Home Tips Cara Hemat Untuk Anak Kos

Cara Hemat Untuk Anak Kos

by Lara Nifa
Cara Hemat Untuk Anak Kos

Setiap anak kost perlu tahu cara menabung paling ampuh untuk bertahan hidup di luar negeri. Harus kuliah atau bekerja di luar kota tentu bukan hal yang gampang. Alasan untuk ini adalah bahwa harus pergi dari rumah kita dan dipaksa untuk bisa hidup dengan mandiri. 

Namun, masih banyak anak-anak di kost yang cenderung boros dan tak dapat mengatur keuangannya dengan lebih bijak. Nah, jika  ingin menghindarinya, mari kita perjelas dulu tips untuk menghemat yang harus diikuti anak-anak kost. 

Catat seluruh pengeluaran dan pemasukan 

Anak-anak yang ngekos wajib mempunyai daftar anggaran untuk setiap bulannya. Hal ini tentunya berguna untuk mencatat seluruh pengeluaran dan pemasukan. Ingatlah untuk mencatat nilai nominal dan deskripsi uang yang digunakan untuk setiap kali Anda membelanjakan uang.

Menurut Rappler, mempunyai mencatat semua pengeluaran harian Anda mempermudah untuk melihat ke mana uang Anda pergi. Sekarang ini, pencatatan pengeluaran dan pemasukan juga tak harus dilakukan dengan cara konvensional, sebab banyak aplikasi keuangan sudah dapat digunakan.

Usahakan masak sendiri

Makanan adalah kebutuhan yang harus dipenuhi, sebab tanpa makanan Anda tidak dapat bertahan hidup. Biaya makanan juga tidak rendah dan dapat menghabiskan banyak uang. Walaupun demikian, terdapat cara untuk mengakalinya. 

Misalnya, Anda bisa memasak sendiri di kost. Aktivitas ini sangat berguna untuk menghemat biaya. Anda dapat menghemat banyak uang dengan memasak sendiri, sebab membeli bahan mentah akan lebih murah dibandingkan dengan membeli makanan yang sudah jadi. 

Makanan ini juga dapat dimasak menjadi berbagai jenis makanan yang dimakan berkali-kali. Tips dari Buzzfeed adalah jangan menghabiskan terlalu banyak uang untuk bahan-bahan mahal. Seperti, protein daging dapat diganti dengan telur. Buatan sendiri, tentu saja, tidak hanya lebih murah, tetapi juga lebih sehat. Anak kos harus banget coba tips ini kalau mau hidup lebih hemat. 

Menabung uang receh 

Uang receh tidak bisa dianggap enteng sebab dapat  menyelamatkan anak-anak kos lho. Menabung uang receh sehabis  Anda membeli adalah suatu keharusan. Alasannya adalah: semakin banyak perubahan yang Anda simpan, semakin aman situasi Anda jika terjadi kebutuhan mendadak. 

Dikutip dari NBC News, menabung uang receh bisa mendorong kebiasaan untuk menabung. Dibandingkan memberikannya jajan lebih baik taruh di tempat khusus agar dapat dipakai untuk keperluan yang paling mendesak. 

Selain itu, Anda pun dapat mencoba menabung setiap hari dengan secara sadar menyisihkan uang sebesar Rp 10 ribu saja setiap harinya selama 30 hari Anda dapat mempunyai 150 ribu hingga 300 ribu. Tentu saja, di akhir bulan jumlah uang ini menjadi banyak dan Anda akan dapat menggunakannya untuk bertahan hidup.

Pertimbangkan baik-baik saat membeli barang

Selalu lakukan riset lebih dulu sebelum Anda membeli sesuatu. Misalnya, untuk membeli persediaan bulanan yang murah, Anda harus terlebih dahulu mencari tahu di mana supermarket saat ini yang menawarkan penawaran khusus. Selain melihat harga dari masing-masing supermarket, pertama-tama cari tahu juga harga yang ada di e-commerce. 

Umumnya harga e-commerce lebih murah dan mempunyai berbagai promosi menarik. Anda dapat menggunakannya jika ternyata lebih murah. Ini juga termasuk biaya pengiriman. Jika Anda memiliki masalah dengan pengiriman dan harga di supermarket juga sama, maka Anda harus berhenti berbelanja di sana. Lebih baik Anda langsung pergi ke supermarket membeli dengan harganya lebih murah 

Kedengarannya seperti rumit bukan? Namun, jika Anda meriset dan membandingkan harga lebih dulu, Anda dijamin dapat berbelanja lebih hemat, lho!

Minimalisir kegiatan yang tidak penting 

Kegiatan yang kurang penting perlahan tapi pasti bisa menggerogoti uang jajan Anda. Misalnya, menonton film setiap minggu, jalan-jalan dengan teman-teman di mal, atau jalan-jalan. 

Jalan-jalan boleh saja tetapi lebih baik tidak sering melakukannya. Anda tidak hanya membuang-buang uang saku, tetapi Anda juga membuang-buang waktu. Anda dan teman Anda tidak perlu nongkrong, cukup bermain di kos untuk menghemat uang. Anda masih bisa bersama teman-teman dan uangnya aman.

Cari penghasilan tambahan 

Saat ini bukan tips hidup hemat, namun cara mencari uang sebagai mahasiswa. Jika Anda memiliki waktu luang, mengapa tidak menggunakannya untuk penghasilan tambahan? Lumayan kan, menambah uang jajan dari orang tua. 

Zaman semakin menuntut, Anda bisa mendapatkan uang dengan teknologi. Misalnya, Anda bisa mencoba menjadi penulis online, membuka toko online, atau menjadi dropshipper. 

Bahkan jika Anda mendapatkan uang tambahan dengan bekerja, Anda harus ingat untuk menghemat uang. Tidak peduli berapa banyak uang yang Anda hasilkan, jika Anda berbelanja secara royal, Anda harus tetap terjebak di akhir bulan. 

Ingatlah prinsip ini: Tidak masalah berapa banyak uang saku yang Anda punya, namun bagaimana Anda mengatasinya dengan baik.

Related Posts