Home Bisnis dan Usaha Cara Jualan di Lazada Beserta Syaratnya

Cara Jualan di Lazada Beserta Syaratnya

by Lara Nifa
Cara Jualan di Lazada Beserta Syaratnya

Maraknya jual beli online saat ini menjadi daya tarik sendiri bagi mereka para pengusaha di Indonesia. Minat masyarakat akan transaksi jual beli online semakin hari semakin tinggi. Hal ini membuat bisnis online begitu menjanjikan dan memiliki prospek bagus.

Parahnya lagi, banyak toko-toko atau gerai konvensional yang akhirnya gulung tikar karena turunnya omset penjualan. Jaman sekarang masyarakat lebih menyukai berbelanja yang mudah dan praktis, salah satunya yakni berbelanja melalui online di berbagai macam situs atau marketplace ternama, misalnya Lazada.

Jumlah barang atau produk yang tersedia lewat Lazada juga sangat beragam serta banyak dikenal banyak orang. Tidak berbeda jauh dengan marketplace ternama lainnya, Lazada turut menawarkan kemudahan untuk para pelaku/pengguna bisnis online.

Kondisi inilah yang membuka-kan peluang untuk menjalani bisnis online yang cukup menjanjikan untuk para pelaku usaha agar bisa mengembangkan produk yang mereka miliki. Nah, apabila Anda berniat menjalankan bisnis di Lazada, silahkan simak ulasannya dibawah ini.

1.       Mendaftar di Lazada

Tahap awal yang perlu dilakukan agar bisa berjualan di Lazada yaitu mendaftarkan diri dahulu sebagai anggota baru. Nah, tahapan mendaftarnya antara lain:

  •  Kunjungi situs website resmi milik Lazada
  •  Kemudian klik opsi jual di Lazada, tepatnya di sisi bawah pada halaman utama
  • Lalu klik Daftar Sekarang
  •  Isilah kolom pendaftaran berdasarkan petunjuk yang ada, mulai dari lokasi toko, tipe toko, nomor telepon, kata sandi, email, nama toko serta validasi. Caranya dengan menggeser slider arah ke kanan.
  • Melakukan aktivasi akun berdasarkan instruksi yang ada
  •  Unggah kartu identitas, seperti KTP serta halaman depan untuk buku rekening bank yang aktif

2.       Menandatangani Kontrak

Agar bisa melengkapi tahap pendaftaran, para calon penjual diminta untuk tanda tangan kontrak perjanjian kepada pihak Lazada. Bagian ini begitu penting  untuk dicermati dan dibaca dengan detail, supaya tidak terjadi kesalahpahaman atau salah penafsiran yang nantinya merugikan salah satu pihak.

Sesudah Anda merasa yakin serta membaca dengan benar isi dari kontrak kerjasama tersebut, maka Anda yang merupakan calon penjual dapat menandatangani serta mengunggah lagi dokumen tersebut berdasarkan instruksi yang ada.

3.       Unggah Foto Produk

Apabila proses pendaftaran sudah selesai serta telah diverifikasi, maka akun Anda statusnya telah aktif dan dapat Anda pakai untuk berbagai aktivitas salah satunya berjualan online melalui Lazada.

Agar bisa melewati proses tersebut, pastinya Anda perlu melengkapi isi dari toko online Lazada milik Anda dengan memasukkan produk-produk yang nantinya dijual. Lantas, bagaimana cara mengunggah foto produk atau barang yang dijual lewat Lazada? Berikut ulasannya.

Pertama siapkan dahulu foto produk dengan kualitas yang oke, jelas, dan sekiranya layak untuk Anda pajang

Kemudian upload foto dengan mengikuti instruksi yang ada didalamnya. Selain itu pastikan juga foto yang Anda miliki sudah memenuhi kriteria, supaya foto dapat terunggah dengan lancar

Jangan lupa untuk memberi keterangan soal produk tersebut dengan tepat dan jelas, agar para pembeli dapat dengan mudah memahami dan mengerti keterangan dari produk yang Anda jual dengan baik

4.       Mulailah Berjualan

Apabila seluruh tahapan diatas sudah diselesaikan dengan baik, itu berarti akun Lazada Anda sudah siap untuk dipakai serta dapat melakukan transaksi jual beli dengan lancar. Seluruh tahapan atau langkah tersebut tidak memerlukan waktu yang lama, terutama bila sedari awal semua persyaratan yang dibutuhkan sudah Anda siapkan dengan baik, seperti foto produk dan keterangan dari barang tersebut.

Usahakan untuk selalu menawarkan produk atau barang yang memiliki kualitas oke, sehingga bisa lebih mudah untuk menarik perhatian serta kemungkinan barang Anda laris terjual juga besar. Kondisi ini bisa menjadikan bisnis online yang Anda jalani semakin lancar serta dapat membawa keuntungan yang lebih besar lagi.

Data dan Syarat yang Dibutuhkan

Terdapat beberapa data yang harus Anda siapkan agar bisa membuka toko online di Lazada. Perlu Anda ketahui, agar bisa menjadi seller Lazada dan ingin mendaftar akun itu juga tergantung dari bentuk yang akan Anda buka, entah itu perorangan atau dalam bentuk perusahaan.

Keperluan data untuk perorangan yaitu, menyiapkan identitas diri seperti KTP serta buku tabungan yang aktif dan harus sesuai oleh nama identitas yang terdaftar. Jadi nama pemilik pada KTP serta buku rekening tabungan harus sama.

Sedangkan untuk mendaftar akun di Lazada sebagai Perusahaan, data yang dibutuhkan yakni NIB atau Izin Usaha dan rekening koran atau buku rekening tabungan berdasarkan nama dari perusahaan tersebut atau nama dari penanggung jawab NIB. Jika belum memiliki Izin Usaha, sebaiknya Anda perlu membuatnya terlebih dahulu agar akun Lazada untuk perusahaan bisa dibuka dan langsung dijalankan. Selain itu, satu data rekening cuma dapat digunakan untuk satu akun saja tidak bisa lebih.

Related Posts