. Maka sebutkan ukuran, warna, atau varian rasanya.
  • Sebutkan lokasi tempat Anda berada.
  • Beritahukan juga perihal apakah jika ada kerusakan atau tidak sesuai, pelanggan bisa mendapatkan pengganti atau uang kembali.

Jelaskan semuanya secara baik, jujur dan sejelas mungkin. Dengan begitu konsumen tidak akan merasa dibohongi ketika mereka membeli hingga barang diterima.

Lakukan promosi melalui sosial media

Foto produk sudah ada, toko online telah siap dan deskripsi yang menarik, setelah itu yang harus dilakukan tinggal mempromosikan produk yang ada dengan cara memanfaatkan media sosial yang Anda miliki.

Anda dapat membuat promosi mengenai produk tersebut melalui Facebook, Instagram, TikTok atau pun Whatsapp. Share juga link toko online yang Anda miliki supaya ketika ada yang ingin membeli mereka bisa melakukan prosesnya sesuai dengan ketentuan.

Lagipula melakukan promosi di akun media sosial pribadi tidak dikenakan biaya apapun, kecuali Anda menggunakan fitur untuk promosi. Tentunya ketika mengaktifkan fitur tersebut, bisa menjangkau lebih banyak calon konsumen.

Iklankan tokomu 

Terakhir adalah dengan menggunakan layanan iklan berbayar yang disediakan oleh Facebook, Instagram serta TikTok. Dimana ketika fitur ini diaktifkan, Anda bisa menjangkau lebih banyak orang, karena iklan dari produk yang Anda miliki akan muncul pada beranda sosial media mereka secara otomatis.

Nah, itulah tadi 6 cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat jualan online menjadi lebih laris dan pundi-pundi uang mengalir dengan lancar ke rekening yang dimiliki. Jangan lupa juga untuk selalu mengupdate secara berkala produk yang ada supaya pelanggan tahu bila online shop Anda buka dan masih aktif.

Related Posts