Home Perencanaan Cara Hitung Biaya Bangun Rumah dengan Borongan

Cara Hitung Biaya Bangun Rumah dengan Borongan

by Lara Nifa
Cara Hitung Biaya Bangun Rumah

Membicarakan tentang membangun rumah, pasti yang terlintas dipikiran kamu pertama kali adalah biaya dan dengan cara apa kamu akan melakukan pembangunan rumah impian kamu. Apakah akan kamu kerjakan sendiri atau dengan jasa borongan. Di Dalam artikel ini , akan kami bahas bagaimana jasa borongan itu dan juga Cara Hitung Biaya Bangun Rumah. Terus simak, ya.

Keuntungan Menggunakan Jasa Bangun Rumah Borongan 

Siapa sih yang tidak ingin memiliki rumah idaman. Setiap orang pasti ingin memiliki dan membangun rumah idamannya masing-masing. Salah satu jasa yang paling banyak dicari dalam membangun rumah adalah jasa borongan.

Kenapa jasa borongan banyak dicari? Karena biaya jasa borongan rumah umumnya lebih murah. Selain itu, ada beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika menggunakan jasa borongan, antara lain :

  • Proses pembangunan akan lebih mudah karena semua hal akan diurus oleh pemborong,

Budget yang kamu siapkan akan lebih terarah sehingga tidak akan over budget. Pemborong akan memberikan rincian biaya sesuai dengan budget yang kamu punya,

  • Kamu akan dapat menahan godaan dalam memilih material dan tetap konsisten dengan desain awal yang sudah kamu sepakati dengan pihak pemborong,
  • Jasa borongan memiliki perjanjian waktu kerja, sehingga pembangunan rumah dapat selesai lebih cepat sesuai dengan perjanjian waktu yang sudah kamu sepakati sebelumnya dengan pemborong,
  • Kamu dapat melakukan pengawasan langsung jika ingin mengontrol kualitas bangunan sehingga sesuai dengan yang kamu inginkan dan tentunya sesuai dengan kesepakatan sebelumnya.

Kekurangan Jasa Bangun Rumah Borongan 

Selain keuntungan, tentunya jasa borongan juga memiliki kelemahan atau kekurangan. Berikut diantaranya :

  • Pemborong tidak berbadan hukum dan tidak memiliki legalitas usaha yang resmi. Pemborong berbeda dengan kontraktor,
  • Biaya lebih murah memiliki resiko lebih besar jika dikemudian hari terjadi sesuatu yang tidak diinginkan karena terbatasnya waktu pengerjaan,
  • Rumah yang tidak sesuai dengan perencanaan jika kamu salah dalam memilih jasa borongan,
  • Bila tidak diawasi, sering kali jasa pemborong yang nakal mengurangi kualitas material atau ada material yang hilang,
  • Adanya kemungkinan jasa pemborong yang nakal akan mengambil keuntungan yang besar sehingga biaya pembangunan rumah akan semakin mahal dengan kualitas yang rendah.

Dengan keuntungan dan kekurangan diatas, semua kembali kepada pilihan kamu. Jika kamu ingin memakai jasa borongan dalam membangun rumah, pastikan memilih jasa pemborong yang telah dipercaya dan mintalah rincian Rencana Anggaran Biaya (RAB) kepada jasa pemborong agar kamu dapat mengawasi dan mengecek langsung setiap biaya yang telah dirinci.

Cara menghitung biaya bangun rumah 

biaya bangun rumah

Sebelum menghitung biaya bangun rumah, kamu perlu mengetahui biaya borongan pe tahapan pembangunan. Jika sudah mengetahui biaya borongan per tahapan, berikut rumus untuk menghitung biaya bangun rumah secara keseluruhan:

Biaya Borongan = Luas bangunan x Harga borongan

Contoh : 

– Luas bangunan yang akan dikerjakan 10 m2 x 10 m2 . Didapatkan  total 100 m2.

– Biaya borongan yang telah ditentukan adalah Rp 3.000.000,- /m2

Total biaya yang perlu kamu persiapkan untuk luas bangunan 100 m2, adalah :

= 100 m2 x Rp 3.000.000,-

= Rp 300.000.000,-

Total biaya tersebut umumnya sudah meliputi pekerjaan pondasi, pasangan dinding bata dan plesteran, pekerjaan rangka dan penutup atap, pekerjaan finishing, serta semua bagian pekerjaan yang sudah disepakati sebelumnya.

Tips Memilih Jasa Bangun Rumah Borongan 

Setelah melihat cara hitung untuk jasa bangun rumah borongan, maka selanjutnya yang terpenting adalah mengetahui tips untuk memilih jasa bangun rumah borongan. Berikut tipsnya: 

  • Pilihlah jasa pemborong yang terpercaya. Umumnya, jasa pemborong akan mengambil keuntungan sebesar 10% dari nilai proyek. Kamu harus teliti dan pintar dalam memilih jasa pemborong agar pembangunan rumah kamu nantinya berjalan dengan lancar,
  • Mintalah pendapat atau rekomendasi dari orang yang kamu berpengalaman atau yang pernah menggunakan jasa pemborong . Karena jasa pemborong yang baik tentunya tidak lepas dari rekomendasi orang-orang yang telah menggunakan jasa mereka.
  • Telusuri dan lihat jejak proyeknya. Kamu dapat melakukan survey hasil dari jasa pemborong yang akan pakai. Dengan menelusuri dan melihat rekam jejak digital ataupun fakta dilapangan, kamu dapat memutuskan seberapa terpercayanya jasa borongan tersebut.
  • Estimasikan dan mintalah Rencana Anggaran Biaya (RAB) serta waktu pengerjaannya. Kamu harus meminta RAB tersebut agar jasa pemborong tahu akan keinginan dan budget yang kamu sediakan. Dengan RAB, akan menghindari pengeluaran dana yang tidak terduga karena semua pengerjaan akan berpatok pada RAB. Dan pastikan waktu pengerjaan sesuai dengan kesepakatan dalam RAB.
  • Mintalah garansi kepada jasa pemborong karena kamu tidak akan bisa memprediksi bagaimana nanti hasil pembangunan hunian kamu. Apakah ada masalah atau tidak. Umumnya jasa pemborong yang terpercaya akan memberikan garansi atau jaminan atas hasil kerja mereka.

Demikian pembahasan mengenai untuk rugi menggunakan jasa borongan dalam membangun rumah,  rumus dan Cara Hitung Biaya Bangun Rumah, serta tips bagaimana memilih jasa borongan. Semoga bermanfaat.

Related Posts