Home Investasi Cara Investasi Saham Untuk Pemula, Baca Juga Tipsnya!

Cara Investasi Saham Untuk Pemula, Baca Juga Tipsnya!

by Greg Pascal
cara investasi saham

Investasi saham pasti sangat terdengar keren untuk sebagian orang karena hasilnya yang melimpah. Namun tidak sedikit yang melihat upaya apa saja yang sudah dilakukan. Meskipun demikian, Anda tetap bisa memulainya sebagai pemula. Berikut cara investasi saham untuk pemula.

Pengertian Saham dan Jenisnya

Sebagai pemula, tentu kita mendengar kata saham namun belum sepenuhnya mengerti apa itu saham. Menurut Tjiptono Darmadji dan juga Hendy M. Fakhruddin, saham adalah surat bukti atau tanda bukti kepemilikan individu atau instansi pada suatu perusahaan perseroan terbatas. 

Saham tersebut memiliki bentuk lembaran surat berharga yang berisi bahwa pemilik dari surat berharga tersebut adalah pemilik perusahaan yang mengeluarkan surat berharga. Kita lalu memperjualbelikannya sehingga mendapatkan untung dari perubahan nilai surat berharga tersebut.

Saham sendiri terbagi menjadi beberapa jenis yakni sebagai berikut: 

1. Berdasarkan kemampuannya

  • Saham Biasa
  • Saham Preferen

2. Berdasarkan Kinerjanya

  • Bluechip Stocks
  • Income Stocks
  • Speculative Stocks
  • Cylcal Stocks
  • Emerging Stocks
  • Defensive Stocks

Cara Beli Saham

Salah satu cara beli saham yang paling mudah adalah dengan membeli saham dari sekuritas. Nah ada beberapa syarat yang harus Anda siapkan sebelum Anda mulai untuk mendaftarkan diri di sekuritas dan membeli saham.

  1. Pertama siapkan dokumen yaitu KTP, NPWP, buku tabungan, dan meterai sebagai syarat
  2. Setelah itu, Anda bisa datang ke kantor perusahaan sekuritas terdekat. Layanan online saat ini juga sudah tersedia.
  3. Isi formulir pendaftaran dengan data pribadi Anda sebagai pengajuan investor pasar modal yang disediakan oleh perusahaan sekuritas.
  4. Setelah terdaftar, Anda harus menyetorkan dana awal ke nomor rekening dana investor atau yang disebut sebagai RDI. Tiap perusahaan sekuritas memiliki batas minimal sendiri untuk dana awal yang harus disetorkan.
  5. Apabila pendaftaran Anda sudah selesai diproses, Anda sudah sah sebagai investor yang memiliki akses untuk masuk ke akun dashboard. Anda akan mendapatkan data seperti PIN transaksi, password, dan user ID.

Setelah itu, Anda dapat terus menambah modal dana Anda dan melakukan strategi investasi Anda dengan jual beli saham agar modal Anda berkembang dan menjadi keuntungan untuk Anda. Coba berbagai tips yang ada agar Anda bisa meraih target.

cara investasi saham

Baca Artikel Selanjutnya :

Tips Untuk Pemula

Cara nabung saham yang akan menghasilkan keuntungan perlu strategi yang matang, tidak hanya sekedar mengandalkan keberuntungan. Berikut ini ada beberapa tips bermain saham agar cepat untung bagi pemula. Bukan tidak mungkin hal ini terjadi.

1. Pahami Dulu Seluk Beluk Jual Beli Saham

Tanpa memahami seluk beluk jual beli saham dan berbagai faktor yang mempengaruhinya, sepertinya akan sulit untuk Anda mendapatkan keuntungan dan melakukan strategi yang tepat.

2. Banyak Cari Informasi Yang Valid

Informasi adalah salah satu yang berharga dalam jual beli saham. Informasi tersebut bisa dikatakan akan menjadi bocoran trend yang bisa Anda manfaatkan untuk mengatur strategi pembelian atau penjualan. Jadi, cobalah untuk mencari sumber informasi yang valid yang bisa menjadi acuan.

3. Gunakan Modal Dengan Bijak

Tips ketiga adalah gunakan modal Anda dengan bijak. Memang keuntungan dan juga modal dalam jual beli saham berbanding lurus. Namun dengan strategi yang tepat, Anda bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar atau jika salah maka Anda akan mengalami kerugian besar.

4. Beli Saham Saat Berharga Rendah

Ini sudah menjadi semacam hukum tak tertulis di kalangan investor. Namun tak ada salahnya mengingat bahwa Anda harus membeli saham saat berharga rendah dan juga memiliki kemungkinan harganya naik, bukan semakin turun.

5. Cari Saham Perusahaan Industri atau Barang Konsumsi

Ada alasan mengapa saham perusahaan industri maupun barang konsumsi sangat direkomendasikan yakni karena laba yang cenderung stabil ataupun bila sedang turun akan segera naik kembali. Oleh karena itulah, ini menjadi sasaran yang tepat untuk Anda memulai.

6. Pilih Perusahaan dengan Keuangan Stabil

Selanjutnya, pilih perusahaan dengan keuangan yang stabil. Untuk melihatnya, Anda perlu melakukan survey dan memilih salah satu dari pilihan yang ada sambil terus memantau pergerakan harganya.

7. Perhatikan Pergerakan Ekonomi

Salah satu informasi yang harus Anda dapatkan secara valid adalah bagaimana perubahan ekonomi akan mempengaruhi harga saham dan sebagainya. Oleh karena itulah, cari sumber yang valid untuk mengatur strategi Anda setiap harinya.

8. Perhatikan Indeks Saham

Indeks saham adalah perubahan harga saham dari waktu ke waktu. Meskipun sulit untuk ditebak, namun bukan tidak mungkin Anda menebak akan naik atau turun. Dengan melihat pergerakan ini pula, Anda bisa menilai keuangan suatu perusahaan.

Itulah beberapa informasi mengenai cara investasi saham hingga seluk beluknya seperti tips yang penting untuk Anda pahami. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda dan semoga sukses dengan investasi Anda. Selamat mencoba. 

Related Posts