Home Bisnis dan Usaha Cara Jitu Supaya Usaha Mikro Naik Kelas

Cara Jitu Supaya Usaha Mikro Naik Kelas

by Lara Nifa

Sudah pasti bila sebuah bisnis kecil dapat menjadi besar dan berkembang, apabila Anda mampu mengelolanya dengan tepat. Selayaknya perusahaan besar, dimana bisnis UMKM sudah seharusnya memiliki manajemen bisnis serta kinerja yang mumpuni.

Karena itu, bagi Anda yang saat ini menggeluti bidang UMKM tentunya ingin usaha tersebut bisa menjadi lebih dikenal dan berkembang lebih dari yang sekarang. Nah, berikut dibawah ini adalah tips untuk meningkatkan bisnis tersebut :

Membuat strategi bisnis

Jika Anda memahami semua prediksi seperti yang dijelaskan pada poin sebelumnya. Hal berikutnya adalah memasukkan semua itu ke dalam strategi bisnis. Membuat rencana seperti ini akan manjadikan bisnis Anda  lebih terstruktur nantinya.

Terutama bila Anda memiliki investor atau mitra. Strategi bisnis ini menjadi ujung tombak suatu perusahaan atau perusahaan untuk mendapatkan tambahan modal. Dengan adanya rencana bisnis, Anda dapat meyakinkan  calon investor untuk memberikan modal, yang tentunya  menguntungkan kedua belah pihak.

Memiliki SOP

SOP sangat penting untuk Anda menjalankan bisnis UMKM untuk dijadikan sebuah pembiasaan baik diri sendiri ataupun karyawan. Seperti waralaba pada umumnya. Meski hanya UMKM, namun tetap harus mempunyai standar ketenagakerjaan atau SOP.

Tentu saja, tujuan dari pelaksanaan SOP adalah untuk dapat menjaga kualitas produk yang Anda produksi setiap saat dan membiasakan karyawan dengan pola kerja yang disiplin dan berorientasi pada tujuan. Jika hal ini terjadi, tentunya juga lebih mudah bagi perusahaan untuk melakukan pengendalian kualitas.

Melakukan segmentasi pasar

Saat mendesain produk UMKM, Anda juga perlu melakukan beberapa segmentasi pasar. Meskipun cara ini  juga banyak digunakan oleh para pengusaha besar saat menyiapkan produknya. Karena pada dasarnya sama-sama perusahaan yang menawarkan jasa dan produk. 

Harus menargetkan pasar tertentu. Tujuannya adalah agar pelanggan dapat memanfaatkan sepenuhnya produk tersebut.Karena setiap pasar tentunya memiliki kebutuhan yang berbeda-beda dalam hal segmentasi pasar. Perusahaan kecil dan menengah tentu akan bisa mengoptimalkan kreasinya.

Memanfaatkan media sosial

Seperti yang Anda ketahui bila saat ini teknologi digital sangat berkembang dengan sangat cepat. Khususnya pada bidang komunikasi, karena itu tidak ada salahnya jika Anda mulai merambah ke sosial media dengan cara mendaftarkan atau membuat akun atas nama bisnis yang saat ini dijalankan. Ada begitu banyak sosial media yang bisa Anda manfaatkan contoh Facebook, Tik Tok, Instagram, Twitter dan juga WhatsApp.

Tiap-tiap aplikasi tersebut saat ini telah dibekali dengan fitur marketplace, jadi sebagai pembisnis UMKM Anda bisa memanfaatkan fitur tersebut untuk memperkenalkan produk yang Anda produksi dan dijual. Selain itu keuntungan lainnya ketika Anda menggunakan sosial media adalah cakupannya akan jauh lebih luas dibandingkan hanya membuka toko offline.

Karena pengguna media sosial saat ini jumlahnya sangatlah banyak dan berasal dari banyak negara. Apabila Anda memang ingin mengembangkan usaha UMKM tersebut maka mulailah untuk mempelajari sistem marketing tentang segala hal yang berkaitan dengan sosial media.

Mengikuti pameran atau festival

Guna mendukung eksistensi dari para pelaku UMKM, pemerintah kerap mengadakan acara khusus untuk dihadiri oleh seluruh pelaku usaha UMKM dan biaya pendaftarannya biasanya murah. Karena itu, Anda harus menggunakan waktu ini untuk mempresentasikan perusahaan Anda kepada khalayak luas.

Tidak hanya pemerintah, terkadang ada festival tahunan di daerah tertentu yang  dibuat khusus untuk pengrajin, pemilik usaha kecil dan lain-lain. Hal ini dilakukan oleh pengusaha dalam dan luar negeri untuk menemukan semua peserta dan mendekatkan mereka dengan pelanggan potensial mereka.

Bahkan jika Anda beruntung jika Anda berada di festival atau pameran.Anda akan bertemu orang-orang yang sangat suka berinvestasi. Oleh karena itu, pastikan Anda selalu dapat berpartisipasi dalam kegiatan tersebut untuk meningkatkan dan mengembangkan bisnis Anda.

Membangun relasi

Saat Anda mulai menjalankan bisnis, tentu tidak selalu tentang berdagang dan menjalankannya sendiri. Karena jika Anda seperti itu bisnis tersebut tdak mungkin berhasil. Oleh karena itu, bangun relasi dengan menambah kenalan dari  pelaku UMKM lainnya.

Karena semakin banyak koneksi yang Anda miliki, semakin mempengaruhi bisnis Anda dan  memudahkan Anda menemukan pemasok yang memiliki reputasi baik. Tentunya dengan memperbanyak relasi, Anda juga bisa membuka peluang untuk memperluas relasi bisnis Anda.

Meningkatkan kualitas dari pelayanan terhadap konsumen

Hal terpenting yang dapat menentukan apakah bisnis Anda dapat berkembang adalah memiliki kualitas layanan terbaik untuk membuat pelanggan Anda merasa puas dan diprioritaskan. Selain itu, pelanggan juga akan mendapatkan pengalaman berbelanja yang menyenangkan dan nyaman.

Selain itu, Anda sebagai pemilik usaha juga dapat meminta konsumen untuk mengirimkan ulasan dan saran. Dari semua ini Anda bisa mendapatkan poin penting nantinya. Misalnya, bersikap lebih ramah, merespons pesan lebih cepat, dll. Namun, selalu pastikan untuk menanggapi saran dan kritik tersebut dengan rendah hati.

Demikianlah tadi semua penjelasan mengenai cara untuk meningkatkan nilai dari usaha UMKM yang saat ini sedang Anda jalankan. Tentunya semua cara di atas akan sangat efektif apabila Anda sebagai owner, menerapkannya dengan konsisten dan tidak lelah untuk selalu belajar guna mengembangkan usaha tersebut hingga semakin luas pasarannya.

Related Posts